Kajian Etimologi dan Terminologi Jual Beli dalam Hadis: Implikasi Terhadap Hukum dan Etika Ekonomi Islam
Abstract
Konsep jual beli dalam hadis melalui pendekatan etimologis dan terminologis guna memperkaya pemahaman tentang prinsip-prinsip ekonomi Islam. Studi ini mengidentifikasi dan menganalisis kata-kata kunci terkait jual beli yang terdapat dalam hadis, serta mengupas makna asli dan konteks penggunaannya dalam bahasa Arab klasik. Pendekatan etimologis berfungsi untuk menelusuri asal-usul kata dan maknanya, sementara pendekatan terminologis mengeksplorasi pemaknaan teknis jual beli dalam konteks ajaran Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep jual beli dalam hadis tidak hanya berfokus pada aspek transaksi material, tetapi juga mencakup dimensi etika dan spiritual, yang mendasari praktik ekonomi yang adil dan menghindari unsur riba, gharar (ketidakpastian), dan maisir (spekulasi). Kajian ini juga mengungkap bahwa prinsip-prinsip tersebut memiliki relevansi penting dalam penerapan hukum ekonomi Islam kontemporer dan dapat menjadi landasan bagi pengembangan etika bisnis yang berlandaskan pada nilai-nilai keadilan, kejujuran, dan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menguatkan pemahaman hukum dan etika ekonomi Islam yang bersumber dari hadis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., & Muhammad. (2017). Ensiklopedia Fiqih Muamalah Dalam Pandangan 4 Madzhab, Terj. In Miftahul Khairi. Maktabah alHanif.
Abdurrahman al-Gharyan, A.-S. (2004). Fatwa Muamalat as-asyaiah. Pustaka progressif.
Al-Jazairi, A. B. J. (2011). Ensilopedi Muslim, terj.Fadhli Bahr.
Al Manar, A. (1999). Ibadah dan Syari’ah. Pustaka Amani.
Ath-, A. bin muhammad, & Thayyar. (2015). Ensiklopedia Fiqih Muamalah Dalam Pandangan 4 Mazhab.
Hendi, S. (2000). Fiqih Muamalah Press. Pustaka Setia.
Hosen, M. N. (2009). Analisis Bentuk Gharar Dalam Transaksi Ekonomi. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 1(1). https://doi.org/10.15408/aiq.v1i1.2453
Ibdalsyah, & Tanjung, H. (2014). Fiqh Muamalah (Konsep dan Praktek). Penerbit Azam Dunya Bogor.
Jabbar, S. F. A., Ali, H. M., Mohamed, Z. M., & Jalil, F. (2018). Business Ethics: Theory and Practice in an Islamic Context. Accounting, Finance, Sustainability, Governance and Fraud, 257–271. https://doi.org/10.1007/978-981-10-8062-3_14
Khusairi, H. (2019). Hukum Ekonomi Islam. In Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Hukum (Vol. 16, Issue 1). Sinar Grafika. https://doi.org/10.32694/010570
Lubis, H. P. S. K. (1996). Hukum Perjanjian Dalam Salam. (Sinar Grafika Offset.
Nur, A. B. (2019). Pengantar Fiqh Jual Beli & Harta Haram. Muamalah Publishing.
Nurhadi, N. (2019). Rahasia Hikmah Dibalik Akad-Akad Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 42. https://doi.org/10.29040/jiei.v5i01.346
Sabiq.Sayyid. (2006). Fiqih Sunnah Jilid 4 / Sayyid Sabiq. PT. Pena Pundi Askara, 2009).
Septiani, S. (2019). Etika Jual Beli dalam Perspektif Hadis dan Implementasinya di Lingkungan Pasar Tradisional Rau Serang. Holistic Al-Hadis, 5(2), 28. https://doi.org/10.32678/holistic.v5i2.3238
Sri Sudiarti. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. UINSU Press, 25.
Triono, H. D. C. (2017). Falsafah Ekonomi Islam : Ekonomi Islam Madzhab Hamfara. 2017.
Turmudi, M. (2017). AL SUNNAH; Telaah Segi Kedudukan Dan Fungsinya Sebagai Sumber Hukum. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 1–12. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.255
Wahbah az-Zuhaili. (2022). Fiqh Islam Wa Adillatuhu jilid 7, alih bahasa Abdul Hayyie al Kattani,. Gema Insani.
DOI: https://doi.org/10.24952/el-thawalib.v5i2.14393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal El-Thawalib is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © 2022 Jurnal El-Thawalib All rights reserved.