Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Akhlak Remaja di Lingkungan RT. 015 Kelurahan Perawang Barat Kabupaten Siak

Elsa Usria Ningsih (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Tatta Herawati Daulae (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Abdul Sattar Daulay (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini adalah dampak penggunaan media sosial tiktok pada akhlak remaja di Lingkungan RT. 015 Kelurahan Perawang Barat Kabupaten siak yang mana terdapat beberapa dampak yang terjadi yaitu, gambaran akhlak remaja dilingkungan RT.015Kelurahan Perawang Barat Kabupaten Siak yang dimana gambarannya yaitu remaja dilingkungan tersebut pada umumnya masih berperilaku sopan dan santun. Dan penggunaan media tiktok yaitu sering menggunakan aplikasi tiktok untuk mengeksperesikan diri, untuk mencari hiburan dan melepas rasa bosan, sebatas mempunyai akun tetapi tidak intens. Dampak positif dari aplikasi tiktok adalah mempunyai banyak teman dan penggemar, belajar hal-hal baru dari akun yang disukai, berusaha untuk ikut menyebarkan hal-hal baik di dunia maya. Dan adapun dampak negatifnya yaitu anak remaja yang terlalu banyak menghabiskan waktu di tiktok merasa cemas atau stress terutama jika mereka terpapar konten yang tidak sesuai atau menghadapi cyberbullying,anak remaja yang sering menggunakan tiktok fokus belajarnya berkurang sehingga prestasi akademiknya menurun karena kurang fokus atau waktu belajar yang berkurang, remja yang menghabiskan waktu di tiktok terutama dimalam hari mungkin mengalami gangguan tidur yang berdampak pada kesehatan dan kinerja sehari-hari mereka, remaja mungkin meniru konten berbahaya atau tidak sehat yang mereka lihat di tiktok seperti tantangan beresiko atau perilaku yang tidak pantas

Keywords


Aplikasi Tiktok, Perkembangan Akhlak

Full Text:

PDF

References


Bastaman, H. D. (2017). Integrasi psikologi dengan islam: menuju psikologi islami. Pustaka Pelajar diterbitkan atas kerjasama dengan Yayasan Insan Kamil.

Buton, S. (2021). Dampak Aplikasi Tik Tok Terhadap Perilaku Mahasiswa Ushuluddin dan Dakwah Prodi Jurnalistik Islam IAIN Ambon. IAIN Ambon.

Khoiriyah, L. (2017). Pengaruh Media Sosial terhadap Akhlak Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Metro. Lampung: Stain Metro), H, 2.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Nasrullah, R. (2015). Teori Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Kultur, dan Sosio Teknologi). Simbiosa Rekatama Media.

Salamah, N. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Akhlakul Karimah Pada Kalangan Remaja Di Desa Keude Unga Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.

Zulkifli, A. (2021). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Nasib Kebudayaan Nasional. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(2), 34–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elsa Usria Ningsih, Tatta Herawati Daulae, Abdul Sattar Daulay

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: