PHONETICS AND PHONOLOGY IN TEACHING ENGLISH AS THE THEORY OF LANGUAGE PRODUCTION
Abstract
Tulisan ini bertujuan memberikan ide untuk pengajaran bahasa inggris saat ini. Bahasa itu unik merujuk pada teks dan konteks. Keduanya tidak dapat dipisahkan untuk memahami dan memproduksi makna. Tidak ada satu bahasa lebih bak dengan yang lainnya. Setiap bahasa lebih baik dan terbaik serta unik merujuk pada penerapannya dalam teks dan konteks sebagai produksi manusia. Pengajaran bahasa inggris saat ini umumnya adalah sebagai produksi bahasa secara internasional. Produksi bahasa adalah proses penyampaian makna atau pengalaman dlam bahasa lisan atau tulisan. Proses produksi bahasa dalam kajian ini fokus pada produksi bahasa lisan. Seorang anak dan keluarga terdekat butuh waktu, sifat kesabaran dan optmis selalu. Karena itulah kita perlu teori dari produksi bahasa yakni fonetik dan fonologi. Fonetik adalah kajian bunyi dan simbol. Fonologi adalah kajian bunyi dan makna berbentuk bahasa. Dalam pengajarannya saat ini, bahasa inggris telah dibagi menjadi tiga lingkaran, (1) lingkran inner-bahasa ibu, (2) lingkaran outer-pengguna kedua, dan (3) lingkaran exanding-pengguna asing. Ketiganya harus distandarisasi untuk pengajaran dengan simbol fonetik internasional (IPA) dan pengucpan yang diterima (RP).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chomsky, N. & Halle, M. 1968. The Sound Pattern of English. New York: Harper And Row.
Cippolone N., Keiser S. H. And Vasishth S. 2006. Language Files. Colombus: Ohio State University Press.
Cruttenden, A. 1994. Ginson’s Pronunciation Of English. (5th Ed). Revised And Edited Version Of A. C. Gimson’s Original Book. London: Edward Arnold.
Dictionary. Cambridge.Org. 2004. Cambridge Learner’s Dictionary. London: Cambridge University Press.
Gimson, A. C. 1964. Phonetics Change And RP Vowel System. In D. Abercrombie At All. 1964,Pp.7-4
Gleason, J. B. & Ratner, N.B 2005. Psycholinguistics. United States of America: Hartcourt Brace College Publisher
Halliday, M. A. K. 1964. An Introduction To Functional Grammar (Second Edition). London: Edward Arnold.
----------------------2003. on Language And Lingustics. London: Continum (Edited By Jonathan J. Webster).
----------------------2003. on Grammar. London: Continum (Edited By Jonathan J. Webster).
Hamka, 2011. An Introduction To Semantics, Pragmatics And Discourse Analysis (Unpublished Handouts). Padangsismpuan: STAIN Padangsidimpuan
---------------------,2011, English Phonetics And Phonology: How & Why We Speak The Way We Do (Unpublished Handouts). Padangsidimpuan: STAIN Padangsidimpuan.
Harmer, J. 2003. The Practice of English Language Teaching. Third Edition. Cambridge: Longman
Kachru, B, 1985. Standars, Condification And Sociolinguistic Realism: The English Language In The Outer Circle. In Quirk And Widdowson, 1985. English In The World. Teaching And Learning The Language And Literatures. Cambridge: Cambridge University Pressin Association With The British Council (Eds)
Martin J. R. 1992. English Text: System And Structure. Amsterdam: Jhon Benjamins Publishing Company
O’grady W., & Dobrovolsky M. 2000, Contemporary Linguistics Analysis. Toronto: Coop Clark Ltd.
Roach P. 2000. English Phonetics And Phonology. Third Edition. Cambridge: Cambridge University Press.
Saragih A. 2006. Bahasa Dalam Konteks Sosial. Medan: Pps Unimed
-----------------. 2008. Teaching Today To Face The Challenges of Tomorrow: Journal of Applied Linguistics. Medan: Post Graduated Program of UNIMED
Setiyadi, A. G. 2006. Teaching English As A Foreign Language. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v4i02.1293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats