ANALISIS HADIS DALAM FATWA MUI TENTANG JUAL BELI SALAM (STUDI ANALISIS PEMAKNAAN MATAN HADIS)

Desi Siti Habibah Arifin (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)

Abstract


Jual beli yang berkembang saat ini ialah media belanja online atau biasa disebut e-commerce yang memberikan akses ke berbagai produk dan layanan yang dapat memenuhi berbagai jenis kebutuhan. Dan salah satu jual beli yang dilakukan yaitu jual beli salam. Agar dalam praktiknya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Syariah maka MUI menetapkan fatwa tentang jual beli salam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian literatur dengan pendekatan teoritis. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data melalui kajian pustaka. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kualitas sanad hadis jual beli online salam bahwa semua perawi bersifat tsiqah, kecuali Daud bin Shalih, yang sanadnya bersambung dan terbatas dari syudud dan ‘illat, hadis berkualias hasan. Namun, berdasarkan standar yang ditetapkan oleh al-khatib al Baghdadi, matan hadis jual beli online salam adalah shahih.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/jsb.v5i1.10134

Refbacks



INDEKS JURNAL


TIM REDAKSI

Editor In Chief

 Managing Editor

 Editorial Board

Reviewer

It Support Team

  • Nofinawati, MA, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia

 

 

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

ISSN Print:  2809-8781

ISSN Online:  2827-9344

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN
Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan, Sumatera Utara,  Indonesia

Email: journalofsharia@uinsyahada.ac.id