Agama Sebagai Kebutuhan Manusia Dalam Masyarakat Majemuk: Kajian QS. Al-Hujarat [49]: 13

Puspita Ais Anggraini, Hamdanah Hamdanah, Zainap Hartati

Abstract


Abstrak

Artikel ini mengkaji peran agama sebagai kebutuhan fundamental manusia dalam masyarakat yang majemuk, berdasarkan tafsir QS. Al-Hujurat [49]:13. Ayat tersebut menegaskan bahwa keberagaman suku dan bangsa merupakan kehendak Tuhan untuk mendorong saling pengakuan dan bukan perpecahan. Dengan menggunakan metode kajian pustaka, artikel ini menganalisis bagaimana agama berfungsi sebagai kebutuhan manusia dalam masyarakat yang majemuk. Temuan penelitian menunjukkan bahwa agama dapat memenuhi kebutuhan manusia secara holistik apabila dipahami secara inklusif dan substantif. Dengan menjadikan ketakwaan sebagai tolok ukur utama, ayat ini mendorong terciptanya masyarakat yang adil, rukun, dan saling menghormati. Integrasi teks-teks agama dengan teori-teori kebutuhan manusia modern dapat menjadi solusi untuk membangun masyarakat yang damai dan beradab, sekaligus mengatasi permasalahan identitas dan disintegrasi dalam masyarakat yang majemuk.

Kata Kunci : Agama, Kebutuhan Manusia, Masyarakat Pluralistik.


Keywords


Keywords: Religion, Human Needs, Pluralistic Society.

Full Text:

PDF

References


Aulia, Amanda dkk. “Hierarki Kebutuhan Tokoh Utama Dalam Novel Lukacita Karya Valerie Patkar: Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 13, no. 3 (2024): 307–27.

Bahijah, Sitti Nur Suraya Ishak, Nuniek Rahmatika, and Aghniawati Ahmad. “Wasathiyah Islam di Era Disrupsi Digital (Pendidikan Nilai-Nilai Wasathiyah Islam Dalam Bersosial Media Di Kalangan Generasi Milenial Dan Generasi Z).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 15–26.

Hasan, Rozzaqul; Tobroni; Faridi. “Agama Dalam Pandangan Antropolog: Perspektif Sosial Budaya.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 9 No. 1, A (2025): 185–99. www.ajas.uoanbar.edu.iq.

Indriani, Dea Fitri, Aswandikari Aswandikari, and M. Syahrul Qodri. “Psikologi Tokoh Utama Dalam Novel Waktu Aku Sama Mika Karya Indi Sugar: Perspektif Humanistik Abraham Maslow.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 4 (2022): 2190–2201. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.901.

Jauhari, Muhammad Insan, and Karyono Karyono. “Teori Humanistik Maslow Dan Kompetensi Pedagogik.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5, no. 2 (2022): 250–65. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2585.

Karim, Shofwan, Sri Wahyuni, Wendra Yunaldi, Studi Islam, Universitas Muhammadiyah, and Sumatera Barat. “Multikultural Menurut Hukum Islam Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan” 5 (2025): 709–31.

Kementerian Agama, Republik Indonesia. Al-Quran Dan Terjemahannya, 2020.

———. “Al-Quran Dan Terjemahannya,” 2020.

Kusnadi, Asep, and Susi Nurpita. “Teori Kebutuhan Abraham Maslow Dalam Perspektif Tasawuf.” Jurnal Kependidikan Dan Keislaman 11, no. 2 (2023): 1–33. http://journal.stit-insida.ac.id/index.php/alqalam/article/view/76.

Liswi, Hayana. “Kebutuhan Manusia Terhadap Agama.” Jurnal Ilmu Agama UIN Raden Fatah 12, no. 2 (2018): 201–23.

Lubis, Ridwan. Agama Dan Perdamaian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Melati, and Hamdanah. “Multikulturalisme : Memahami Keanekaragaman Dalam Masyarakat Global Dalam Perspektif Islam.” Innovatie: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 1504–15.

Najihah, Bannan Naelin. “Fungsionalisme Sigmund Freud Tentang Agama Dalam Buku Nine Theories Of Religion Karya Daniel L” 19, no. 2 (2024): 215–56.

Nurhaliza, Siti. “Pendidikan Agama Islam Dan Peningkatan Keterampilan Sosial Dalam Memainkan Peran Penting Membentuk Karakter Moral Dan Sosial Siswa” 1 (2024): 1–21.

Paryadi. “Maqashid Syariah : Definisi Dan Pendapat Para Ulama.” Cross-Border 4, no. 2 (2021): 201–16.

Prasetiawati, Eka. “Urgensi Pendidikan Multikultur Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama Di Indonesia.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah 1, no. 02 (2017): 272. https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.876.

Purnomo, Sidik. “Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multi Kultural Melalui Model Pembelajaran Transformative Learning di Stai Al-Karimiyah Depok Jawa Barat.” Braz Dent J., 2022.

Sari, Eva Sofia, and Wely Dozan. “Konsep Pluralisme Pendidikan Islam Di Indonesia Dalam Perspektif Abdurrahman Wahid (Gus Dur).” Journal TA’LIMUNA 10, no. 2 (2021): 21–39. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.770.

Shihab, M.Quraish. Tafsir Al Misbah Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 11, 2002.

Siregar, Rika Rezky, and M Jamil. “Konsep Multikulturalisme Dalam Surah Al-Hujurat Ayat 13 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir” 4 (2024).

Surawan, Hamdanah dan. Remaja Dan Dinamika: Tinjauan Psikologi Dan Pendidikan, 2022.

Syamsul Arifin Moh Anas KholisNada Oktavia. “Sebuah Upaya Menyemai Teologi Pedagogi Damai.” Agama Dan Perubahan Sosial Di Basis Multikulturalisme: Sebuah Upaya Menyemai Teologi Pedagogi Damai Di Tengah Keragaman Agama Dan Budaya Di Kabupaten Malang 8 (2021): 156–57.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v11i2.16319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Puspita Ais Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.