IMPROVING STUDENTS’ WRITING ABILITY IN REPORT TEXT THROUGH CLUSTERING TECHNIQUE AT GRADE XI SMAN 1 SIABU
Abstract
Penelitian ini berbicara tentang peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui teknik clustering pada kelas XI SMAN 1 Siabu, masalah siswa dalam kemampuan menulis adalah siswa tidak memiliki gagasan untuk menulis, siswa tidak dapat mengembangkan gagasan untuk menulis, siswa tidak tertarik untuk menulis bahasa Inggris dan guru bahasa inggris tidak memiliki teknik yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam menulis teks laporan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penulisan laporan teks siswa dengan teknik clustering pada kelas XI SMAN 1 Siabu. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan menerapkan Kemmis dan Mc Taggart yang dirancang yang terdiri dari empat tahap. Itu adalah rencana, tindakan, amati, dan renungkan. Selain itu, untuk mengatasi masalah penulisan teks tulisan, peneliti menerapkan teknik clustering. Peserta penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA3 SMAN 1 Siabu yang terdiri 28 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data adalah mean score dan t-test. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui penerapan teknik clustering. Skor rata-rata siswa menunjukkan peningkatan penulisan teks laporan siswa. Hasil uji pertama pada siklus I adalah 58,92 (25%) dan uji kedua pada siklus II adalah 83,28 (89,28%). Skor rata-rata siklus kedua lebih tinggi dari siklus pertama. Penerapan teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan pada kelas XI IPA 3 SMAN 1 Siabu, artinya hipotesis dapat diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Axelord, Rise B and Charles R. Cooper, Concise Guide to writing, New York : St Martin’s, 2012.
Abd, Salam, Using Clustering Technique to Improve Students Writing of Recount Text at SMPN 2 Tarumajaya, Bekasi, Script UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011. Retrieved from http://repository.uinjkt. ac.id/dspace/bitstream/ 1234 56 789/448/1/ABD%20SALM.FITK.pdf on Monday 31 October 2016, at 16.20 pm.
Burns, Anne., Doing Action Research in English Language Teaching, New York: Routledge, 2010.
Brown, H. Douglas, Language Asessment: principles and Classroom Practice, New York: Pearson Education. Inc…2004.
________________, Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, New Jersey: Prentice Hall, 1994.
College, Skyline, The Writing Process; Prewriting, retrieved from www.skylinecollege.edu/skyenglish/4prewriting.pdf, accessed on 24th Oct 2016.
Damayani, Disadvantages of Clustering Technique, retrieved from https://disadvantages of clustering teachnique.edu.ac.id. accessed at december 10th 2016.
Denzin, Norman K and Yvonnas. Lincoln, A Handbook of Qualitative Research, Translated by Dariyanto and Friends, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Fajriyani, Tita Nurul. Improving Students Writing Ability Through Clustering Technique, Script UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011. retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1721/1/102345TITA%20NURUL%20FAJRIYANI-FITK.pdf on Monday 31 October 2016, at 16.00 pm.
Feradilla, Eramona, and Muhd. Al Hafizh, Using The Clustering Technique in Teaching Writing a Descriftive Text to Junior High School, JELT Vol. 2 No.2 Serie A. March 2104. retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ eramonaferadilla/jelt/issue/view/462/showToc, on Monday 31 October 2016, at 16.25 pm.
Gay, L. R. and Peter Airasian, Educational Research: Comptensies for Analysis and Application, New Jersey: Prentice Hall Inc., 2000.
Hasanah, Riski., Teknik Clustering, retrieved from Https;//cademimia.edu.ac.id. Accessed at December 10th 2016.
Hornby, A.S.,Oxford Learners Pockets Dictionary 4thEdition, New York: Oxford University Press, 2008.
Hughes, Arthur., Testing For Language Teacher, New York: Cambrige University Press, 1990.
Juzwiak, Chris., Stepping Stones: A Guided Approach to Writing Sentences and Paragraph, New York,: Bedford/St. Martin’s, 2012.
Langan, Jhon., Exploring Writing :Sentence and Paragraphs, New York : McGraw- Hill Companies, Inc, 1221.
Lubis, Private Interview to the English Teacher of SMAN 1 siabu, Siabu: SMAN 1 Siabu, 2016.
Nunan, David., Practical English Language Teaching, USA: The Mecraw Hill Companies, 2003.
O’Malley. J.M. & L.V. Pierce. Authentic Assessment For English language Learners, New York: Addison Wesley, 1996.
Oshima, Alice and Ann Hogue, Introduction to Academic Writing, USA: Person Longman, 2007.
Pardiyono, Pasti Bisa Teachning Genre Based Writing., Yogyakarta : Andi Offset, 2007.
Safitri, Santri, Private Interview to the Students of SMAN 1 Siabu. Siabu: SMAN 1 Siabu, 2016.
Setiawan, Otong Djuhari, Genre, Bandung : Yrama Widya, 2007.
Siahaan, Sanggam and Kisno Shinoda, Generic Text Structure, Yogyakarta : Graha 2008.
Surya, Luphani, Report Text, retrieved from http://suryaluphani4. blogspot.co.id/2012/12/report-text.html. Accessed on 24th March 2017.
Tarigan, Guntur, Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1986
Ur, Penny, A Course in Language Teaching, USA : Cambridge University Press, 1991
Yulianto, Puguh, Report Text, retrieved from http://www.englishindo. Com /2012/03/ report-text-penjelasan-contoh.html. Accessed on 24th Oct 2016 at 15.30 pm
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i1.1167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats