Peran Media Massa Dalam Membangun Narasi Syariah Di Era Disinformasi
(1) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
(2) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2022). Media Literacy and Religious Narratives: A Study on Disinformation in Islamic Contexts. Journal of Islamic Studies, 14(2), 120–135. https://doi.org/10.1016/jsocis2022
Ahmed, Y. (2021). Social Media and Religious Discourse: The Case of Shariah in the Digital Age. New Media Studies, 39(4), 211–230.
Al-Khatib, R. (2023). Collaborations Between Media and Academia in Islamic Law Narratives. Journal of Islamic Law and Society, 28(1), 56–78.
Ali, H. (2021). The Role of Media in Shaping Islamic Law Narratives in the Era of Fake News. Journal of Islamic Studies, 45(2), 123–145.
Arifin, R. (2023). Dialog Publik dan Media Massa: Mengurangi Ketegangan Isu Syariah. Jurnal Komunikasi Dan Pembangunan, 10(1), 45–56.
Aziz, Moh Ali. (2009) Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
Branston, Gill & Roy Stafford. (2003). The Media Student's Book. London And New York: Routledge.
Eriyanto. (2011). Analisis Framing : Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media, (Yogyakrta: LkiS,2011),hlm.12. LkiS.
Fatimah, A. (2022). Pemberitaan Sensitif Terhadap Konteks Lokal. , 8(3), 112-123. Jurnal Hukum Dan Masyarakat, 8(3), 112–123.
Gündüz, U., & Öztürk, S. (2020). The Role of Media in Shaping Public Perception of Islam and Syariah in Contemporary Europele. Journal of Media Studies, 19(1), 45–67.
Heryanto, A. (2020). Syariah and Sensationalism: Media Representation in Indonesia. Indonesian Journal of Media Studies, 5(1), 45–59. https://journal.ui.ac.id/sensationalism
Khan, A., Usman, A., & Akhtar, S. (2021). Media, Disinformation, and Islamophobia in the Digital Age. Journal of Religion, Media, and Digital Culture, 10(3), 112–130.
Khan, S. (2020). Islamic Media and the Global Narrative on Shariah: Analyzing Media Bias. Global Media Journal, 12(3), 45–60.
Mandala, I., & Witro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, D. (2024). Transformasi Moderasi Beragama Berbasis Digital 2024: Sebagai Bentuk Upaya Memfilter Konten Radikalisme dan Ekstremisme di Era Disrupsi Digital-Based Religious Moderation Transformation 2024: An Effort to Filter Radicalism and Extremism Content in the Age. Jurnal Bimas Islam, 17(1).
Mustika, I. (2024). Media Sosial dan Disinformasi tentang Syariah. Jurnal Komunikasi Sosial, 12(1), 34–45.
Naufal, M. (2024). Peran Komunikasi Islami Dalam Membangun Etika. 6, 79–90.
Oktavia, R. (2023). Peran Komunitas dalam Edukasi Masyarakat tentang Syariah. Jurnal Sosial Dan Kemanusiaan, 14(2), 78–90.
Prabowo, H. (2022). Pemberitaan Positif dan Syariah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(3), 56–67.
Rahman, F. (2023). Tanggung Jawab Media dalam Melaporkan Isu Syariah di Indonesia. 34-48. Jurnal Media Dan Agama, 10(1), 34–48.
Ridwan, A. (2020). Disinformation and Islamic Law: Challenges in the Digital Age. Islamic Law Review, 37(1), 89–102.
Roem, I. (2023). Pengaruh Media Massa Terhadap Pemahaman Syariah di Era DigitalNo Title. Jurnal Dakwah, 15(1), 75–90.
Rumata, F. ’Arif, Iqbal, M., & Asman, A. (2021). Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama dikalangan pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 172–183. https://doi.org/10.21580/jid.v41.2.9421
Samsudin, D., & Putri, I. M. (2023). Etika dan Strategi Komunikasi Dakwah Islam Berbasis Media Sosial di Indonesia. Ath-Thariq: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(2), 125. https://doi.org/10.32332/ath-thariq.v7i2.7474
Sari, F., & Hartono, B. (2023). Disinformasi dan Pemahaman Masyarakat. Jurnal Komunikasi Dan Informasi, 6(1), 67–78.
Saudaâ€TM, L. (1970). Etika Jurnalistik Perspektif Al-Qurâ€TMan. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 161–174. https://doi.org/10.24090/komunika.v7i1.373
Siaran Pers No. 02/Hm/Kominfo/01/2024 Tentang Hingga Akhir Tahun 2023, Kominfo.
Silvia, A., et al. (2019). Efektivitas Dakwah melalui Media Sosial. At Tabsyir. Jurnal Bimas Islam, 27(1), 45–60.
Silviana Dwi Pangesti. (2022). Pandangan Islam Dalam Praktik Etika Jurnalistik Menurut Al-Qur’an Surat Saba’. Busyro : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 4(1), 09–15. https://doi.org/10.55352/kpi.v4i1.661
Ummah, N. H. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(1), 151–169. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.32914
Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa. Kencana Prenada Media Group.
Wulandari, S. (2022). Cerita Positif tentang Syariah. Jurnal Ilmu Sosial, 8(1), 45–56.
Zaini, A., & Rahmawati, D. (2021). Konvergensi Media dan Pengaruhnya Terhadap Dakwah Islam Kontemporer. At Tabsyir. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 11(1), 160–175.
Zainuddin, M. (2022). Pentingnya Edukasi Syariah di Media Massa: Studi Kasus Media Islam Indonesia. Jurnal Komunikasi Islam, 14(2), 112–126.
Zainuddin, M. (2023). Sensationalisme dalam Pemberitaan Syariah. Jurnal Etika Dan Media, 9(2), 44–58.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dikelola dan Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
PASCASARJANA PROGRAM MAGISTER
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN
Jln. T. Rizal Nurdin KM4,5 Sihitang, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia
Email: ittishol@uinsyahada.ac.id


