STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATU BATA DI DESA JAMBUR PADANG MATINGGI KECAMATAN PANYABUNGAN UTARA
Abstract
Kondisi batu bata di Desa Jambur Padang Matinggi pada setiap tahunnya tidak mengalami perkembangan. Hal ini dapat dilihat dari kondisi usaha batu bata setiap tahunnya yang tidak mengalami peningkatan. Pengusaha batu bata di Desa Jambur Padang Matinggi dituntut untuk mengetahui serta menganalisis kondisi faktor-faktor internal dan eksternal usaha. Teori-teori yang dipakai dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen strategi. Strategi adalah upaya dalam mengarahkan perusahaan agar misi perusahaan terwujud. Pengembangan usaha merupakan upaya dalam proses persiapan tentang kesempatan pertumbuhan usaha. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pihak pengusaha batu bata yang berada di Desa Jambur Padang Matinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara dengan para informan serta data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah analisis matriks IFE, matriks EFE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi sumber daya alam pada usaha batu bata di Desa Jambur Padang Matinggi cukup tersedia, modal yang dipakai tergolong cukup tinggi dan daerah pemasaran usaha batu bata cukup luas sedangkan teknologi yang digunakan kurang memadai.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Pengembangan Usaha, Strategi.References
Abdul Nasser Hasibuan. (2018). Strategi Pemasaran Produk Funding Di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Padangsidimpuan. Jurnal Imara. Vol. 2, N0.1.
Abdul Nasser Hasibuan. (2018). Konsep Pemasaran Islam Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Ekonomi Dan Keislaman, Vol.6.
Abd. Rahman Rahim and Enny Radjab. Manajemen Strategi. Makasar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbit Universitas Muhammadiyah Makasar, 2017. Ali Amron.
Wawancara dengan Pengusaha Batu Bata di Desa Jambur Padang Matinggi, Januari 10, 2023.
Azwar hamid, M. Fauzan. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Program Studi Manajemen Keuangan Syariah (Studi Komparatif Uin Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuandan Uin Sunan Kalijaga). Jurnal Masharif Al –Syariah : Jirnal Ekonomi Dan Perankan Syariah. Vol. 8. No. 4, 2023 (716-746).
Benjamin Bukit, Tasman Malusa, and Abdul Rahmat. Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: Zahir Publishing, 2017.
Budi Rahayu Tanama Putri. Manajemen Pemasaran. Bali: Universitas Udayana, 2017. Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentafshihan Mushaf
Alqur‘an, 2019.
, THE ISLAMIC BANKING CUSTOMERS’ INTENTION TO USE DIGITAL BANKING SERVICES: AN INDONESIAN STUDY(D. Harahap, Afandi, dkk., 2023)
, Trade Agreement and Economic Growth: Evidence in D-8 Countries(Arisman dkk., 2021)
, Determinan Dana Pihak Ketiga Bank Syariah di Indonesia: Model Vector Autoregresive(D. Harahap, 2017)
, INTENTION TO SAVE HAJJ AT INDONESIAN SHARIA BANK: A STUDY BASED ON THEORY OF PLANNED BEHAVIOR(Darwis Harahap dkk., 2023)
, Tracing the Dynamic Spectrum of Religious Moderation in the Local Custom of North Sumatera(S. M. Harahap, Siregar, dkk., 2023)
Eddy yunus. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Cv. Andi Offset, 2016.
Ely Safanah. ―Sumber Modal Pada Usaha Kecil Makanan Ringan Desa Kelangonan Gresik.‖
Jurnal Riset Entrepreneurship 1, no. 2 (Agustus 2018): 64–76.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Ferdani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Cv. Pustaka Ilmu, 2020.
Hendri Nur Alam. ―Pengaruh Faktor-Faktor Produksi Terhadap Tingkat-Tingkat Profitabilitas Pengrajin Batu Bata Di Talang Jambe Kota Palembang.‖ Muqtashid 1, no. 1 (March 2016): 66–80.
Julyansyah Noor. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana, 2016.
Karnadi and Jalal Ikhwan. ―Strategi Pengembangan Usaha Batu Bata Di Desa Kota Agung Kecamatan Air Bersih Kabupaten Bengkulu Utara.‖ Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 4, no. 2 (2016): 146–55.
Matnin and Aang Kunaifi. Manajemen Lembaga Keuangan Dan Bisnis Islam. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2020.
M. Fauzan, Dedi Suhendro. Peran Pasar Modal Syariah Dalam Mendoorong Laju Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol 5.
Mukhlis Catio, Sarwani, and Ruknan. Manajemen Strategi. Tangerang: Indigo Media, 2021. Muhammad Wandisyah R Hutagalung, Muhammad Arif. Analisis Pembiayaaan Murabahah
Terhadap Pelaku UMKM Di Sumatera Utara. jurnal Ekonomi Islam. Vol 9.No.2,Desember 2023.
M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2001. Mukhlis Catio, Sarwani, and Ruknan. Manajemen Strategi. Tangerang: Indigo Media, 2021.
Putu rani Susanthi. ―Ananlisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan.‖ Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi 1, no. 1 (Nopember 2017): 30–42.
Rahayu Puji Suci. Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015. Rahmawati. Manajemen Pemasaran. Kalimantan Timur: Mulawarman University Press, 2016.
Revita R.R Hasibuan. Wawancara dengan Staff Kantor Kelurahan Silandit Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, September 14, 2021.
Rida. Wawancara dengan Perajin Batu Bata di Kelurahan Silandit, April 18, 2021.
Rifana and Kawet. Kontruksi Bangunan. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Desember 2019, ISLAMIC HUMAN DEVELOPMENT INDEX DI INDONESIA (SUATU PENDEKATAN MAQHASID SYARIAH)(Rukiah dkk., 2019)
, Does Renewable Energy Consumption a Driver for Economic Growth? Panel Data Analysis in Selected OIC Countries(Pratomo dkk., 2023)
, Human Development Index and Halal Tourism Performance: Case Study of The Country with The Lowest Safety for Muslim Tourists(Lubis, Rusydiana, dkk., 2023)
, The Relationship between Foreign Direct Investment, Islamic Financial Performance and Economic Growth: Analysis of Economic Freedom as a Moderating Variable(Lubis, Khairun Nasirin, dkk., 2023)
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2012.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sulasih. ―Implementasi Matrik EFE, Matrik IFE, Matrik SWOT Dan QSPM Untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan KOmpetitif Bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik Di Keser Notog Patikraja Banyumas.‖ E-Bis 3, no. 1 (2019): 27–40.
Januari 2022, Determinant of Behavioral Intention to Use Digital Zakat Payment: The Moderating Role of Knowledge of Zakat (Cahyani, Sari, dkk., 2022)
Agustus 2022, DOES ENTREPRENEURSHIP EDUCATION MATTER FOR ISLAMIC HIGHER EDUCATION STUDENTS’ ENTREPRENEURIAL READINESS?(Cahyani, Masruri, dkk., 2022)
Desember 2020, Islamic Social Reporting and Financial Distress In List of Sharia Securities(Cahyani dkk., 2020)
September 2022, The Nexus Between University Support and Entrepreneurial Mindset: Does Entrepreneurship Education Matter?(Cahyani, Hanafi, dkk., 2022)
Wayan Wijaya, Yuli Aneu, Tsalis Syaifuddin, and Heru Sri Wulan. ―Strategi Pengembangan Usaha CV. Steba Advertising Semarang Dalam Meningkatkan Pendapatan.‖ Jurnal Mahasiswa Manajemen, Universitas Pandanaran Semarang 3, no. 3 (2017).
Windari Windari. (2015). Perdagangan Dalam Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, Vol.3. Windari Windari .(2017). Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Kopi Hitam Di Kota
Padangsidimpuan. Jurnal Ekonomi Dan Keislaman, Vol.5.
Widianingsih and Arianti. Aspek Hukum Kewirausahaan. Malang: Polinema Press, 2018. Yudi Pramudiana. Business Plan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.