Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Prodi Ekonomi/Akuntansi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Erlina Sari (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan - IPTS, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), 2) Gambaran Kesiapan Menjadi Guru 3) Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Prodi Ekonomi/Akuntansi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh Mahasiswa Prodi Ekonomi/Akuntansi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berjumlah 253 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 45 orang. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa gambaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Prodi Ekonomi/Akuntansi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan memperoleh nilai rata-rata yaitu 66,31. Apabila dikonsultasikan pada kriteria penilaian yang terdapat pada Bab III tabel 3.5, berada pada posisi “Baik”, sedangkan nilai rata-rata Kesiapan Menjadi Guru yaitu 66,18. Apabila dikonsultasikan pada kriteria penilaian pada Bab III tabel 3.5, maka berada pada posisi “Baik”. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan dapat diketahui bahwa nilai thitung 8,446 > ttabel 2,016 dan signifikan 0,001<0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Prodi Ekonomi/Akuntansi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Keywords


Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akdon. 2010. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi Pendidikan. Bandung: Dewa RuciAnni, Chatarina Tri. 2004.Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Cahyani, Arliana. A 2014. Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Tingkat Kematangan Calon Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29830

Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah UmumDjamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka CiptaGhozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate degan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kusmuriyanto; Moh Ainul Wafa. 2020. Peran Praktik Pengalaman Lapangan dalam Memediasi Pengaruh Self Efficacy dan Penguasaan MKDK terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi. http://journal.unnes.ac.id

Mulyani, Heni., Purnamasari, Imas., & Rahmawati, Fuji. 2019. Analisis Kesiapan Mengajar Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Universitas Pendidikan Indonesia. http://ejournal.upi.edu

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Priadana, S. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. In Pascal Books.

Rera Baharuddin, F., & Palerangi, A. M. 2020. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional. Journal of Teacher Profesional , 1(2), 2723–1631. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Sholeh, A.N 2006. Membangun Profesionalitas Guru Analisis Kronologis atas Lahirnya Undang- Undang Guru dan Dosen. Jakarta: eLsas

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Soemanto, W. 2007 Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta

Usman, M. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

UUU RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v10i2.13208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erlina Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats