The Concept of Educators in the Qur'an and Hadith: A Review of Islamic Educational Values Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
An Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam, Terj. Hery Noor Ali. Bandung: Diponegoro, 2002.
Arifai, Ahmad. “Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals 3, no. 1 (2018): 27–38.
Asmani, Jamal Ma‟mur. Great Teacher. Yogyakarta: Diva Press, 2016.
Creswell, John W, dan J. David Creswell. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. Thousand Oaks, California: Sage Publication, 2018.
Depertemen Pendidikan Nasional. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003: tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara, 2010.
Dewi, Eva. “Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2019): 93–116.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Hawi, Akmal. Kompetensi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Ismail SM. Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
KARYA, DESA HIANG, dan MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. “PERAN KARISMA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SANTRI TAHFIZ DARUL QUR’AN.” Diakses 26 November 2024. https://repository.iainkerinci.ac.id/system/files/2024-05/SKRIPSI%20ROMADANI.pdf.
Khairi, Alfen, M. Pd, S. Pd I. NURHADI, S. E. Sy, dan M. Sy SH. Pendidikan adab dan karakter menurut hadis nabi muhammad SAW. Guepedia, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Gt5KEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=Rasulullah+SAW+tidak+hanya+berperan+sebagai+nabi+dan+rasul,+tetapi+juga+sebagai+figur+teladan+dalam+berbagai+aspek+kehidupan,+termasuk+pendidikan.+Hadis-hadis+yang+disampaikan+oleh+Rasulullah+SAW+memberikan+panduan+yang+detail+mengenai+peran,+tugas,+dan+tanggung+jawab+seorang+pendidik.+Melalui+pemahaman+terhadap+hadis,+dapat+diperoleh+gambaran+yang+lebih+jelas+mengenai+perilaku+dan+tindakan+yang+seharusnya+dilakukan+oleh+seorang+pendidik+sesuai+ajaran+Islam&ots=fzxcWJSjMu&sig=59UKcyt16Q5h6P15xC1Kh40O7hE.
Khomaeny, Elfan Fanhas Fatwa, S. ThI, dan Maesaroh Lubis. Model-Model Pendidikan Anak Dalam Al-QurAn: Berdasarkan Kisah Para Nabi, Rasul dan Shalihin. Edu Publisher, 2023. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SHOvEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA284&dq=Pendidik+dalam+pendidikan+Islam+yang+kedua+adalah+Rasulullah+SAW.+Keberhasilan+Nabi+Muhammad+SAW+menjadi+seorang+pendidik+adalah++gabungan+antara+kemampuan+pribadi+beliau,+wahyu+ilahi,+serta+penerapan+ilmu+yang+diaplikasikan+di+dalam+kehidupan+sehari-hari.+Dengan+kata+lain,+Rasulullah+SAW+menjadi+seserang+yang+al-uswatul+hasanah+berkat+ilmu+yang+dimilikinya+serta+ajaran+beliau+yang+telah+disampaikan+kepada+para+sahabat.&ots=mciQL-y2ow&sig=LZiNh301fVfB6fEir2gqFYTYAi4.
Khusni, Moh Faishol. “Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya dalam perspektif Islam.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 2, no. 2 (2018): 361–82.
Kosim, Mohammad. “Guru dalam perspektif islam.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2008). https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/223.
Muhaimin, dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Tri Genda Karya, 2003.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008.
Mujid, Abdul, dan Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2006.
Mujtahid. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Meniptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Nafis, Muhammad Muntahibun. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: TERAS, 2011.
Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2012.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Shihab, Quraish. Tafsir al-Misbah:Pesan, Kesan dan Keserasian. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru, 2000.
Sugiyono. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016. https://www.researchgate.net/profile/Hery-Purnomo/publication/377469385_METODE_PENELITIAN_KUANTITATIF_KUALITATIF_DAN_RD/links/65a89006bf5b00662e196dde/METODE-PENELITIAN-KUANTITATIF-KUALITATIF-DAN-R-D.pdf.
Surawan, Surawan, dan Muhammad Athaillah. Ilmu pendidikan islam. K-Media, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=uhMlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA46&dq=Praktik+pendidikan+yang+diterapkan+oleh+Rasulullah+SAW+memiliki+kesesuaian+yang+signifikan+dengan+prinsip-prinsip+pendidikan+modern.+Berikut+adalah+beberapa+relevansi+antara+metode+Rasulullah+SAW+dan+pendekatan+pendidikan+masa+kini:+a.%09Keteladanan+(uswah+hasanah),+Rasulullah+SAW+mengajarkan+pentingnya+menjadi+contoh+yang+baik+bagi+para+peserta+didik.+Dalam+pendidikan+modern,+keteladanan+ini+tercermin+dalam+profesionalisme+pendidik+yang+menunjukkan+integritas,+kejujuran,+dan+tanggung+jawab+dalam+tindakan+sehari-hari.+b.%09Kasih+sayang+dan+empati,+pendekatan+penuh+kasih+sayang+yang+diajarkan+Rasulullah+SAW+mencerminkan+konsep+emotional+intelligence+dalam+pendidikan+kontemporer.+Seorang+pendidik+yang+dapat+memahami+serta+merespons+kebutuhan+emosional+peserta+didik+mampu+menciptakan+suasana+belajar+yang+inklusif+dan+mendukung,+yang+menjadi+hal+krusial+di+tengah+meningkatnya+isu+seperti+bullying+dan+tekanan+dalam+akademik.+c.%09Metode+dialog+interaktif,+rasulullah+SAW+sering+menggunakan+metode+tanya+jawab+dan+diskusi+untuk+meningkatkan+pemahaman+peserta+didik.+Ini+mirip+dengan+pendekatan+student-centered+learning+dalam+pendidikan+modern,+di+mana+peserta+didik+didorong+untuk+aktif+terlibat+dalam+proses+pembelajaran.+d.%09Pendidikan+sepanjang+hayat+(lifelong+learning),+Rasulullah+SAW+menekankan+pentingnya+pembelajaran+yang+berkelanjutan,+baik+dalam+ilmu+agama+maupun+pengetahuan+duniawi.+Konsep+ini+sejalan+dengan+prinsip+pendidikan+modern+yang+menekankan+pentingnya+pembelajaran+berkelanjutan+untuk+memastikan+individu+dapat+beradaptasi+dengan+perkembangan+zaman.+e.%09Penggunaan+kisah+dan+analogi,+metode+Rasulullah+SAW+yang+menggunakan+cerita+dan+perumpamaan+untuk+menyampaikan+pesan+moral+masih+sangat+relevan+dalam+pembelajaran+modern.+Storytelling+adalah+pendekatan+efektif+untuk+mengkomunikasikan+konsep-konsep+yang+rumit+dengan+cara+yang+sederhana+dan+menarik.+f.%09Pendidikan+karakter+dan+moral,+fokus+Rasulullah+SAW+pada+pembentukan+akhlak+mulia+sejalan+dengan+prinsip+pendidikan+karakter+dalam+pendidikan+modern.+Pendidikan+yang+han&ots=PplPN2VyMI&sig=XEPnxBZDq81MKGvPR1TD6HhsxmM.
Suryani. Hadis Tarbawi Analisi Paedagogis Hadis Hadis Nabi. Yogyakarta: TERAS, 2012.
Suryani, Ira. “Ilmu Pendidikan Islam,” 2023. http://repository.uinsu.ac.id/22180/1/repository%20uin%20ilmu%20pendidikan%20islam.pdf.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Zuhdi, Ahmad. Profil Guru dalam Pendidikan Islam Menurut K.H. Hasyim Asy’ari, (Telaah Kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Yogyakarta: Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2004.
DOI: https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v11i2.13686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hidayati Suhaili, Syafruddin Syafruddin, Rehani Rehani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.