IMPROVING STUDENTS’ READING NARRATIVE TEXT COMPREHENSION THROUGH STORY MAPPING TECHNIQUE AT GRADE VIII MTSN 2 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan teknik Story Mapping di kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Sebagian besar siswa berprestasi rendah dalam membaca pemahaman teks naratif, siswa pasif di kelas, siswa kurang tertarik membaca dan juga kurang motivasi, dan siswa tidak memiliki teknik pembacaan yang sesuai. Masalahnya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Masalah dalam faktor internal adalah kesulitan siswa dalam mengidentifikasi karakter, mengidentifikasi setting, mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi koda, dan mengidentifikasi kosakata dalam konteks. Masalah dalam faktor eksternal adalah motivasi, gangguan, meminta izin, dan tidur di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam membaca pemahaman dan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan Teknik Story Mapping di kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan desain Hopkins yang terdiri dari identifikasi masalah dan melakukan empat tahap. Selain itu, untuk memecahkan masalah membaca, peneliti menerapkan Teknik Story Mapping. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua tes baca dan dua siklus. Partisipan adalah kelas VIII-5 yang terdiri dari 30 siswa dan juga ada kolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan nilai mean perbaikan siswa. Uji pertama pada siklus I adalah 70,33 (43,33%) dan uji kedua pada siklus II adalah 80,83 (86,66%). Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pada siklus kedua lebih tinggi daripada siklus pertama. Kemudian hasil perhitungannya menjadi = 5,58, ttabel dengan df = 29, tingkat signifikasi pada (tt5% = 2,045). Dapat diketahui bahwa hasilnya lebih besar dari tt. Berdasarkan catatan observasi menyatakan bahwa siswa mendapat peningkatan dan siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar membaca pemahaman. Berkaitan dengan hasil wawancara, dapat diketahui bahwa pemahaman bacaan siswa telah membaik. Ini menegaskan bahwa dengan menggunakan Teknik Story Mapping meningkatkan pemahaman teks naratif membaca naratif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijonno, Cooperative Learning teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anderson, Mark and Kathy Anderson, Text Types in English 2, South Yarra: Mcmillan, 2003.
Broughton, Geoffrey, Teaching English as a Foreign Language (Second Edition), USA: Routledge, 1980.
Brown, H. Dounglas, Language Assesment Principles and Classroom Practice, San Francisco: Longman, 2004.
Brown, H. Dounglas, Teaching by Principle: an Interactive approach to language pedagogy, USA: Prentice Hall Regents, 1994.
Brunner, Judy Tilton, I Don’t Get It! Helping Student Understand What They Read, UK: Rowman & Littlefield Publishers, Inc, 2011.
Daniels, Harvey and Marilyan Bizar, Teaching the Best Practice, Portland: Standhouse Publisher, 2015.
Gay and Peter Airasian, Education Research Competencies for Analysis and Application, USA: Prentice Hall, 2000.
Graham, Judith and Alison Kelly, Writing Under Control Third Edition, London: Routledge, ___.
Harmer, Jeremy, The Practice of English Language Teaching (Third Edition Completely Revises and Update), England: Longman, 2003.
Harris, Albert J., How to Increase Reading Ability, New York: David Mckay Company, 1969.
Hartono, Statistik: Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2004.
Holly, Mary Louise, at al., Action Research for Teacher Second Edition, Merrill Prentice Hall:Columbus Ohio, 2005.
Klingner, Janette K. et. al., Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties, US: The Guilford Press, 2007.
Langan, John, Collage Writing Skills with Readings, New York: McGraw-Hill Book Company,___.
Linse, Caroline T. series editor: David Nunan, Practical English Language Teaching: Young Learners, New York: Mc Graw Hill Company, inc, 2005.
Michael O, J., Malley and Lorraine Valdez Pierce, Authentic Assessment For English Language Learners, USA: Addison-Wesley Publishing Company, Inc, 1996.
Mills, Geoffirey E, Action Research A Guide For The Teacher Researcher Second Edition, Ohio:
Nunan, David, Practical English Language Teaching, New York: MC.Grow Hill, 2003.
Otong Setiawan Djuharie, Tekhnik dan Panduan Menulis Melalui Eksplorasi Model dan Latihan Book 3 Essay Writing, Bandung: Yrama Widya, 2009.
Rangkuti, Ahmad Nizar, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan, Bandung: Citapustaka Media, 2014.
Ridwan, Belajar MudahPenelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.
Siahaan, Sanggam and Kisno Shinoda, General Text Structure, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
Tankersley, Karen, The Threads of Reading; Strategies for Literacy Development, USA: ASCD, 2003.
Tarigan, Henry Guntur, Membaca Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa, Bandung: Agkasa, 2005.
Tonal, Daniel R., Action Research for Educator second edition, New York: Rowman & Littlefield Publishers, 2010. Wayne Otto, et. al., How to Teaching Reading, Philippines: Addison-Wesley Publishing Company, 1979.
Weir, Cryril J. Communicative Language Testing, UK: Printice Hall, 1990.
Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media Group, 2011.
Zainal Aqib, et. al., PTK untuk Guru SMP, SMA, SMK, Bandung: CV. Yrama Widya, 2008.
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i2.1184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats