Pembelajaran Active Learning dengan Metode Diskusi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Helmi Rostiana Rostiana (STAITA Tapanuli, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang dari beberapa teori yang dikaji bahwa strategi active learning dengan metode diskusi memberikan pengaruh yang besar pada peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar agama Islam khususnya pelajaran akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X yang beragama Islam berjumlah 262 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data tentang motivasi belajar adalah angket sebanyak 30 item. Sedangkan instrumen pengumpul data tentang hasil belajar adalah tes sebanyak 35 item. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil perolehan uji t menggambarkan pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran active learning dengan metode diskusi terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam, Karena X2hitung = 7,9382 > ttabel = 1,75. Selanjutnya hasil uji t juga menggambarkan pengaruh signifikan penerapan strategi active learning dengan metode diskusi terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, kerena X2hitung=20,32>ttable=1,75

Full Text:

PDF

References


Ali, M. D. (2000). Pendidikan Agama Islam. PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrama Widya.

Dasopang, H. R. (2016). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran active learning dengan metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan [Masters, IAIN Padangsidimpuan]. https://etd.uinsyahada.ac.id/1797/

Daulay, H. P. (2009). Pemberdayaan Pendidikan Islam Di Indonesia. Rineka Cipta.

Hasan, I. (2008). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara.

Hasibuan, Z. E. (2013). Metode Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an dan Hadis. CV. Mitra Medan.

Istarani, & Ridwan, M. (2015). 50 Tipe Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Media Persada.

Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Raja Grafindo Persada.

Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Ciputat Pers.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v9i2.9514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Helmi Rostiana Rostiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats