The Cultural Value Of Pabuat Boru As A Semantic Learning Media

Lili Herawati Parapat (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
Laila Annisah (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
Annida Hafifah Zahro (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
Erna Ikawati (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FTIK, UIN Syahada Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai budaya pabuat boru sebagai media pembelajaran Semantik. Metode penelitian dilaksanakan secara deskriptif kualitatif, dengan wawancara,  teknik catata, transkrip, analisisi, memaknai sesuai ahli serta validasi hasil. pelaksanaan penelitian dilaksanakan di Sayurmatinggi kecamatan Sayurmatinggi Tapanuli Selatan Sumatra Utara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setiap benda yang di munculkan saat upacara adat pabuat boru memiliki makna masing-masing. seperti contoh Nasi putih : maknanya melambangkan kesucian, Telor : agar jiwa dan raga bersatu padu,tetap selamat dan sehat-sehat. "Burangir" dimaknai sebagai simbol pemersatu dan sebagi bentuk tanda acara beradat. Adapun yang berbicara pada adat pangkobaran tersebut : Hata-hata ni Suhut (tuan ruamah, penyelenggara pesta), Kahanggi (saudara laki-laki dari mempelai wanita dari garis keturunan ayah), Anak boru (saudara perempuan dari garis keturunan ayah), Mora (saudara laki-laki dari pihak istri), Namora na toras (orang kaya), Raja-raja adat, Raja panusunan.


Full Text:

PDF

References


Book:

Chaer, A., & Muliastuti, L. (2014). Makna dan semantik. Semantik Bahasa Indonesia, 1-39.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA CV. 9.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.

Wardani, L. K. (2010). Fungsi, makna dan simbol (sebuah kajian teoritik).

Zulaeha, Ida. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Multicultural. Semarang: Litera.

Article in a Journal:

Abdulkarim, dkk. Nilai Budaya Tradisi Dieng Culture Festival sebagai Kearifan Lokal untuk Membangun Karakter Bangsa. Journal of Urban Society’s Art Volume 3 Nomor 2, Oktober 2016: 82-9. http://journal.isi.ac.id/index.php/JOUSA/article/view/1477. Diakses pada hari Jumat 31 Agustus 2018.

Abubakar, Fauzi. 2016. Interaksi Islam Dengan Budaya Lokal Dalam Tradisi Khanduri Maulod Pada Masyarakat Aceh. Jurnal Akademika, Vol 21. No. 01 Januari-Juni 2016.

Anggraini, A. P., Oktavianti, I., & Ismaya, E. A. (2022, April). Eksperimentasi Model Take And Give Berbantuan Media Flashcard Kearifan Lokal Jepara Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 126-137).

Dewi, K. P. (2018). Pengembangan media flash card berbasis mindscape pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa PGSD UAD. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 19-26.

Efferin, Sujoko. Akuntansi,Spiritualitas Dan Kearifan Lokal: Beberapa Agenda Penelitian Kritis. Jurnal Akuntansi Multiparadigma JAMAL. Volume 6 Nomor 3, 2015. http://jamal.ub.ac.id/index.php/jamal/article/view/366/pdf. Diakses pada hari Jumat 31 Agustus 2018.

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio didaktika, 1(2), 123-130.

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116.

Lili Herawati Parapat, S.Pd. M.Pd, Devinna Riskiana Aritonang, S,Pd., M.Pd (2019). Buku Ajar Sastra & Budaya Lokal Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Uwais - Google Buku [Internet]. [cited 2023 Mar 30]. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=oGiuDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=Buku+ajar+sastra+%26+budaya+lokal+untuk+perguruan+tinggi&ots=BrO3_6HJA4&sig=E3E9iZH1oxC53cXgPPRPT8zJsNc&redir_esc=y#v=onepage&q=Buku%20ajar%20sastra%20%26%20budaya%20lokal%20untuk%20perguruan%20tinggi&f=false

Misnasanti, dkk. 2016. Internalisasi Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Matematika di Era Post Modern. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. 159.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.

Parapat, Lili Herawati., & Aritonang, D. R. (2019). Nilai Budaya Lokal “Pemberian Marga” Di Desa Paringgonan Dalam Prespektif Semantik Sebagai Bahan Ajar Sastra. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 460-469.

Parapat, Lili Herawati., & Aritonang, D. R. (2020). Nilai Kearifan Lokal Dan Upaya Pemertahanan Budaya “Marsalap Ari” Dalam Menjalin Solidaritas Antar Sesama Di Desa Paringgonan Sebagai Bahan Ajar Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 25-28.

Parapat, Lili Herawati., Huda, R., & Aritonang, D. R. (2020). Stilistika Dan Nilai Upacara Adat Pernikahan Masyarakat Paringgonan Sebagai Bahan Ajar Sastra. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 327-333.

Parapat, Lili Herawati., Lubis, K., & Huda, R. (2022). Pembentukan Simbol Yang Digunakan Pada Upacara Adat “Mangupa”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 77-80.

Pingge, H. D. (2017). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2).

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Rahmat, R. (2015). MAKNA LEKSIKAL DAN MAKNA GRAMATIKAL: RUWATAN, SUKERTA, DAN MURWAKALA. LITERASI: Indonesian Journal of Humanities, 5(2), 150-157.

Rahmawati, N., & Nurhamidah, D. (2018). Makna leksikal dan gramatikal pada judul berita surat kabar Pos Kota (Kajian semantik). Jurnal Sasindo Unpam, 6(1), 39-54.

Safaâ, A., & Rimadhani, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Berbasis Indigenousasi dengan Media Flash card. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 169-184.

Tisngati, U. 2015. Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Model AKIK. Ponorogo: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 160.




DOI: https://doi.org/10.24952/hatapoda.v3i1.11248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Hata Poda








Jurnal Hata Poda

Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuaan

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary  Padangsidimpuan 22733 e-mail: hatapoda@uinsyahada.ac.id

Link Jurnal: https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/hatapoda

E-ISSN : 2964-6928



Jurnal Hata Poda