Navigasi Spiritual di Era Digital: Analisis Konten Cyberreligion dalam Media Sosial

Fadlika Laili Rahmah (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Ricka Handayani (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Erika Febrianna Hutasuhut (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Romandiah Romandiah (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penggunaan media sosial dalam konteks spiritual dan penyebaran ajaran agama telah menjadi semakin penting di era digital saat ini. Artikel ini menjelaskan fenomena cyberreligion , yang mencakup praktik keagamaan secara online melalui platform media sosial. Pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten digunakan untuk mengeksplorasi representasi dan interaksi cyberreligion dalam media sosial, dengan fokus pada platform seperti TikTok , Instagram, dan Youtube. Hasil penelitian menampilkan bahwa konten dakwah melalui media sosial berhasil menjangkau audiens yang luas, terutama generasi muda, dan mempengaruhi pemahaman positif agama secara praktik keagamaan. Namun, ada juga tantangan seperti penyebaran informasi yang tidak akurat dan tidak valid, risiko yang diarahkan pada pesan, dan persepsi negatif terhadap konten dakwah. Kesimpulannya, media sosial menawarkan potensi besar untuk dakwah, namun juga memerlukan strategi yang bijaksana untuk mengatasi tantangan dan memaksimalkan dampak positifnya dalam memperkuat komunikasi keagamaan dan spiritualitas di era digital .

Keywords


Navigasi, Era Digital, Cyberreligion, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Anggini, MD, dan KN Jamiati. “Fenomena Cyber Religion Sebagai Ekspresi Keberagamaan Oleh Habib Jafar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (2023): 4140–49. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/6795%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/6795/5665.

Arafah, Sitti. “IMPRESI MEDIA ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN (IN)TOLERANSI BERAGAMA SISWA MADRASAH ALIYAH DI KOTA GORONTALO.” Jurnal Agama dan Kebudayaan 7, no. 1 (2021): 286–504.

Daniah, Izza Annafisatud, dan Yanwar Pribadi. “Feminisme Digital di Indonesia: Kontra Narasi Ketimpangan Gender di Instagram.” Jurnal Penelitian 20, no. 2013 (2023): 41–54. https://doi.org/10.28918/jupe.v20i1.1097.

Efendi, Erwan, Muhammad Raefaldhi, dan M. Salman Al Farisi. “Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Berdakwah.” Da'watuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 1 (2023): 12–20. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3218.

Farahiyah, Dzata, and Afrizar Fikri Reza. “Improved RSSI-Based Path-Loss Model for Indoor Positioning and Navigation in LabVIEW Using Trilateration.” Jurnal Infotel 13, no. 3 (2021): 151–59. https://doi.org/10.20895/infotel.v13i3.600.

Febriana, Ayu. “Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah; Studi Kasus Ustad Syam, Di Akun @syam_elmarusy.” Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah 11, no. 02 (2021): 180–94. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http.

Febriani, Suci Ramadhanti, and Ayu Desrani. “Pemetaan Tren Belajar Agama Melalui Media Sosial.” Jurnal Perspektif 14, no. 2 (2021): 312–26. https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i2.49.

Hutahayan, Benny. Peran Kepemimpinan Spiritual Dan Media Sosial Pada Rohani Pemuda Di GBKP Cililitan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2019.

Juniartha, Made G. “Praktik Spiritual Sebagai Komoditi Sosial Dalam Era Globalisasi.” Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu 11, no. 1 (2020): 29–43. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v11i1.346.

Mundakir, Akhmad. “Moderasi Beragama Di Tengah Cyber-Religion Dan COVID-19: (Studi Terhadap Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus).” Fikrah 9, no. 1 (2021): 165. https://doi.org/10.21043/fikrah.v9i1.9139.

Rahayu, Dwi Suchi, Depriwana Rahmi, Annisah Kurniati, and Suci Yuniati. “Jurnal Didactical Mathematics Sistem atic Literatur Review: Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Didactical Mathematics 6, no. 1 (2024): 20–29. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm.

Ruggiero, Thomas E. “Uses and Gratifications Theory in the 21st Century.” Refining Milestone Mass Communications Theories for the 21st Century 3, no. 1 (2018): 36–70. https://doi.org/10.4324/9781315679402-4.

Simbolon, Elvri Teresia, Tiurma Berasa, Roida Lumbantobing, Jupalman Welly Simbolon, and Harisan Boni Firmando. “PENGEMBANGAN PROGRAM ADAPTIF DAN SPIRITUAL DALAM MEREVITALISASI POLA INTERAKSI MAHASISWA DI TAPANULI UTARA.” JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama 4, no. 1 (2021): 14–28.

Sulaeman, A. R., A. Fazri, and F. Fairus. “Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh.” Communication 11, no. 1 (2020): 81–93.

Ummah, Nurul Hidayatul. “Pemanfaatan Sosial Media Dalam Menungkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital.” Junal Manajemen Dakwah 10 (2022): 151–69.

Wijaya, Akhmad Pandhu, Agung Nugroho, Mahfudlah Fajrie, M. Nashrul Haqqi, Puja Pratama, Achmad Umar Setyadi, Virasti Setiani, dan Dwi Fania. “Praktik Cyber Religion Remaja Perkotaan.” Jurnal Komunikasi Nusantara 5, no. 2 (2023): 208–17. https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/view/404%0Ahttps://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/download/404/107.

Wikipedia. “Navigasi.” Wikipedia: Ensiklopedia Bebas, 2024. https://id.wikipedia.org/wiki/Navigasi.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v6i2.14300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats