PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KOPERASI 212 MART PADANGSIDIMPUAN

Diki Riansyah Putra Darwis Harahap Ali Hardana (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Dalam keberlangsungan suatu perusahaan ritel maka kualitas pelayanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan perusahaan dalam menciptakan loyalitas konsumen. Selain kualitas pelayanan, perusahaan juga harus memperhatikan harga produk yang dijual apakah sudah sesuai dengan keinginan atau harapan dari konsumen atau belum, dikarenakan harga juga dapat memengaruhi loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Jika harga terlalu mahal dengan toko yang lain maka konsumen enggan untuk membeli kembali. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan.

Pembahasan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan Manajemen Bisnis yaitu kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen, jika kualitas pelayanan baik maka loyalitas akan meningkat begitu juga sebaliknya. Dan harga terhadap loyalitas konsumen, jika harga murah maka loyalitas konsumen akan meningkat, jika harga mahal maka loyalitas konsumen akan turun.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan  adalah data primer dan  pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 64 orang dengan teknik pengambilan sampel insidental , kemudian analisis penelitian menggunakan statistik yaitu SPSS Versi 25.

Dari hasil uji t dapat dilihat bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) memiliki nilai thitung 3,274 > nilai ttabel 2,000 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima yang bererti adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan. Dari hasil uji t dapat dilihat bahwa variabel harga (X2) memiliki nilai thitung 1,455 < nilai ttabel 2,000 maka Ho2 diterima dan Ha2 ditolak yang berarti tidak adanya pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan.. Kemudian berdasarkan hasil uji F terdapat nilai Fhitung 9,598 dan nilai Ftabel dilihat dari rumus dengan derajat kebebasan df = n – k -  1, df = 64 – 2 – 1 = 61 nilai Ftabel yang diperoleh 3,15. Maka dapat di interpretasi bahwa nilai Fhitung 9,598 > nilai Ftabel 3,15 dan nilai sig. 0,000 < 0,005 dapat dinyatakan bahwa hipotesis Ho3 ditolak dan Ha3 diterima sehingga kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan.

 

Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


A. Pangaila, Paulus, dan dkk. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi GOJEK.” Jurnal EMBA Vol.6 No.4 (2018).

Agustin Setyawati, Widya, Muhamad Rifa’I, dan Cahyo Sasmito. “Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan citra institusi terhadap kepuasan pasien.” UniversitasTribhuwana Tunggadewi Malang Vol. 10. No. 2 (2018).

Aisyah Pratiwi dkk, “Effect Of Service Quality And Employee Performance On Customer Satisfaction at PT. Pawnshop Pinang City Sharia Service Unit,” Journal Of Sharia Banking Vol. 2 No. 2 (2021).

Amanah, Dita. “pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery dan cake shop cabang H.M yamin medan.” jurnal keuangan Vol. 2. No. 1 (2010).

Astuti, Leni (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Bank Jateng Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. t.t.

Eva Indah dkk., “Determinants Of Customer Loyalty,” Journal Of Sharia Banking Vol. 2 No. 1 (2021).

Handayani, Fitria. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasanPelanggan Pada 212 Mart Sudirman Palembang.” Fakultas Konomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah, t.t.

Isa, Muhammad. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Lembaga Bimbingan Belajar ‘POTENSI’ Panyabungan.” At-Tijaroh : Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam Vol. 5 No. 1 (2019).

Jeni Kurnia dkk., “The Effect Of Brand Equity, Promotion And Services On Customer’s Decision To Use Sharia Bank In Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan Market,” Journal Of Sharia Banking Vol. 1 No. 2 (2020).

Lindung Bulan, Tengku Putri. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Keuangan VOL.5, NO.2 (2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.