IMPLEMENTASI SERTIFIKASI DOSEN
Abstract
Abstrak
Selain kualifikasi akademik, dosen harus memiliki 4 (empat) kompetensi, yaitu kompetensi professional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi social, dengan bukti memperoleh sertifikat pendidik. Pelaksanaan sertifikasi dosen yang telah berlangsung beberapa tahun secara umum telah berjalan secara efektif dan dapat meningkatkan kinerja dosen. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah penulisan ilmiah dan buletin, namun dalam bidang pendidikan dan pengajaran masih terdapat dosen yang belum maksimal melaksanakan proses perkuliahan. Hambatan yang dihadapi antara lain masih rendahnya pemahaman sebagian dosen terhadap tugas dan beban kerja yang harus dilaksanakannya, dan sebagian dosen masih rendah tingkat kesadaran untuk melaksanakan tugas Tridharma Perguruan Tingginya.
Abstract
In addition to academic qualifications, lecturess must have 4 (four) competencies: professional competence, pedagogical competence, personal competence and social competence by having teacher certificate. Lecturer certification implemen-tation that has lasted several years in general have been effective and can improve the performance of lecturers. It can be seen from the increasing number of scientific writing and bulletins, but in the field of education and teaching there are lecturers who have not been up to implement the lecture. Barriers faced by, among others, is the lack of understanding most of the lecturers of the task and the workload that must be implemented, and some professors still low level of awareness of Tridharma Perguruan Tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Abudin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grapindo Pursada, 2003.
Ali Imran, Pembinaan Kompetensi Guru di Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya, 1995.
Burhan Bungin, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Depdiknas, “Program Pembangunan Nasional Bidang Pendidikan”, Error! Hyperlink reference not valid.. [25 Mar 2005].
Gunawan Adi, Kamus Lengkap Inggris-Indonesia Indonesia-Inggris, Surabaya: Kartika, tth.
H.M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru, Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2003.
Mathew B. Miles dan A. Michael, Qualitative Data Analysis, London: Sage Publication, 1984.
Muhabbinsyah, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Muhammad Zain, dkk (Tim Penyusun), Pedoman Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam, Buku II: Penyusunan Portofolio, Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, 2010.
Muhtar dan Erna Widodo. Konstruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Yokyakarta: Avyrouz. 2000.
Pidarta Made, Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Presiden RI, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Eka Jaya 2003.
,Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Ditjen Manajemen Dikdasmen, 2005.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
Robin dan Coulter, Manajemen (Edisi kedelapan), Jakarta: PT Indeks, 2007.
Sondang P Siagian, Filsafah Administrasi, Jakarta : CV Masaagung, , 1990.
Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.
Tita Meirina Djuwita, "Analisis Teoritik tentang Pentingnya Sumber Daya Manusia bagi Pembangunan", Jakarta: Formasi. Jumal Kajian Manajemen Pendidikan, No.9, Tahun V, Maret 2004: 8-15.
DOI: https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v1i1.286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Irwan Saleh Dalimunthe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.