Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelanggan JNE Dan J&T Di Desa Sabajior Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal

Hilman Ihsani Kamaluddin Hamni Fadlilah Nasution (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu J&T menduduki posisi kedua pada TOP BRAND INDEX dalam kategori jasa kurir tahun 2018, padahal masih baru, JNE mengalami penurunan persentase TOP BRAND INDEX yang signifikan pada tahun 2019 sampai 2020 sesudah adanya J&T,  J&T memiliki citra kurang baik dibandingkan JNE dimata mayoritas konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pelanggan JNE dan J&T di Desa Sabajior Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal.

    Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu ekonomi mikro dan mengenai tentang perilaku konsumen, dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena di Desa Sabajior dalam menggunakan produk kurir di Indonesia. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan perilaku konsumen.

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 57 sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan dengan melakukan angket terhadap masyarakat Desa Sabajior. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji T test.

    Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan jika nilai signifikansi sebesar 0.721, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai lebih besar dari 0.05 (0.721 > 0.05) artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara kepuasan pelanggan JNE dengan kepuasan pelanggan J&T. Sedangkan jika dilihat dari tingkat perbedaannya menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.012, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai lebih besar dari 0.05 (0.012 < 0.05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pelanggan JNE dengan kepuasan pelanggan J&T. Dilihat dari hasil kepuasan pelanggan dapat disimpulkan bahwa kecenderungan rata-rata (mean) kepuasan pelanggan yang terbesar adalah pada pelanggan J&T dengan nilai mean 34,98. Sedangkan tingkat kepuasan pelanggan JNE hanya sebesar 32,72..

 

Keywords: Tingkat Kepuasan, JNE, J&T


Full Text:

PDF

References


Adiwarman A. Karim. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2013.

Asy-Syifa'. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Raja Publishing, 2011.

Departemen agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Maktabah Al-fatih Rasyid Media, 2016.

Duwi Priyanto. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom, 2008.

Dwi Suwikyono. Kompilasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. Total Quality Management. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2013.

Hanna Ester Novia Dan Endang Sutrisna. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Expedisi Di Pekanbaru (Studi Pt. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Pekanbaru.” Dalam Jurnal FISIP Universitas Riau, 2 Oktober 2017.

Husein Umar. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Idri. Hadis Ekonomi (Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi). Jakarta: Kencana, 2015.

Juliansyah Noor. Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah). Jakarta: Kencana, 2017.

M. Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana, 2017.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Murni. (Penjual Online Shop Di Desa Sabajior). 24 Februari 2020.

Nasution, M. Nur. Manajemen Jasa Terpadu (Total Service Management). Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah). Jakarta: Kencana, 2017.

Rezki Amanah. (Penjual Online Shop Di Desa Sabajior). 24 Februari 2020.

Siregar. Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Manual SPSS Edisi Pertama. Jakarta: Kencana, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suwikyono, Dwi. Kompilasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. Total Quality Management. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2013.

Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013

www.bisniskurir.com, 20 Januari 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.