The Effect of Make a Match Technique on Students’ Reading Comprehension at XI Grade of MAN 1 Padangsidimpuan

Fitriadi Lubis (IAIN Padangsidimpuan)
Sojuangon Rambe (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Annisa Nur Habibi (IAIN Padangsidimpuan)

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Masalah siswa dalam pemahaman bacaan adalah: 1) Sebagian besar siswa masih mendapatkan kelas rendah dengan rata-rata adalah 60. 2) Sebagian besar siswa tidak mengerti teks yang dibaca oleh siswa. Mereka hanya membaca teks tanpa memahami teksnya. 3) Sebagian besar siswa mudah merasa bosan saat mereka belajar tentang teks bahasa Inggris. Selain masalah siswa, teknik guru juga menjadi masalah dalam belajar bahasa Inggris. Guru masih menggunakan pengajaran konvensional dan tidak memiliki variasi dalam pengajaran membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Mereka adalah XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa. Itu diambil setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Data tersebut berasal dari pre-test dan post-test. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus t-test. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen setelah menggunakan teknik Make a Match lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan teknik Make the Match adalah 64,13 dan skor rata-rata setelah menggunakan teknik Make the Match adalah 75,23 dan mengalami kenaikan 11,10. Pengaruh teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa adalah 3.009 dengan jumlah t hitung lebih tinggi daripada t tabel (3.009> 2.000). Itu berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan.


Keywords


Make a Match Technique and Reading Comprehension

Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

Anas, Sudjiono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 1995.

Anita, Lie. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo. 2008.

Arifah and Kusumarasdyati. The Effectiveness of Make a Match Technique for Teaching Writing Descriptive Text to the Seventh Graders of SMP N 1 Karangbinangun Lamongan. Retrived from http://www.ejournal. unesa.ac.id/article/3061/58/article /pdf., on May 24th, 2017 at 05.30 am.

Brown, H. Douglas. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. USA: Prentice Hall.

Deriden, Jhon. Conventional Technique. Retrieved from http://www.britania. com/Ebchecked/topic/421797/nnucler-strategy/52993/conventional-strategy. on December 24th, 2016 at 10.00 p.m.

Dupuis, Mary M. And Linda H. Merchant. Reading Across the Curriculum: A Research Refort for Teachers. Bloominton, Indiana: Edinfo Press. 1993.

Gattegno, Caleb. Teaching Foreign Languages in Schools. New York: Educational Solutions. 1972.

Gay, L. R., and Peter Airasian. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. America: Prentice Hall. 2000.

Grabe, William. Reading in a Second Language. Cambridge: Cambridge University Press. 2009.

Hartono. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004.

Hudson. The Meaning of Conventional Teaching (Online). Retrieved from http://www.conventional-strategy/topic/54372-strategy., on October, 02nd 2016 at 11.30 am.

Hornby, A.S. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. New York: Oxford University Press. 1995.

Ibrahim and Muslimin. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press. 2000.

Istarani. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. 2014.

Miftahul, Huda. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

McIntyre, Ellen Nancy Hulan, and Vicky Layne. Reading Instruction for Diverse Classroom. New York: The Guilford Press. 2011.

Nanang, Hanafiah. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama. 2009.

Nunan, David. Practical English Language Teaching, First Edition. New York: McGraw Hill Inc. 2003.

.. Design Task For the Communicative Classroom. United Kingdom: Cambridge University Press. 1988.

Nuttall, Christine Elizabeth. Teaching Reading Skills in a Foreign Language. London: Heinemann Educational Books. 1982.

Otong Setiawan, Djuharie. Genre, Dilengkapi 700 Soal Uji Pemahaman. Bandung: CV. Yrama Widya. 2007.

. Intensive Reading Bottom-Up Reading. Bandung: CV. Yrama Widya. 2008.

Otto, Wayne. How to Teach Reading. USA: Wesley Publishing Company. 1979.

O’Malley, J. Michael and Lorraine Valdez Pierce. Autentic Assessment for English Language Learners. America: Addision-Wesley Publishing Company. 1996.

Pham, Thihanh. Learners’ and Teachers’ Preference for Classroom Activities. Colchester: Essex University Press. 2005.

Renandya, Richard A. Language Teaching Methodology. Cambridge: Cambridge University. 2006.

Roebl, K.M. Developing Reading Comprehension Skill in EFL University Level Student. Taiwan: St. Jhon’s University. 2003.

Syaiful Bahri, Djamarah. Strategy Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2006.

Suharsimi, Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara. 1990.

Th. M., Sudarwati. and Eudia Grace. Look Ahead Book 2; An English Course for Senior High School Students Year XI. Jakarta: Erlangga. 2007.

Umar, Farooq. The Procedures of Teaching Lecture Technique. Retrieved from http://www.study.lecturenotes.com/social-education/382-lecture-method-of-teaching-definiton-steps-html., on April, 27th 2017 at 09.05 a.m.

Vanderstoep, Scott W. and Deirdre D. Johnston. Research Methods for Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches. San Fransisco: Jossey Bass. 2009.

Wadsworth. Assessment: In Special and Inclusive Education, Eleventh Edition. USA: Cengage Learning Press. 2010.

Weir, Cyrill J. Communicative Language Testing. New York: Prentice Hall. 1990.

Westwood, Peter. Reading and Learning Difficulties: Approach to Teaching and Assessment. Australia: National Library of Australia. 2001.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i1.1166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats