COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING
Abstract
Communicative Language Teaching merupakan pendekatan pembelajaran yang merupakan reaksi terhadap metode-metode sebelumnya yang dianggap tidak komunikatif dalam hal bahan ajar maupun teknik mengajar, terutama GTM dan ALM yang popular pada masa sebelum 1970an. Dua komponen yang dirombak oleh CLT adalah bahan ajar yang diganti menjadi bahasa yang sebenarnya dipakai dalam kehidupan sehari-hari, di samping kegiatan belajar menjadi kegiatan berbahasa yang dilakukan oleh siswa di dalam kelas, sebagai pengganti pengajaran dan pembelajaran tata bahasa pada metode-metode sebelumnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, D. H. Teaching By Principles. Prentice Hall Regents: New Jersey, 1994.
Jarvis, H and S. Atsilarat. Shifting Paradigms: from a Communicative to a Context-Based Approach. Asian EFL Journal, 2006.
Nunan, D. Language Teaching Methodology. Newman: London, 2000.
Nunan, David. Methodology. In David Nunan (Ed). Practical English Language Teaching. McGraw Hill: Singapore, 2003.
Richards, J. and T. Rodgers. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press: Cambridge, 2001.
Richards, J. and W.A. Renandya. Methodology in Language Teaching. Cambridge University Press: Cambridge, 2002.
Richards, Jack. Communicative Language Teaching Today. Cambridge University Press: Cambridge, 2006.
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i2.1180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats