METHODS OF DAKWAH FOR THE MILLENNIAL GENERATION

Yuyun Yunita* -  Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
Anas Habibi Ritonga -  Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Supp. File(s): common.other

Metode dakwah merupakan salah satu unsur yang memiliki peran penting dan strategis bagi keberhasilan dakwah. Metode dakwah selalu mengalami peningkatan sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam berdakwah banyak metode yang dapat diterapkan oleh seorang da'i dalam menyampaikan pesan dakwahnya. Misi dapat berhasil hanya jika penginjil menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan misi. Milenium adalah masa ketika teknologi berkembang begitu pesat sehingga memudahkan orang untuk mengakses informasi dari seluruh dunia. Era milenial ini bisa dikatakan sebagai masa keemasan kaum milenial. Milenial di Indonesia sangat kecanduan internet, sehingga untuk memudahkan para misionaris menyampaikan pesan misinya, mereka harus mengikuti perkembangan teknologi yang tersedia. Penyampaian pesan misi melalui media sosial bisa sangat membantu para milenial. Metode dakwah yang relevan dengan generasi milenial adalah: metode bi al-Hikmah, metode al-mau'izah al-hasanah dan metode Wa Jadilhum bi al-lati Hiya Ahsan. Ketiga cara ini dapat memudahkan para misionaris untuk menyampaikan informasi misi kepada kaum milenial, dan misi ke depan dapat dengan mudah diterima dan dipahami oleh kaum milenial.

Supplement Files

  1. Al-Suyuthi, Tafsir Al-Quran al-Adzim, in Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 16, No. 1, June 2015

    Al Munzir, Vol. 9, No. 1, May 2016

    Aziz. M.A, Islamic Propagation Studies, in the Journal of Communication Studies, Vol. 2, No. 1, March 2018

    A Basit. A, Interpersonal Dakwah Theory and Application, in Jurnal Komunika, Vol. 11, No. 2, 2017

    Fadhullah, The Methodology of Dakwah in the Quran: A Guide for Activists, al-Ushlub al-dakwah fi al Quran Ghofur Abdul, Dakwah Islam di Era Milenial, Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, Vol. 5, No. 2, Agustus 2019

    Hielmy Irfan, Dakwah Bil-Hikmah, (Yogyakarta: Mitra Pustaka 2002)

    Ibnu Manzhur, Lisan al-Arab

    Ilahi Wahyu dan Munir, Manajemen Dakwa, in the Syiar Scientific Journal, Vol. 19, No. 02, December 2019

    Kurniasih Dwi, Millennial Preaching in the Digital Era, Journal of Preaching and Communication, Vol. 4, No. 2, 2019

    Munawir Warson Ahmad, Kamus Al Munawir Arab Indonesia, dalam Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 3, No. 1, 2019

    Muhiddin, Dakwah in the Perspective of the Quran

    Quthub, Fi Zhilal al-Quran

    Said Muh. Nurhidayat, Dakwah Method (Study of the Quran Surah An-Nahl Verse 125), Dakwah Tabligh Journal, Vol. 16, No. 1, June 2015

    Saputra Wahidin, Introduction to the Science of Dakwah, In the Scientific Journal Syiar, Vol. 19, No. 2, 2019,

    Sukardi Akhmad, The Method of Dakwah in Addressing Adolescent Issues, AlMunzir Journal, Vol. 9, No. 1, May 2016

    Syamsuriah, Challenges of Dakwah in the Millennial Era, Jurnal Ilmiah Islamic Resources FAIUMI Makassar, Vol. 16, No. 2,Desember 2019

    Umar Yahya Thoha, Ilmu Dakwah, translated by Siti Muriah, Metodologi Dakwah Kontemporer, (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000)

    Usman Ranu Abdul, Contemporary Dakwah Methods, Al-Bayan Journal, Vol. 19, No. 28, December 2013

    Zaini Ahmad, Dakwah Through Television, Journal of Islamic Broadcasting Communication, Vol. 3, No. 1, June 2015

    Zulkarnaini, Islamic Dakwah in the Modern Era, Risalah Journal, Vol. 26, No. 3, 2015



 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id