Peran Orang Tua Dalam Menangani Anak Autisme Di Desa Simonis, Kecamatan Aek Natas

Sry Rahayu Aritonang (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
rizki amaliah ritonga (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Inklusi adalah perubahan praktis yang memungkinkan anak-anak dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda untuk berhasil dalam belajar. Melalui inklusi, guru bertanggung jawab untuk mendapatkan dan memberikan layanan pendidikan kepada semua anak, yang berarti dampak terhadap semua orang. Memberdayakan orang tua dan masyarakat untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus yang belum bersekolah di lingkungannya adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan. Identifikasi ini penting karena anak berkebutuhan khusus membutuhkan layanan yang disesuaikan dengan tantangan belajar mereka dan kebutuhan unik mereka. Penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasilnya kemudian dianalisis secara deskriptif, yaitu interpretasi penulis dan deskripsi data yang diperoleh dari wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Peran Orang tua dalam Menangani Anak Autisme di Desa Simonis, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Manfaat dari penulisan ini adalah untuk memberikan sebuah pemikiran mengenai tantangan dan pentingnya pendidikan bagi anak authis dalam pendidikan Islam anak di Desa Simonis, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara.


Full Text:

PDF

References


Armanila, Sri Indah Lestari, Indah, Veryawan. (2023). Perilaku Anak Autis: Perkembangan Dan Penanganan. IAIN Langsa. 5(1), 3.

Gebrina Dara Rezieka, Khamim Zarkasih Putro, Mardi Fitri. (2023). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi ABK. Yogyakarta.

Kafasin Owa Yosefa, Maria Alfonsa Kero, Maria Alexandra Itu, Maria Goreti Gowa Ledu. (2023). Anak Berkebutuhan Khusus Dan Penerapannya Dalam Pendidikan Di Sekolah Dasar: Studi Literatur. STKIP Citra Bakti. 1(1), 6.

Martir Wona Una Luxcya, Viorentina Meo Soro, Veroniks Yuliana Beku. (2023). Pendekatan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. STKIP Citra Bakti. 1(1), 6.

Nurfadhillah Septy, Eva Nur Syariah, Mia Mahromiyati, Silvi Nurkamilah, Tia Anggestin, Raja Ashabul Humayah Manjaya, Nasrullah. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota. Tanggerang. 3(3), 4.

Sidabutar Bontor Eben Ezer, Amos Neolaka, Bintang Simbolon. (2020). Peran Orangtua Dalam Menangani Anak Autisme. 9(1), 60-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sry Rahayu Aritonang, rizki amaliah ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: