PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH AL-AHLIYAH AL-ISLAMIYAH DESA AEK BADAK JULU)

Muhammad Roihan Daulay* -  Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia

Abstract

The purpose of this article aims to describe the conditions of learning during the pandemic with a case study at Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah, Aek Badak Village, South Tapanuli Regency. This research is qualitative research by presenting the facts that occurred in Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah, Aek Badak Julu Village, South Tapanuli Regency, especially in the field of learning in the new norm era. These facts were collected and data analysis was carried out using descriptive analysis. The result that can be obtained is that the learning process at Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah, Aek Badak Julu Village, South Tapanuli Regency is very dilemma. There are problems in the learning process from both the madrasah and the government. This includes the government's lack of consistency in determining learning policies, giving rise to a dilemma learning atmosphere. Besides, there are challenges both internally and externally.

Keywords: learning; online; the variety of activities; golden generation; COVID-19.

 

Abstrak

Tujuan artikel ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi pembelajaran masa pandemi dengan studi kasus di Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Desa Aek Badak Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengemukakan fakta yang terjadi di Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Desa Aek Badak Julu Kabupaten Tapanuli Selatan terutama dalam bidang pembelajaran di masa new norma. Fakta tersebut dikumpulkan dan dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang dapat diperoleh adalah bahwa proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Desa Aek Badak Julu Kabupaten Tapanuli Selatan sangat dilematis. Terdapat masalah dalam proses pembelajaran baik dari pihak madrasah maupun dari pihak pemerintah. Termasuk kekurangkonsistenan pemerintah dalam menentukan kebijakan pembelajaran sehingga menimbulkan suasana pembelajaran yang dilematis. Selain itu, terdapat berupa tantangan secara internal maupun eksternal.

Kata kunci: pembelajaran; online; variasi kegiatan; generasi emas; COVID-19.

Keywords : learning; online; the variety of zctivities; golden generation; Covid-19

  1. GUS SUSILO, F. (2013). Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. MATHEdunesa, 2(1).
  2. Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
  3. Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925
  4. Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
  5. Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/5941
  6. Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
  7. Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.
  8. Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
  9. Putri, L. W. (2019). Dampak Psikologis Pada Mahasiswa Baru Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:scuI-zQLb68J:https://psyarxiv.com/6gp7v/download+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id
  10. Rusydi, I. (2014). Optimisme Pendidikan Madrasah Di Indonesia ( Prospek Dan Tantangan ). Risalah; Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 7–19. http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/29

Open Access Copyright (c) 2021 Muhammad Roihan Daulay
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama UIN SYAHADA Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/DI/index


View My Stats

Flag Counter