Pengaplikasian Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Putri Kurnia Wati (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Rismawati Sipahutar (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah, yang menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sinunukan dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas VIII-A. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Problem Based Learning (PBL) yang dilengkapi dengan bantuan media audiovisual, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa secara signifikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes uraian yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dibantu dengan media audiovisual mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII yang belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audiovisual mengalami peningkatan yang lebih signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional.

Keywords


Problem-Based Learning, Media Audiovisual, Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2021). Efektivitas problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa selas V dalam pembelajaran matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.164

Abdurrahman, A., & Sari, D. P. (2021). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 250-260.

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic literature review: efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.

https://doi.org/10.51677/ijipublication.v1i3.117

Alfi, R., & Nanda, M. (2023). Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 40-48.

Ali, R., & Idris, A. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Konvensional dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika, 8(1), 75-82.

Alim, M. (2023). Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Audiovisual. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 33-44.

Amelia, S. (2021). Penerapan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 42-50.

Anggita, R., & Lestari, P. (2022). Optimalisasi Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Sains dan Pendidikan, 14(2), 124-128.

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Anggun, T., & Rizky, F. (2022). Keterampilan Berpikir Matematis Siswa melalui Model PBL dengan Media Audiovisual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 50-58.

Anwar, A., & Rachmawati, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 15-23.

Arief, F., & Nabila, R. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Riset Pendidikan, 11(3), 240-210.

Azalia, S., & Dewi, K. (2021). Efektivitas Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 100-108.

Azmi, M., & Novita, L. (2022). Model Problem-Based Learning Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 100-110.

Budi, W., & Indriani, Y. (2022). Model Pembelajaran PBL dan Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 160-170.

Cahyani, D. R., & Setiawan, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Matematika Melalui Media Audiovisual di Kelas VIII. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 10-24.

Dewi, N. P., & Rahman, A. (2021). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 88-95.

Dhiwangkara, Y., & Purwanto, E. (2021). Analisis Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Matematika, 5(3), 45-52.

Dwi, A., & Khairunnisa, I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Sains, 12(1), 55-63.

Ekawati, F., Sari, D. P., & Rahmawati, A. (2021). Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29-37.

Ekawati, N., Dantes, N., & Marhaeni, A. (2021). Pengaruh model project based learning berbasis 4C terhadap kemandirian belajar dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD gugus III kecamatan kediri kabupaten tabanan. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51.

Fajar, S., & Hidayah, N. (2022). Implementasi Model PBL dalam Pembelajaran Matematika: Studi Kasus di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Sains, 9(2), 30-37.

Farah, N., & Hasyim, A. (2023). Strategi Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan, 14(1), 55-62.

Fitria, A., & Putri, D. (2021). Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 10(2), 70-78.

Fitriana, R., & Kurniawan, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(1), 75-83.

Gita, P. A., & Sari, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran, 13(2), 124-130.

Hakim, F., Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2022). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTsN 04 KBB menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2), 435–444.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.22438

Hamzah, R., & Rizki, A. (2023). Peran Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 87-94.

Hariri, S. A., & Djatmiko, S. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Audiovisual: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 250-258.

Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap prestasi belajar IPS SMP taruna kedung adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43.

Hendra, A., & Tika, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 88-95.

Hidayat, A. (2418). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP negeri 1 rumbio jaya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 23–40. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.30

Hidayati, N., & Siti, N. (2021). Keterampilan Komunikasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan, 5(2), 40-48.

Indah, A., & Fadila, R. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas VIII SMP. Jurnal Riset Pendidikan, 8(1), 70-80.

Indratno, S., & Budiarti, L. (2021). Model Problem-Based Learning dan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Sains dan Pendidikan, 10(1), 101-109.

Irwan, B., & Astuti, P. (2023). Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 33-40.

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model problem based learning berbantuan media video siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Karya Pendidikan Dasar, 7(1), 63–73. https://doi.org/https://doi.org/10.24961/jpd.v7i1.29002

Janah, S., Nugroho, A. B., & Mardiana, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 105-116.

Jannah, U., & Maulida, F. (2022). Evaluasi Model PBL dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 140-150.

Juhairiah, J. (2023). Meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) melalui workshop intern sekolah di SDN karang bayat 01 sumber baru. Jurnal Simki Postgraduate, 2(3), 190–240.

Juhairiah, S. (2023). Evaluasi Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran PBL di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 45-55.

Jusmiana, A., & Herianto, H. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di era pandemi covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400

Jusmiana, N., & Herianto, R. (2022). Efektivitas Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika: Studi Kasus di Kelas VIII. Jurnal Sains dan Pendidikan Matematika, 7(3), 99-108.

Kania, S., & Rina, D. (2022). Pengaruh Model PBL dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Sains, 13(2), 75-83.

Kharisma, A., & Winda, M. (2023). Analisis Model PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 80-90.

Kurniawan, F., & Yulia, R. (2023). Penerapan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 14(1), 22-31.

Lestari, P., & Hidayah, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model PBL Berbasis Media Audiovisual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 88-96.

Livia, R., & Amalia, S. (2023). Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 90-98.

Madhavia, A., Murni, M., & Saragih, R. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan, 9(1), 42-50.

Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-A SMP kabupaten kuantan singingi. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1439–1445. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92–102. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.508

Mardiana, H., & Wulandari, N. (2022). Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(3), 75-84.

Maulida, A., & Firdaus, M. (2021). Penggunaan Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Pengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 33-40.

Meilan, R., & Lestari, E. (2022). Model Pembelajaran PBL untuk Masilitas Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 60-68.

Meita, R., & Taufiq, R. (2022). Pengaruh Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 7(3), 88-95.

Miftah, N., & Sulistyo, H. (2022). Keterampilan Berpikir Matematis Siswa melalui Pembelajaran Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3), 90-98.

Muliadi, A., & Rini, F. (2021). Perbandingan Model PBL dan Konvensional dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 40-48.

Murtini, S., & Asriani, D. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 14(1), 78-85.

Nasywa, N., & Asnani, I. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(2), 101-110.

Novita, L., & Ambarwati, R. (2023). Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan, 14(1), 12-24.

Novitasari, R., Anggraito, Y. U., & Ngabekti, S. (2019). Efektivitas model problem based learning berbantuan media audio-visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 4(3), 298–303. https://doi.org/https://doi.org/10.16294/jbe.v4i3.9583

Nuraeni, R., & Sari, P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Problem-Based Learning dan Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan dan Sains, 10(2), 44-52.

Nursahid, A., & Intan, D. (2022). Keterampilan Komunikasi Matematis melalui Model PBL di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 42-50.

Prabowo, A., & Sari, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 11(2), 55-63.

Prasetyo, E., & Kristin, D. (2022). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 241-210.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 247–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1457

Putri, Y., & Haris, S. (2022). Penerapan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 45-54.

Rachman, A., & Nurasih, L. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Sains, 10(1), 90-98.

Rahardjo, B., & Lutfiah, S. (2022). Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 30-37.

Rahayu, I., & Azmi, A. (2021). Pengaruh Model PBL terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 60-68.

Rahma, S., & Fajar, A. (2023). Keterampilan Komunikasi Matematis melalui Media Audiovisual di Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 78-86.

Ramadhan, E., & Suci, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(2), 44-52.

Rani, D., & Safira, F. (2021). Penerapan Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 90-98.

Rani, M., & Tari, N. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Audiovisual. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 90-98.

Riani, D., & Wulandari, A. (2022). Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 33-40.

Rina, R., & Salim, A. (2021). Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Siswa melalui Pembelajaran PBL dengan Media Audiovisual. Jurnal Penelitian Matematika, 8(2), 60-68.

Risa, P., & Nugroho, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 150-158.

Rizal, D., & Risa, F. (2022). Keterampilan Berpikir Matematis Siswa melalui Model PBL dengan Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 45-53.

Rizki, A., & Utami, P. (2022). Penerapan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 50-58.

Rizky, M., & Pratiwi, S. (2022). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 25-32.

Rudi, P., & Sari, I. (2023). Model PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 50-60.

Salsabila, M., & Elida, A. (2021). Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 80-88.

Sari, D. P., & Waluyo, A. (2023). Efektivitas Model PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan, 14(1), 80-88.

Sari, E., & Hidayati, N. (2022). Model Pembelajaran PBL Berbasis Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan, 11(2), 55-63.

Sari, N., & Cahyani, D. R. (2021). Model Problem-Based Learning dan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 110-118.

Setiawan, E., & Mufid, A. (2022). Analisis Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 12-24.

Setyowati, R., & Siti, N. (2021). Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 55-63.

Shinta, S., & Nur, I. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 40-48.

Siagian, M. D. (2019). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sinaga, A. K., & Manik, S. (2021). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 6(1), 24-29.

Sinaga, R. S., & Manik, S. C. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP negeri 2 salapian kabupaten langkat tahun pelajaran 2418/2021. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1), 53–

Siti, R., & Farhan, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 15-22.

Siti, Y., & Nasution, M. (2023). Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 14(2), 100-110.

Suci, L., & Bayu, H. (2023). Pengembangan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Riset Pendidikan, 13(1), 24-28.

Sudirman, A., & Firdausi, F. (2021). Keterampilan Komunikasi Matematis melalui Model PBL dan Media Audiovisual di Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 60-70.

Sukmawati, R., & Yanti, L. (2021). Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Sains, 10(1), 70-78.

Sundari, E., & Fauzi, M. (2022). Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika: Pengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 11(2), 90-100.

Syamsir, N. F., & Noviarni. (2418). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis : pengembangan lembar kerja siswa berbasis probing-prompting untuk siswa sekolah menengah pertama. Journal Mathematics Learning, 1(2), 171–182.

Taufiq, H., & Yuniar, R. (2022). Penggunaan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 75-85.

Tika, A., & Nurdiana, I. (2022). Strategi Pembelajaran Problem-Based Learning dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Sains, 9(2), 124-130.

Utami, R., & Anisa, F. (2023). Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 60-70.

Wahyu, H., & Lestari, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan, 8(1), 45-52.

Widiastuti, D., & Rosyidah, E. (2023). Analisis Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 50-59.

Widodo, S., & Fika, A. (2021). Analisis Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan dan Sains, 9(1), 35-43.

Widya, S., & Wulansari, E. (2021). Peran Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 34-42.

Wira, A., & Rini, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Sains, 14(1), 30-38.

Wulandari, D., & Eka, P. (2022). Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 100-110.

Wullandari, A., Setiawan, B., & Arifin, Z. (2021). Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika: Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 78-85.

Wullandari, P., Jaya, W. S., & Noviyana, H. (2021). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament berbantu media audio-visual terhadap komunikasi matematika siswa kelas VIII semester ganjil SMP negeri 22 pesawaran tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 1–11. https://doi.org/https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/matematika/article/view/ 46

Yampap, A., & Hasyda, F. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematis di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 22-31.

Yampap, U., & Hasyda, S. (2023). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 437–443. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.853

Yani, N., & Huda, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1), 22-30.

Yanti, A. H. (2417). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–149. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal

Yanti, R. N., Suyanto, & Abdurrahman, A. (2021). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 150-158.

Yanti, Yusran, S., & Ino, L. (2021). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni tari tradisional lumense kelas VIII SMP negeri 16 poleang tengah. Pembelajaran Seni Dan Budaya, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.33772/jpsb.v4i2.7822

Yanuar, D., & Amalia, R. (2023). Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 23-30.

Yuliani, A. (2019). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik pada mahasiswa melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Infinity Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.66.

Yuniar, L., & Maulida, N. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Sains, 10(2), 45-52.

Zahrina, D., & Laila, M. (2021). Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 78-85.

Zainal, H., & Nurul, Q. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 55-64.

Zaki, M., & Linda, T. (2023). Efektivitas Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 10-18.

Zaki, R., & Qomariyah, I. (2022). Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Media Audiovisual dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan, 10(1), 50-58




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.13009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Kurnia Wati, Rismawati Sipahutar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0