STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KOTA PADANGSIDIMPUAN

Warti Mayani (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah pelaku UMKM Sehingga pertumbuhan ekonomi di padangsidimpuan mengalami naik turun, Dinas Koperasi Kota Padangsidimpuan sebagai pemangku kepentingan dalam memajukan masyarakat terutama pada bagian UMKM, mengharuskan Dinas Koperasi harus memiliki strategi yang tepat dalam mengembangkan usaha pelaku UMKM melalui pemberdayaan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait strategi, upaya dan kendala apa saja yang dihadapi oleh Dinas Koperasi Kota Padangsidimpuan dalam upaya pemberdayaan UMKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang bersumber dari observasi, wawancara, dan Dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis SOAR (Strenghtt, Opportunity, Aspiration, Result). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa strategi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan dalam pemberdayaan UMKM adalah Meningkatkan kemitraan dengan bekerja sama dengan perbankan serta toko modren, melakukan pelatihan yang rutin kepada pelaku UMKM dalam pelatihan pemberdayaan UMKM. melakukan pelatihan pemasaran digital marketing dengan memanfaatkan sosial media dan aplikasi shop yang telah tersedia dan mendukung sebagai sarana promosi, penambahan fasilitasi dengan memanfaatkan anggaran yang ada berupa sarana- prasarana yang dibutuhkan dalam meningkatkan produksi usaha, dan juga Meningkatkan legalitas produk usaha dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sertifikat halal dan hak intelektual/hak merek produk. Kendala yang dihadapai oleh dinas koperasi dalam melakukan pemberdayaan UMKM yaitu Keterbatasan Pengetahuan Pelaku UMKM Dalam Pemasaran Digital dan juga minimnya minat Pelaku UMKM Dalam Mengikuti Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Agama Ri, Kementerian. “Al-Quran Dan Terjemahan,” t.t.

Antonius Setyadi, dan Ariana Sunda. Manajemen Strategi: Seni dalam Menghadapi Persaingan Bisnis dan Manajemen Era Digital. Mitra Wacana Media, 2023.

Abdurrahman, Nana Herdiana Manajemen Bisnis Syariah Dan Kewirausahaan, Bandung: Cv Pustaka Setia, 2013.

Abdussamad, Zuchri. Buku Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: syakir Media Press, 2022.

Arifudin, Opan. “Manajemen Strategi Teori & Implementasi.” Bandung: CV Pena Persada,

https://doi.org/10.31237/osf.io/xp46e.

Arsinta, Yuan. “Strategi Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi Pada Dinas Koperasi Kota Semarang.” Economic Education Analysis Journal 7, no. 1 (2018): 251–64.

Astuti, Afni, Abdul Sadad, S Sos, dan M Si. “Strategi Dinas Koperasi Dan UMKM Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Pekanbaru.” NeoRespublika :Jurnal Ilmu Pemerintahan 8, no. 2 (2021): 1–8. https://doi.org/10.52423/neoresjurnal.v4i2.92.

Auliya, Aziza Nur, dan Lukman Arif. “Peran Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro Di Kabupaten Gresik.” Reformasi Administrasi 8, no. 1 (2021): 22–31.

Az-Zuhaili, Wahbah Tafsir Al-Munir Aqidah Syariah Manhaj (Fushshilat-Qaaf) Jilid 13, Jakarta: Gema Issani, 2016).

Caldwell, Cam, dan Verl A. Anderson, ed. Competitive Advantage: Strategies, Management And Performance. Business Issues, Competition and Entrepreneurship. New York: Nova Science Publishers, 2017.

Chapra, M Umer. Islam and the economic challenge. Riyadh: International Institute of Islamic Thought (IIIT), 1992.

Efendi, Moh Yusuf, Tanti Kustiari, Kuswarini Sulandjari, Wa Ode Sifatu, Seriwati Ginting, Abdul Samad Arief, dan Rini Astuti. Metode Pemberdayaan Masyarakat. Jember: Polije Press, 2020.

Fabiana Meijon Fadul. “BAB 7 Perdagangan Statistik Sektoral Tahun 2022,”

Padangsidimpuan, Badan Pusat Statistik 2019.

Fitriani, Lia, Muhammad Ali, dan Lalu Hendra Maniza. “The Effectiveness of the Strategy for Empowering Micro, Small and Medium Enterprises (MSMES) During the 2020 Covid-19 Pandemic at the NTB Province Cooperatives and SMES Office.” JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB) 2, no. 1 (27 Oktober

: 46. https://doi.org/10.31764/jabb.v2i1.5364.

Hanim, Lathifah, Dr Noorman, MTr Oprsla, dan M Tr Han. UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: Unissula Press, 2018.

Haryoko, Dr Sapto, M Pd, Drs Bahartiar, M Pd, Fajar Arwadi, dan S Pd. Analisis Data Kualitatif; (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Makasar: Badan Penerbit UNM, 2020.

Hasan, Muhammad, dan Muhammad Azis. Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal. makasar: CV.Nurlina, 2018.

Huda, Anam Miftakhul, dan Diana Elvianita Martanti. Pengantar Manajemen Strategi. Blitar: Jayapangus Press, 2018.

Idri, H. Hadis Ekonomi: Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Surabaya: Kencana, 2010. Maryani, Dedeh, dan Ruth Roselin E Nainggolan. Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta:

Deepublish, 2019.

Mavilinda, H, Akhmad Nazaruddin, Nofiawaty Nofiawaty, L Siregar, Isni Andriana, dan K Thamrin. “Menjadi ‘UMKM Unggul’ Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal.” Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services 2, no. 1 (2021): 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29.

RI, Peraturan Pemerintag. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008

Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” DKI Jakarta, 2008.

Ritonga, Zuriani. Buku Ajar Manajemen Strategi ;(Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Sany, Ulfi Putra. “Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al Qur’an.” Jurnal Ilmu Dakwah 39, no. 1 (2019): 32–44. https://doi.org/10.21580/jid.v39.1.3989. Shihab, M. Quraish Tafsir Al-Mishbah; Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera

Hati, 2002).

Sumantri, Bambang Agus, S Ip, Erwin Putera Permana, dan M Pd. Manajemen Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (UMKM); Perkembangan,Teori Dan Praktek. Mojoroto Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.

Sumarsan, Thomas. Sistem Pengendalian Manajemen ; Untuk Keunggulan Kompetitif. Jakarta: CV Campustaka, 2020.

Syarief, Faroman. Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM),

Makasar: Yayasan Barcode, 2020.

Tulus T.H. Tambunan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Bogor: Ghalia Inconesia, 2017.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil,

Dan Menengah,” t.t.

Yustisia, Tim Visi. Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Perubahannya. Visi Media, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.