The Role of Interpersonal Communication in Building Service Quality at Nurul Jadid Paiton Probolinggo Junior High School

Ahmad Rifdur Rahman (Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani, Indonesia)
Imam Syafii (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia)
Yudi Ardian Rahman (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bondowoso, Indonesia)

Abstract


services at Nurul Jadid Junior High School. Open, transparent, and sustainable communication plays an important role in building trust between the school, parents, and the community. It also encourages increased parental participation in children's education and strengthens public support for school efforts to improve the quality of educational services. This study uses a qualitative approach with a case study type, involving the principal, vice principal for curriculum, teachers, and students as informants. The results of the study show that interpersonal communication has a strategic role, namely as a tool to provide a deep understanding of school policies and programs, provide constructive feedback, create effective collaboration between teachers and parents, and manage conflicts productively. These findings confirm that effective interpersonal communication not only improves relationships between stakeholders, but also contributes significantly to improving the quality of educational services in schools

Keywords


Role; Interpersonal Communication; Quality of Service

Full Text:

PDF

References


Abidin, Syahrul, Yoserizal Saragih, and Haris Fadillah Sihombing, ‘Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dengan Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tanjung Balai’, Arzusin, 3.6 (2023), 793–814

Amar, Muhammad Fadali, ‘Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy’, Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2.1 (2024), 1–13 <https://edujavare.com/index.php/Aafiyah/issue/archive>

Anita, Sri, ‘Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Kerja Guru Di SDN 1 Gunung Sulah Bandar Lampug’, Unisan : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 03.02 (2024), 4–6

Ariati, Yasinta, and Clarissa Sondang Irene, ‘Komunikasi Intrapersonal Dan Konsep Diri Pada Mahasiswa Rantau Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Dan Sekretari Tarakanita’, Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 8.2 (2023), 205–14 <https://doi.org/10.36914/jikb.v8i2.941>

Asmarani, Zulfa, and Sri Wahyuni, ‘Konsep Diri Individu Pengguna Media Sosial Terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja’, Journal of Education Research, 4.3 (2023), 1548–58

Bachtiar, Machdum, Chepi Rafiudin, and Anis Fauzi, ‘Analisis Peran Komunikasi Efektif Dalam Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Dan Kinerja Guru’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7.3 (2024), 3288–96

Baihaqy, Sadad Alwi, and Akhmad Ramli, ‘Pola Komunikasi Dalam Manajemen Sekolah Dan Madrasah’, Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1.2 (2019), 124–29

Diana, Reny, Syarwani Ahmad, and Achmad Wahidy, ‘Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.3 (2020), 1828–35

Eriyanti, Eka, Yasir Arafat, and Syaiful Eddy, ‘Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.2 (2021), 2998–3004

Febrianti, Fanny, and Untung Subroto, ‘Hubungan Pola Asuh Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja’, Journal of Social and Economics Research (JSER), 5.2 (2023), 799–811

Febrianti, Indri, and Makmur Syukri, ‘Peran Akreditasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Lembaga Pendidikan’, JUMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2023), 11–23

Hasibuan, Apri Gunawan, Muhammad Alfikri, and Muhammad Faishal, ‘Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Wawasan Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Di Masa Pandemi’, Communication & Social Media, 3.1 (2023), 7–13

Kesumawati, Shakira Atesya, Desy Misnawati, and Selvi Atesya Kesumawati, ‘Sosialisasi Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Pembelajaran Inklusif Di SD Plus Ditawijaya Palembang’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 4.1 (2023), 62–71

Latinapa, Mufida M., Arfan Arsyad, and Arifin Suking, ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru, Dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Pengendalian Konflik Di Sdn Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una’, Jurnal Normalita, 9.3 (2021), 386–401 <http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/983>

Meinda, Maria Stella, and A Munanjar, ‘Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada Guru-Guru Di SMP Van Lith)’, Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 3.3 (2023), 178–92 <https://doi.org/10.55606/juitik.v3i3.647>

Merdekawaty, Ana, and Fatmawati, ‘Peran Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa’, Jurnal Kependidikan, 8.1 (2023), 82–88

Nur Khasanah, Umi, Abdul Adib, and Ami Latifah, ‘Pola Komunikasi Interpersonal Secara Lisan Dan Tulisan Kepala Sekolah Dan Guru Di Smpn 25 Ogan Komering Ulu’, UNISAN JOURNAL : Jurnal Manajemen & Pendidikan, 00.00 (2022), 0–00 <https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal>

Ouralita, Silvi, Ferdy Ardyansyah, Yantoro Yantoro, and Bradley Setiyadi, ‘Dampak Komunikasi Interpersonal Guru Dan Orang Tua Pada Motivasi Belajar Siswa Di SDN 17/I RANTAU PURI’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6.9 (2023), 6556–61 <https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2795>

Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso, and Khairul Anwar, ‘Karakteristik Komunikasi Interpersonal Serta Relevansinya Dengan Kepemimpinan Transformasional’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5.1 (2021), 25 <https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042>

Putra, Bela Janare, and Jurana Jamal, ‘Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa’, Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3.3 (2020), 399–407

Rahayu, Rofita, Sofyan Iskandar, and Dede Trie Kurniawan, ‘Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21’, Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6.1 (2023), 89

Rahayu, Supriati H, Hilman Haroen, T W Budiutomo, and Nuryati, ‘Manajemen Mutu Layanan Ta ’ Lim Quran Lil Aulad ( TQA ) Di Yayasan Team Tadarus “ AMM ” Yogyakarta’, Jurnal Pembangunan Masyarakat, 5.2 (2020), 117–30

Samudra, Linujaya, Iin Soraya, and Arina Muntazah, ‘Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Menciptakan Pemahaman Belajar Siswa Di Madrasah Ibti ‟ Daiyah Nurul Irfan Kota Depok’, Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3.2 (2023), 615–25

Shofia Rohmah, Nafiah Nur, Markhamah, Sabar Narimo, and Choiriyah Widyasari, ‘Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar’, Jurnal Elementaria Edukasia, 6.3 (2023), 1254–69

Suharti, Rohmatul Fajri, and Yayat Suharyat, ‘Analisis Fungsi Kepemimpinan Dalam Era Organisasi Modern’, NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5.1 (2024), 22–36 <https://mikiki.tokyo.jp/articles/-/35920%0Ahttps://mikiki.tokyo.jp/articles/-/36472%0Ahttps://mikiki.tokyo.jp/articles/-/36509%0Ahttps://mikiki.tokyo.jp/articles/-/36514>

Suharyat, Yayat, Sri Nurhayati, Dianti Januliawati, Ibnu Muthi, and Mohamad Zubaidi, ‘Tantangan Pemberdayaan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7.1 (2023), 406–15

Suzanna, Ella, Yara Andita Anastasya, and Ika Amalia, ‘Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMKN 5 Lhokseumawe Strategy Improving Interperpersonal Communication Skill of SMKN 5 Lhokseumawe Students Komunikasi Antar Komunikator Dengan Komunikasi Interpersonal Dilakukan Untuk Mencapai Tujuan’, Jurnal Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1.2 (2022), 43–49

Ulfa, Anida, Happy Fitria, and Nurkhalis, ‘Peranan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.2 (2021), 1223–30

Widodo, Hadi, Dewi Purnama Sari, Fira Astika Wanhar, and Julianto, ‘Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.4 (2021), 2168–75

Yani, Ahmad, Rezki Agrisa Ditama, and Muhammad Munawir Pohan, ‘Peningkatan Mutu Layanan Melalui Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia’, PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, VIII.2 (2021), 170–79

Zahirah, Saviratus, ‘Analisis Pentingnya Komunikasi Interpersonal Antar Teman Di Dalam Perkuliahan Untuk Mengurangi Resiko Bunuh Diri Pada Mahasiswa Yang Diakibatkan Oleh Stres Yang Berlebihan’, Jurnal Media Akademik, 2.1 (2024), 146–57




DOI: https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v11i2.13595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Rifdur Rahman, Imam Syafii, Yudi Ardian Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.