Penggunaan Media Video melalui Metode Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD/ MI
Abstract
Studi ini melihat seberapa efektif penggunaan media video dalam pembelajaran matematika siswa di SD/MI. Tujuan metode ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematika. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Studi pustaka, yang melibatkan buku-buku ,jurnal, analisis hasil belajar siswa, dan penelitian terdahulu terhadap hasil belajar siswa. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan media video melalui pendekatan audiovisual secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi matematika serta memperkuat hubungan antara konsep matematika dan situasi dunia nyata. Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan media video bersama dengan pendekatan audiovisual adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa di kelas V SD/MI.
Kata Kunci: Media Video, Metode Audiovisual, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar, Pemahaman MatematikaFull Text:
PDFReferences
Alfitriana Purba.2023.”Proses Pembelajaran Aktif Melalui Media Audiovisual dan Sintaks Pembelajaran .Buku Perpustakaan Nasional RI.Penerbit CV Jakad Media Publishing.Surabaya.
Arsyad. A. (2002). Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Asnawir & Basyisrudin, U. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Darmadi ,dkk.2021.”Inovasi Pembelajaran Matematika Abad 21”.Penerbit CV.AE Media Grafika,Magetan,Jawa Timur 63392.
Darmawan Harefa,dkk.2021.”Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa”.Jurnal Aksara STKIP Nias Selatan.Vol 07(02).
Icha Biassari,dkk,2021.”Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar”.Jurnal Basicedu Universitas Nusantara PGRI Kediri,Indonesia.Vol 5.No:4.
Iffah S Mustasyrifah.2021.”Media Pembelajaran Matematika”.Buku Yayasan Penerbit Muhammad Zaini .Aceh.
Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking
Muhammad Khasanudin,dkk.2020.” Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V SD/MI”.Journal of elementary education.Vol.3.NO:05 PGMI Universitas Wahid Hasim,Semarang
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika. UntukMeningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita,
Nadia, N., Wardiah, D., & Kuswidyanarko, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi IPA. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 133–139.
Risma Maula Malasari.2023,dkk.”Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika kelas V SD 5 Klaling”.Jurnal CES Universitas Muria Kudus.
Siti Khoiruli Umma.2021.”Media Pembelajaran Matematika.Buku belajar.Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.No.246 Malang
Sry Amalia,Adek Safitri.2022.”Efektivitas Model Cooperative Learning Type Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Balok”.Jurnal Dirasatul Ibtidaiyah.FTIK IAIN Padangsidimpuan.Vol.2.No.1 Tahun 2022.
Yunita Prastica,Dkk.2021.”Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar”.Jurnal Basicedu.Universitas NU Surabaya,Indonesia.Vol,5.No:5.3260-3269.
Yusufhadi Miasro.2016.”Menyemai Benih Teknologi Pendidikan “.Buku Pustekkom.Penerbit Prenadamedia Group.Jakarta 13220
Zend, P. H., Zega Y. M., Lase, N. K. (2024). Analisis Keberhasilan Penggunaan Audio Visual Pada Materi Sistem Peredaran Darah https://journalpedia.com/1/index.php/epi/article/view/1786.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adek Safitri, Siti Kholilah Siagian, Siti Kholilah Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.