Aplikasi Teori Humanistik dalam Pendidikan
Abstract
Proses belajar dianggap berhasil jika pelajar memahami lingkungannya dan dirinya sendiri. Siswa dalam proses belajarnya harus berusaha agar lambat laun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya. Pedidikan humanistik merupakan sebuah proses penyadaran dan peningkatan terhadap harkat kemanusiaan dan potensi yang dimiliki secara terarah, sekaligus memproduksi suatu pembahasan yang dinamis sehingga tercipta iklim kritis progresif, inovatif secara utuh dengan mengedepankan pola pendekatan dialogis humanis antara pendidik dengan peserta didik dan peserta didik dengan lingkungannya. Dalam Pendidikan konsep humanistik merupakan sebuah upaya menjadikan manusia sejati yang berpikr kritis dan berkomitmen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Achmadi, Abu Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Ahmadi, Abu dan Joko Prasetia, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Daradjad, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Cet. XXI, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
________, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam; Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Nuansa, 2003.
Pamungkas, Sri Bintang, Dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan IPTEK Mengatasi Kemiskinan Mencapai Kemandirian, Jakarta: Seminar dan Sarasehan Teknologi, 1993.
Slameto, Peran Guru dalam Pembelajaran di Sekolah, Jakarta: Bina Aksara, 1995.
DOI: https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v9i1.4220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rahimi Rahimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.