Implementasi Dakwah Digital melalui Pelatihan Konten Kreatif Desa Damai

Ridwan Rustandi (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk implementasi dakwah digital yang dilakukan oleh organisasi Duta Dama Dunia Maya (D3M) BNPT RI Regional Jawa Barat melalui Pelatihan Konten Kreatif Desa Damai. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital sebagai modal dalam menguatkan narasi positif di ruang virtual. Secara Spesifik penelitian diarahkan untuk menggali tingkat literasi digital, pemetaan keterampilan konseptual dan operasional dalam mengakses, mendesain, memproduksi, dan membagikan konten positif di ruang virtual. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan mengamati berbagai peristiwa yang terjadi selama pelatihan dilakukan. Lokasi penelitian berada di Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Penelitian dilakukan dengan mendeskripsikan proses pelatihan konten kreatif yang dilakukan sejak Maret sampai dengan Desember 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi dakwah digital dapat dilakukan dengan terlebih dahulu meningkatkan literasi digital pengguna internet. Literasi digital menjadi modal dalam mengembangkan potensi digitalisasi dakwah Islam. Hal ini sebagai upaya untuk menguatkan narasi kebaikan (al-khoir) melalui aktivitas amar maruf nahi munkar di ruang virtual. Duta Damai Dunia Maya Jawa Barat mengimplementasikan aktivitas dakwah digital melalui pelatihan konten kreatif desa damai sebagai upaya menguatkan knowledge, ability, dan attitude pengguna baik pada level personal, antarpersonal, komunal, maupun sosial.

 


Full Text:

PDF

References


Arifuddin. 2016. “Dakwah Through Internet: Challenges and Opportunities for Islamic Preachers in Indonesia” dalam Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, Vol. 3 No. 1 June 2016.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2018. Laporan Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2018. https://apjii.or.id diakses pada tanggal 19 Oktober 2021.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2020. Laporan Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2019-2020. https://apjii.or.id diakses pada tanggal 19 Oktober 2021.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2022. Laporan Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2021-2022. https://apjii.or.id diakses pada tanggal Oktober 2022

Fakhruroji, M. (2017). Dakwah di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Fakhruroji, M., Rustandi, R., & Busro. (2020). Bahasa Agama di Media Sosial: Analisis Framing pada Media Sosial @islampopuler, Jurnal Bimas Islam, 13(2), 203-234.

Faroqi, Adam., & Ismail, Nanang. 2013. “Portal MUI Online: Optimalisasi Dakwah Islam melalui Internet (Studi Kasus MUI Kecamatan Ujungberung)” dalam ISTEK, Vol. 7 No. 1 Juli 2013.

Hudjolly, 2011. Imagologi: Strategi Rekayasa Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mazaya, Vyki. 2019. “Cyberdakwah sebagai Filter Penyebaran Hoax”, Islamic Communication Journal, Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2019.

Meleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaemin, E. (2018). Dakwah Digital Akademisi Dakwah, Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341-356.

Nasrullah, R., & Rustandi, D. (2016). Meme dan Islam: Simulakra Bahasa Agama di Media Sosial, Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 10(1), 113–28.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara Yogyakarta.

Rustandi, R. (2019). Cyberdakwah: Internet sebagai Media Baru dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam, Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(2), 84-95.

Rustandi, R., & Muchtar, K. (2020). Analisis Framing Kontra Narasi Terorisme dan Radikalisme di Media Sosial (Studi Kasus pada Akun @dutadamaijabar), Jurnal Komunikatif, 9(2), 134-153.

We Are Social, 2022. Digital 2022, Global Overview Report. https://wearesocial.com diakses pada Oktober 2022.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i1.6479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats