Kesiapan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang sebagai Calon Guru
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan pedagogik mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2019 sebagai calon guru. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di UMM Program studi PAI. Metode pengumpulan mahasiswa yang digunakan adalah purposive sampling yang mana subyek penelitian mengambil sebanyak enam mahasiswa, tiga perempuan dan tiga laki-laki dari kelas A dan B. Mahasiswa yang diteliti telah lulus mata kuliah KDM dan PPL. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi berupa video praktik mengajar. Data dianalisis menggunakan model interaktif melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil analisis ini menunjukkan mahasiswa telah menguasai kompetensi pedagogik secara teori dan praktik yaitu, pemahaman peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasill belajar, dan pengembangan potensi peserta didik. Sedangkan, sebagian mahasiswa masih merasa kurang maksimal dalam memahami perbedaan karakteristik dan membantu mengembangkan potensi peserta didik secara praktik.
Keywords : Kompetensi; Pedagogik; Pendidik; Mahasiswa
Adrian, I. (2021). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan Pembelajaran PKn di SMAN 1 Lubuk Sikaping. JECCO: Journal of Education, Cultural and Politics, 1(1), 1–7. https://www.academia.edu/download/81426331/1.pdf
Agustin, E., & Romelah. (2022). Analisis Evaluasi Jenis Soal PGK Materi Al-Islam di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16176–16183. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4954
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Alif, F. (2018). Konsep Pedagogi dan Andragogi dalam Perspektif Al-Maraghi (Studi Kasus atas QS. Luqman dan QS. Al-Kahfi) [Skripsi Thesis]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 2614–1752. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Anasri, & Romelah. (2022). Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Mengelola Kelas di SDN 006 Bandarsyah Bunguran Timur-Natuna. Research and Development Journal of Education, 8(2), 690. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13661
Arifah, C., Subowo, & Santoso, J. T. B. (2021). Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Kesiapan Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 2(3). https://doi.org/10.15294/baej.v2i3.55831
Firmansyah, E., & Romelah. (2022). Tanggapan Guru terhadap Perannya dalam Melaksanakan Pembelajaran di SDIT Al-Qolam Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 345. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12995
Fitra, Z., & Habibullah. (2022). Analisis Kesiapan Diri Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan. JPTE: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(02), 81–86. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.191
Hasbi, Muliyadi, A., Mustari, & Gunawan. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Disiplin Kerja, dan Kondisi Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Soppeng. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/biemr.v1i1.89
Hidayah, N. (2018). Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sebagai Calon Pendidik Profesional. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 138–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2936
Idris, M. (2022). Pendidikan Islam dan Era Society 5.0 ; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159
Ilma, N. (2017). Peningkatan Kualitas Mahasiswa sebagai Calon Guru Melalui Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 60–68.
Juliastuti, & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), 1328–1344. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.372
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT Rajagrafindo Persada.
Mardiana, D., & Suti’ah. (2020). Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum 2013 Revisi. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 60–67. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1959
Mardiana, D., Thoifah, anatut, & Umiarso. (2022). Penguatan Kompetensi Profesional Guru ISMUBA di Kota Malang: Pelatihan Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Humanistik. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 254–260. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/btm.v4i4.5180
Miatun, A., Khusna, H., Ulfah, S., & Siswanto, R. D. (2024). Workshop Penyusunan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka pada Guru Sekolah Menengah Pertama. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 211–220. https://doi.org/10.36407/berdaya.v6i2.1283
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (T. R. Rohidi, Ed.; 3rd ed.). Sage Publications.
Monica, S., & Hadiwinarto. (2020). Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) Negeri 1 Lubuklinggau. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/amp.v3i2.3054
Mulyasa. (2008). Standar-Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.
Oktari, D., Salamah, I. S., Ayuning, R. P., & Windayana, H. (2022). Persepsi Mahasiswa dalam Menghadapi Abad Ke-21. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 222–229. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.207
P, S. (2019). Pedagogi Kritis Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran (Tinjauan Pemikiran Paulo Freire). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 04(02), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i2.319
Putra, E. H., Satria, I., & Walid, A. (2021). Problematika Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Mempersiapkan Diri Menjadi Guru Pendidikan Agama Islam. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.160
Rohman, N., & Tarmizi Hasibuan, A. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi PGMI melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 790–798. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3286
Saragih, M. J., Dirgantoro, K. P. S., & Siahan, M. M. L. S. (2021). Membangun Pemahaman Mahasiswa Calon Guru akan Interaksi dalam Pembelajaran Melalui Program Pengalaman Lapangan-1 di Sekolah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 188–199. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3661
Sukmawati, R. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789
Wanda, A., Shafira, F., Yanti, W., Khairiyah, R., & Sitompul, H. S. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 095550 Jl.Asahan Km.4 Kabupaten Simalungun. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 246–262. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2538
Zulfahmi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengembangakan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 4(2), 300–311. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.202
Zurriati, & Munfiatik, S. (2024). Desain Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 173–176. https://doi.org/10.62017/merdeka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.