Peran Guru Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Siswa SMKS YPIPL Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara

Pevri Ahirna Harahap* -  Univesitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Lis Yulianti Syafrida Siregar -  Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Efrida Mandasari Dalimunthe -  Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Latar belakang penelitian ini adalah tentang upaya dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa di SMKS YPIPL Gunung Tua. karena banyak siswa yang tidak melaksanakan shalat dzuhur di lingkungan sekolah baik secara individu ataupun berjamaah, padahal pihak sekolah sudah mewajibkan shalat dzuhur dilingkungan sekolah untuk seluruh siswanya. Untuk itu bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa di SMKS YPIPL Gunung Tua. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan instrument pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah imforman yang artinya berada pada latar penelitian yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian. Hasil penelitian ini yaitu peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa di SMKS YPIPL Gunung Tua yaitu seorang guru berperan sebagai pendidik, guru sebagai motivator, guru sebagai penasehat dan guru sebagai pembimbing. Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Permasalahan Terkait Hambatan Dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Shalat yaitu memberikan teladan, membiasakan, menegakkan disiplin, motivasi, memberikan hadiah terutama psikologis, menghukum dan menciptakan suasana yang berpengaruh bagi pertumbuhan positif.

Keywords : Guru, Siswa, Ketaatan Ibadah

  1. Afnirozi, Rikisaputra, & Rahmidieq. (2020 ). Peningkatan Pengamalan Ibadah Shalat Siswa Melalui Kerjasama Guru Dengan Orang Tua Wali di SMP Negeri 2 Talam . Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat , 2. Ali, M. D. (1998). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Alwi, H. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Anggraini, N., & Amiruddin, N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendisiplikan Shalat Berjama'ah Siswa Muhammadiyah 3 Gresik . Jurnal Tamaddun , 141. Arifudn, M. (2021). Pengaruh Ketaatan Beribadah Terhadap Karakter Islami Siswa Kelas VIII SMPN 2 Padamara Kab. Purbaligga Tahun 2016/2017. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Ar-Rumi, N. b. (1994). Pemahaman Shalat Dalam Al-qur'an. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Asfiati. (2014). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berorientasi Pada Perkembangan Kurikulum 2013. Bandung : Cipta Pustaka Media. Azzam, A. A., & Hawwa, A. W. (2010). Fiqh Ibadah . Jakarta: Bumi Aksara. Drazat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Fahruddin, A. U. (2009). Menjadi Guru Favorit . Jogjakarta: Diva Press. Farizal, A. (2023). Peran Guru Fiqih dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Shalat MTS Al Ihsan . Jurnal Pendidikan dan Keguruan , 325. Hasan, A. F. (2012). Sempurnakan Shalat A-Z Kelalaian-kelalain yang Membuat Shalat Sia-Sia. Jakarta: Cerdas Taqwa. Kartono, K. (1996). Psikologi Umum . Jakarta: Mandar Maju. Katsir, I. (1987). Terjemah Singkat Ibnu Katsir. Surabaya: Bina Ilmu. Moelong, L. J. (1998). Metodologi Penelituian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya. mu'thi, E. M., & Al-atsari, A. (2003). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Bogor: Pustaka AsySyafi'i. Pembinaan, T. P., & Bahasa, P. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Qathani, S. b. (2008). Lebih Berkah dengan Shalat Berjamaah. Solo: Qaula. Satra, A., Amiroh, & Athiyallah, A. (2022). Kedisiplinan Ibadah Shalat Berjamaah Lima Waktu Siswa SMK Islam Medika Batarbolang. Jurnal Al-Miskawaih, 23. -Shiddiqy, H. A. (2000). Kuliah Ibadah: Ibadah Ditinjau Dari Segi Hukum Dan Hikmah . Jakarta: Bulan Bintang. Darul ‘Ilmi Vol.., No.. Bulan Tahun Peran Guru Pendidikan Islam dalam.......................Pevri Ahirna Harahap Siregar, S. U. (2023, September 27). Wawancara dengan guru pendidikan agama Islam. SMKS YPIPL Gunung Tua. Soemato, W. (1998). Psikologi Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta. Syukur, A. (2000). Pengantar Studi Islam. Semarang : Bima Sejati. Uno, H. B. (2008). Profesi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Usman, M. U. (2000). Mwnjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rordakarya. Yunus, M. (1990). Kamus Bahasa Arab Indonesia . Jakarta: Hidakarya Agung.

Open Access Copyright (c) 2024 Pevri Ahirna Harahap, Lis Yulianti Syafrida Siregar, Efrida Mandasari Dalimunthe
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama UIN SYAHADA Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter