IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH NUMBERED HEADS TOGETHER STRATEGY AT GRADE XI SMA N 1 BATANG ANGKOLA

Zainuddin Zainuddin (IAIN Padangsidimpuan)
Sojuangon Rambe ()
Maria Maria ()

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola pada Tahun Akademik 2017/2018 melalui Strategi. Penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah siswa dalam kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui strategi nomor urut di kelas XI SMA N 1 Batang Angkola dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa melalui strategi nomor urut bersama pada kelas XI SMA N 1 Batang Angkola. Penelitian ini dikategorikan menjadi penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat. Hal ini didukung oleh hasil pada siklus 1 yaitu 66,09 (21,74%) dan pada siklus 2 adalah 77,91 (73,91%). Jadi, peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan strategi Numbered Heads Together adalah kategori yang tinggi. Kemudian, beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara melalui strategi bernomor bersama adalah sebagian besar siswa sulit mengucapkan kata-kata, kata-kata siswa sulit untuk membangun kata-kata, siswa sulit untuk mencari kata-kata yang memadai, siswa sulit untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan siswa sulit untuk memahami kata-kata.


Keywords


Kemampuan berbicara dan Strategi Numbered Head Together

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal., PTK untuk Guru SMP, SMA, SMK (Bandung: CV. YramaWidya, 2008.

Brown, H. Douglas., Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy, USA: Prentice Hall Regents, 1994.

, Language Assessment Principles and Classroom Practice, San Francisco State University: 2004.

Bull,Victoria., Oxford Advance Learner’s Dictionary Sixth Edition, (New York: Oxford University Press, 2008.

Burns, Anne., Doing Action Research in English Language Teaching, New York, 2010.

Chaney, A. L and Burke, T. L.,Teaching Oral Communication in Grades K-8, Boston: Allyn & Bacon, 1998.

Denzin, Norman k. & Yvonna S. Lincoln, A Handbook of Qualitative Research, Translated by Dariyanto & Friends, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Faturrahman, Muhammad ., Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Gay, L. R. and Peter Airasian, Educational Research: Competencies for Analysis and Application, (New York: Prentice Hall, 2000.

Hamdani, Strategy Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Harmer, Jeremy.,The Practice of English Language Teaching, London: Longman, 2001.

Hartono, Statistic:untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2004.

Hornby, A. S., Oxford Advance Learners Dictionary (New York: Oxford University Press, 2000.

Hughes,Arthur., Testing for Language Teachers, USA: Cambridge University Press, 1990.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: CV “ISCOM”, 2014.

Mandal, R.R. Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skill. Lady willing Don Institute of Advanced Study in Education, Chennai. InSunday, 15.30.

Neufeldt, Victoria., Webter New Collage Dictionary-3rd, New York: Simon &SchuterIne, 1995.

Nunan, David.,Practical English Language Teaching, New York: McGraw-Hill Companies, 2003.

O’Malley, J.Michael., Authentic Assessment for English Language Learners, USA: Addison-Wesley Publishing Company, 1996.

Richards, Jack. C., curriculum development in language teaching, (New York: Cambridge University Press.

Ridwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan & Penelitian Pemula, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.

Slavin, Robert E., Cooperative Learning Theory, Research, & Practice Second Edition, USA: Library of Congress Catalonging in Publication Data, 1995.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i1.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats