STUDENTS’ COMPREHENSION IN READING EXPOSITORY TEXT AT THE FOURTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STAIN PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif terkait dengan kemampuan membaca teks ekspository mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris semester IV STAIN Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan mahasiswa yang dijadikan sebagai sample pada penelitian ini dalam memahami teks eksipotori tergolong cukup rendah yakni 58.6 %. Kemudian peneliti juga menemukan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata yang sulit karena rendahnya kemampuan pemahaman kosa kata bahasa Inggris mahasiswa, dalam mengenali jenis teks, dan menganalisa isi teks. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara keapda dosen reading comprehension, dan mendapatkan bahwa tidak ada pembahasan khusus terkait dengan ekspositori tersebut, namun terdapat satu topic pembahasan tentang genre. Namun penelititetap menyimpulkan bahwa mahasiswa masih memiliki kemampuan yang rendah dalam memahami teks, sehingga disarankan agar dosen reading comprehension memperhatikan dan dapat meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
REFERENCES
Abdurrahman Fathoni, Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Amirul Hadi & Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Ali Abdallah Yousuf, The Glorious Qur’an, Beirut: Dar El-Fikri, 2009.
Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Cholid Narbuko, Metodologi penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.
Gerot, Linda & Peter Wignell, Making Sense of Functional Grammar, Australia: Gerd Stabler, 1994.
Henry Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahsa, Bandung: Agkasa, 2005.
Harris, Karen R. & Steve Graham, Teaching Reading Comprehension to Student with Learning Difficulties, New York: THE BUILFORD PRESS, 2007.
Hedgcock, John. S & Dana. R Ferris, Teaching Readers of English, New York: Routledge, 2009.
Hornby, A. S, Oxford Advanced Learner’s Dictionary, New York: Oxford University Press, 2000.
Mahsun, Metode Penelitian Bahasa, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.
Moleong Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
M S, Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal,. Jakarta: Bumi Aksara, 1989.
Moh Nasir, Metode penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.
Nasution S, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Nunan, David, Practical English Language Teaching, New York: Mc Graw Hill, 2003.
Otong Setiawan Djuharie, Genre Dilengkapi 700 Soal Uji Pemahaman, Bandung: CV. Yrama Widya, 2007.
Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York, Oxford University Press, 1983.
Ray, L.G. & Pater Airaison, Education Research (Competence for Analysis & Application), USA: Prentice Hall, 2000.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitioan untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: ALFABETA, 2004.
Sanggam Siahaan & Kisno Shinoda, Generic Text Structure, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
Snow, Catherine, Reading for Understanding, USA: RAND, 2002.
Suharsismi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v1i2.24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats