IMPROVING STUDENT’S WRITING ABILITY IN REPORT TEXT THROUGH CLUSTERING TECHNIQUE AT GRADE XI SMAN 1 SIABU
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui teknik clustering di kelas XI SMAN 1 Siabu, masalah siswa dalam kemampuan menulis adalah siswa tidak memiliki ide untuk menulis, siswa tidak dapat mengembangkan ide untuk menulis, siswa tidak tertarik menulis bahasa Inggris dan guru bahasa Inggris tidak memiliki teknik yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian siswa dalam menulis teks laporan dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siswa menulis teks laporan dengan menggunakan teknik clustering pada siswa kelas XI SMAN 1 Siabu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan mengimplementasikan desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah. Itu adalah rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu, untuk menyelesaikan masalah penulisan teks laporan, peneliti menerapkan teknik clustering. Partisipan dari penelitian ini adalah semua siswa di kelas XI IPA3 SMAN 1 Siabu yang terdiri dari 28 siswa '. Instrumen pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data adalah skor rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui teknik clustering implementasi. Skor rata-rata siswa menunjukkan peningkatan dari siswa yang menulis teks laporan. Hasil tes pertama pada siklus pertama adalah 58,92 (25%) dan tes kedua pada siklus kedua adalah 83,28 (89,28%). Skor rata-rata dari siklus kedua lebih tinggi dari siklus pertama. Penerapan teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Siabu, artinya hipotesis dapat diterima.
Full Text:
PDFReferences
Curriculum SMANegeri 1 Siabu
Miss YusriAnnur, S.Pd, Private Interview to the English Teacher of SMAN 1 siabu.( Siabu: SMAN 1,September 02th, 2016 on 10 pm )
Syllabus SMA Negeri 1 Siabu
SantriSafitri, Private Interview to the Students of SMAN 1 Siabu.( Siabu: SMAN 1,September 02th, 2016 on 09 pm )
David Nunan, Practical English Language Teaching,USA: The Mecraw Hill Companies, 2003
J. M. O’Malley & L.V. Pierce, Authentic Assessment For English language Learners, USA: Addison Wasley Publishing Company : 1996
Pardiyono, PastiBisaTeachning Genre Based Writing, Yogyakarta :Andi Offset, 2007
Surya Luphani, Report Text, retrieved from http://suryaluphani4.blogspot.co.id/2012/12/report-text.html. Accessed on 24th March 2017
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v6i2.1269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats