Strategi Komunikasi Pengelola Pasar Yosomulyo Pelangi Metro Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Agam Anantama (INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO LAMPUNG, Indonesia)
Anton Widodo (IAIN Metro Lampung, Indonesia)
Anindiya Puspitasari (IAIN METRO LAMPUNG, Indonesia)

Abstract


Pasar Yosomulyo Pelangi Metro merupakan pasar yang didirikan atas gotong royong dari masyarakat desa, dengan aksi yang dilakukan pengelola terhadap pemberdayaan masyarakat merupakan upaya memberikan kekuatan bagi masyarakat untuk keluar dari permasalahan perekonomian, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Khususnya pada Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Kota Metro, Peluang besar untuk mengurangi angka pengangguran dan mampu meningkatkan kemandirian masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan(field research), Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada penggerak dan pengelola pemberdayaan masyarakat di Pasar Payungi dan dokumentasi dilakukan sebagai pelengkap dan bahan informasi yang mendukung data penelitian yang diperoleh di lapangan.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses strategi komunikasi yang telah dilakukan oleh pengelola pemberdayaan Pasar Payungi, menggunakan prinsip perumusan strategi komunikasi dalam perencanaan pemberdayaan, implementasi strategi komunikasi sebagai langkah perumusan dan implementasi, evaluasi strategi komunikasi sebagai tahap akhir dari strategi yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan untuk membuat rencana-rencana baru dalam memajukan pasar. Hal ini dilakukan dalam program pemberdayaan yang telah dibuat oleh pengelola melalui program Pesantren Wirausaha yang dilakukan seminggu sekali untuk mengevaluasi dan memberikan pendampingan spiritual, serta sarana untuk menampung ide-ide kreatif masyarakat dalam mengembangkan pasar Yosomulyo Pelangi yang telah berdiri

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. SOSIOLOGI KOMUNIKASI. 1st ed. JAKARTA: Kencana, 2008.

Rinaldi, Kasmanto. “Upaya Meminimalisir Kenakalan Remaja Khususnya Perkelahian di Kalangan Pelajar Pada Masa Pandemi Covid-19,” n.d., 7.

Ulum, Muhammad Saepul, and Ta’lim Al-Mutaal. “BIMBINGAN AKHLAK DALAM MENUNTUT ILMU PADA SANTRI MAGRIB MENGAJI MELALUI PENDEKATAN KAJIAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM” 3, no. 1 (2021): 22.

Alhada Fuadilah Habib, Muhammad, “Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat” Jurnal of Islamic Tourism No.02/November 2021.

Al-Qur’an Al-Hikmah dan Terjemah Bahasa Indonesia Bandung:CV Penerbit Diponegoro, 2010.

Anantama, Agam, “Kematangan Karir Remaja dalam Perspektif Islam”, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam No.01/Januari-Juni 2019.

Anantama, Agam, “Rekontekstuasi Dakwah dalam Merawat Nasionalisme,” Jurnal Ath-Thariq, No.02/Juli-Desember 2019.

Arnita, Fina, Eky Ermal M, Dito Aditia Darma Nst, “Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Perkembangan Pendapatan Asli Daerah di Pulau Samosir Danau Toba,” Jurnal Riset Akuntansi Keuangan No.02/September-Oktober 2019.

Artha Malau, Nataliab, “Ekonomi Kerakyatan Sebagai Paradigma dan Strategi Baru dalam Membangun Ekonomi di Indonesia” Jurnal Ilmiah Research Sains No.01/Januari 2016.

Arwani, Agus, “Epistemologi Hukum Ekonomi Islam Muamalah,Jurnal Religia No. 1, April 2012.

Auliyah, Robiatul, “Studi Fenomenoligi Peranan Masyarakat Masjid AT-TAKWA Dalam Pemberdayan Ekonomi masyarakat,” Jurnal Studi Managemen No. 1/April 2014.

Ayu Ari Brahmantariguna,Ida, GAP Candra Dharmayanti, I.W. Yansen, “Hubungan Kopetensi Project Manager Terhadap Keberhasilan Proyek Konstruksi Gedung” Jurnal Spektran no. 02/Juli 2016.

Budi Hartanto, Trianggono, Siti Umajah Masjkuri, “Analisis Pengangguran Jumlah Penduduk, Pendidikan, Upah Minimum dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Jumlah Penangguran di Kabupaten dan Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2014”, Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan N0.2/Juni 2017.

Canggara, Hafied, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Edi Santosa, Mustika, Pembangunan Ekonomi Desa, Metro: Aura Cv.Anugrah Utama Raharja, 2020.

Eko Atmojo, Muhammad, Helen Dian Fridayani, Aulia Nur Kasiwi Marda Adhi Pratama “Efektifitas Dana Desa Untuk Membangun Potensi Ekonomi Berbasis Partisipasi Masyarakat di Desa Bangunjiwa” Jurnal Sosial Ekonomi Humaniora No.01/Novemver-Januari 2017.

Eli Zaluchu, Sonny, “Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitafif dalam Pendekatan agama,” Jurnal Teologi dan Pembinaan Warga No.01/Januari 2020.

Esti Palupi, Pratiwi, Jawoto Nusantoro, Ana Septiani, “Peran Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Pendapata Pedagang Study Kasus Pasar Yosomulyo Pelangi,” Jurnal Akuntansi Aktiva No.01/April 2021.

Faranita, Riska, “Analis Pengangguran di Indonesia,”Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial N0.1/Desember 2016.

Harahap, Nursapia, Penelitjian Kualitatif, Medan: Wal Ashri Publising, 2020.

Harun Pamungkas, Alim, Vevi Sunarti, Wendi Ahmad Wahyudi, “PKMB Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah No.03/September 2018.

Herdiana Abdurrahman, Nana, “Mangaemen Strategi Pemasaran” Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Istriyani, Ratna, “Kontribusi Pemuda Dalam Menjawab Permasalahan Sosial Ekonomi Pascabencana,” Jurnal Studi Pemuda No.02/September 2015.

Malihah, Ning, Siti Achiria, “Peran Ekonomi Kreatif dalam Pemberdayaan Industri Kerajinan Bambu,” Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam No.01/Januari-Juni 2019.

Mubasyaroh, “Strategi Dakwah Persuasif Dalam Mengubah Tingkah Laku Masyarakat,” Jurnal For Homiletic StudiesNo.2/Oktober-Desember 2017.

Nila Andriani, Dwi, Ramadhan Prasetya Wibawa, Bayu Aji Pangestu, “Analisis Pengembangan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Komunitas Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan dikota Madiun” Jurnal Pendidikan Ekonomi No. 01/2020.

Nurdiani, Nina, “Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan,” Binus Jurnal Publising No.02/Desember 2014.

Perbawasari, Susie, Evi Novianti“Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Pangandaran Dalam Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Melalui Sektor Pariwisata Katbupaten Pangandaran,” Jurnal Ilmiah Komunikasi No.2/ Desember 2016

Ratna Pratiwi, Soraya, Susanne Dida, dan Nutryah Asri Sjafirah “Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal dikota Bandung, Bandung,” Jurnal Kajian Komunikasi No.01/Juni 2018

Rijali, Ahmad, “Analisis Data Kualitatif” Jurnal Alhadharah No. 33/Januari–Juni 2018.

Sadiah, Dewi, “Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Setyawan, Dharma, “Gerakan Intelektual Kolektif Komunitas #AyoKedamraman dalam Pemberdayaan Warga Membangun Pariwisata Alam Dan Ekonomi Kreatif,”Jurnal Nizham No.02/Juli-Desember 2017.

Sifa, Moh. Agus, “Mekanisme Pasar dalam Prespektif Islam, Kajian Pemikiran Abu Yusuf,” Jurnal of Sharia Economics No.01/Juni 2020.

Suardi, Ismail, dkk, Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta: Cv Adi Karya Mandiri, 2019.

Sudarmanto, Andi, Yenny Dwi Artini, “Pemberdayaan Pasar Tradisional” Jurnal Ilmu Administrasi No.02/Desember 2017.

Suharmi, Andi, H.Muhammad Farid “Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarkat Terhadap Pembangunan Kecamatan Duampauna Kabupaten Pirang,” Jurnal Komunikasi Kareba, No 2/ Juli-Desember 2018.

Suryani, Ida, Wijaya, “Perencanaan Dan Strategi Komunikasi dalam Kegiatan Pembangunan,” Jurnal Dakwah dan TablighNo.01/Juni 2013.

Sutiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Tulungagung: Akademia Pustaka 2018.

Usman, Suyanto, “Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat”, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24952/tad.v4i1.5590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats