UPAYA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN LITERASI DIGITAL DI MA CENDEKIA BANGSA PEKANBARU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexander, B., Adams Becker, S., and Cummins, M. (2016). Digital Literacy: An NMC Horizon Project Strategic Brief. Volume 3.3, October 2016. Austin, Texas: The New Media Consortium, h.15.
Anggrasari, Liya Atika., 2020,“Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal,” dalam Remiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.
Beetham, H., and R. Sharpe, 2007, “appendix for prompts taxonomy: Rethinking Pedagogy for a Digital Age: Designing for 21st”, Century Learning.
Boehncke, G. Marci., T. Vogel Technical, 2018, “Digital Literacy And Inclusion: The Impact Of Theory And Practice In Teachers’ Education University Of Dortmund (Germany)” dalam Researchgate.
Darajat, Rafi, et al, 2019, “Upaya guru pendidikan agama Islam ( PAI ) dan budi pekerti dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti dosen Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al Hidayah Bogor.
G. Marci-Boehncke, T. Vogel, 2018, “Digital Literacy And Inclusion: The Impact Of Theory And Practice In Teachers’ Education” dalam ResearchGate.
Hanik, Elya Umi., 2019 “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah” dalam Elementary, Volume 8 Nomor 1.
Hazel B. Baterna, Teodolyn Deanne G. Mina, Danilo V. Rogayan Jr., 2020, “Digital Literacy of STEM Senior High School Students: Basis for Enhancement Program”, dalam International Journal of Technology in Education, Volume 3, Issue 2, h.115
Hidayata, Nandang., dan Husnul Khotimah, 2019, “pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran”, Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar Volume 02, Nomor 01.
Hutapea, E, 2019, “Dapatkah Internet Jadi Solusi Meningkatkan Literasi Indonesia?”, dalam Kompas.Com.
Kaeophanuek, Siriwatchana., Jaitip Na-Songkhla, and Prachyanun Nilsook, 2018, “How to Enhance Digital Literacy Skills among Information Sciences Students”, dalam International Journal of Information and Education Technology, Vol. 8, No. 4
Kemendikbud, S. G. L. S, 2019, “Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Cetakan II)”, dalam Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kim Kyu Tae., 2018, “The Structural Relationship Among Digital Literacy, Learning Strategies, And Core Competencies Among South Korean College Students” Dalam Educational Sciences: Theory & Practice, h.17-18.
Kurniawan, Hendra., 2019, “Literasi Digital bagi Generasi Milenial Melalui Website” dalam Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat
Lase, 2019, “Pendidikan di era revolusi industri 4.0.”, SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.
Lestari, Iis Dewi. “Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (Ict) Di Sdn Rri Cisalak.” Sap (Susunan Artikel Pendidikan) 3.2 (2018):137– 42
Lilian Anthonysamy & Ah Choo Koo & Soon Hin Hew, 2020, “Self-regulated learning strategies in higher education: Fostering digital literacy for sustainable lifelong learning”, dalam Education and Information Technologies.
Lutfi, Aida Sumardi, Farihen, Dan Gina Ilmia, 2020, “Pendampingan Kegiatan Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19,” Dalam Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Maphosa, Cosmas., Sithulisiwe Bhebhe, 2019, “Digital Literacy: A Must For Open Distance And E-Learning
Masnunah, 2018, “Media Realia Dan Media Maya Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Sd” Dalam Jurnal Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan), H.52-53 Mulyasa, Ecols, 2003,“Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi” Bandung: Remaja Rosdakarya 93.
Suherdi, Devri, 2021, “Peran Literasi Digital di Masa Pandemik”, (Cattleya Darmaya Fortuna), h.15
Sintawati, Mukti, and Fitri Indriani, 2019, “Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) : 17- 22. http://jayapanguspress.org.
Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktifitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian dan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi
Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117- 135.
Tim Penyusun Kamus PPPB Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua (Jakarta: Balai Pustaka, Tim Penyusun Kamus PPPB, 1996), 427.
Wahyu Aji Pratama, Sri Hartini dan Misbah, 2019, “Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology”, dalam Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 6, No. 1.
DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v8i2.4855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id
View My Stats