PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Nur Hamida Siregar* - 

Supp. File(s): Research Instrument
Siswa mengalami kesulitan dalam belajar yang ditunjukkan dengan prestasi yang kurang baik dan pengunaan metode pembelajaran yang kurang berpariasi. Sebahagian siswa menganggap tugas rumah tidak penting dan sebahagian mengerjakan tugas rumah dengan baik pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar  Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif deskriptip yang bertujuan untuk menggambarkan ada tidaknya pengaruh antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 73 siswa. Sampel sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Angket untuk memperoleh data penggunaan metode resitasi dan tes untuk prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan uji hipotesisnya dengan menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan dengan hasil Fhitung sebesar 15,55. Setelah Fhitung diperoleh kemudian dikonsultasikan ke Ftabel sebesar 3,98. Dengan demikian diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 15,55 > 3,98. Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y yang artinya terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam SMA

Supplement Files

Open Access Copyright (c) 2021 Nur Hamida Siregar
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama UIN SYAHADA Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/DI/index


View My Stats

Flag Counter