THE CORRELATION BETWEEN GENERIC STRUCTURE MASTERY AND THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT AT THE GRADE VIII IN SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pengetahuan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan terhadap generic structure (struktur teks) dan kemampuan mereka dalam menulis teks naratif. Sampel yang dihunnuk untuk emwakili populasinya adalah sejumlah 38 siswa yang dipeorleh melalui teknik pengambilan sampel kluster. data penelitian dipeorleh dengan tes pilihan berganda ungtuk variable generic structure dan tes essai menulis sebuah teks naratif untuk variable kemampuan siswa dalam menulis. Data dianalisis melalui uji hipotesis “ τ”. Dari hasil analisis diketahui bahwa kemampuan struktur teks dan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan pada kondisi baik. Untuk hubungan antara kedua variable dapat dinyatakan signikan karena nilai r hitung lebih besar daripada r-table. Oleh karenanya hipotesis diterima, yakni terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan siswa pada struktur teks dan kemampuan menulis teks naratif
Keywords
Generic Structure, Writing, Mastery and Ability
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v3i2.1564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id
View My Stats