Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Statistika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhamid, T., & Anufi, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. 1–20.
Abdurrahman, A., & Mardiana, F. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 56-64.
Aini, R., & Rahma, T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 16(1), 19-27.
Aldi, R., & Tia, S. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 45-52.
Alfiani, F., & Haryanto, E. (2020). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 14(1), 52-59.
Alhamid, M., & Anufi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115-125.
Amira, F., & Dika, R. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(4), 29-36.
Arsyad, S., & Sihombing, S. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 60-70.
Azhar, S., & Luthfi, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 20-28.
Bagus, Y., & Pratiwi, R. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PBL untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 85-92.
Bintari, R., & Aisyah, I. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Metode PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 75-84.
Budi, S., & Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 38-45.
Budiarto, D., & Nurdiana, S. (2020). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 74-80.
Cahyadi, R., & Dian, T. (2023). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 12(1), 55-62.
Chasanah, U., & Alvi, S. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 13(4), 92-99.
Cinta, D., & Hani, R. (2021). Pengembangan Pemahaman Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(4), 66-73.
Citra, L., & Nurdiana, S. (2021). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 30-38.
Dani, R., & Dwi, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 95-102.
Danial, Azmy, N., Syarifuddin, & Fitriani. (2022). Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika Terhadap Pembelajaran Matematika. 1(1), 15–19.
Darmawan, I., & Hidayati, N. (2023). Implementasi Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 19(2), 31-39.
Dhiya, N., & Wida, S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(3), 83-90.
Ekaputra, R., & Dewi, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Statistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 50-58.
Elina, S., & Wati, N. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 41-48.
Elvira, R., & Hidayah, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 70-78.
Farah, D., & Ika, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(4), 61-68.
Farhan, A., & Nisa, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(3), 76-84.
Fatmawati, Y., Pramesti, C., Suryanti;, & Sari, A. S. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick pada Siswa SMK. 26.
Fira, M., & Andi, S. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 11(1), 41-48.
Fitriana, A., & Anggraini, S. (2023). Pengaruh Penerapan Metode PBL terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan, 9(2), 101-109.
Galih, Y., & Lestari, A. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(3), 75-82.
Ginting, E., & Saputra, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 14(3), 80-87.
Gita, R., & Diki, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 50-57.
Gita, S., & Rani, D. (2023). Pengaruh Metode PBL terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 12(2), 88-95.
Hani, D., & Laila, S. (2020). Penerapan Model PBL untuk Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 66-73.
Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1264
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/ aksara.7.2.327-338.2021
Hesti, S., & Aditya, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 47-54.
Hidayati, L., & Yusuf, A. (2022). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 12(2), 40-48.
Hidayati, W. S., Pamiluwati, & Nurwiani. (2021). Deskripsi Kemampuan Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori John Dewey pada Penerapan Pendekatan PMRI. September, 179–186.
Hikmah, A., & Rizki, M. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 73-80.
Husna, N. R., Veronica, R. B., & Kurniasih, A. W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Problem Based Learning ( PBL ) Berdasarkan Self Regulation Siswa. 2, 556–562.
Husna, R., Zainal, M., & Rahman, A. (2019). Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 67-75.
Ilmiah. 1(1), 53–61.
Indah, A., & Hasan, R. (2022). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 13(3), 55-62.
Indrawati, S., & Riza, R. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 66-74.
Irawan, D., & Wahyu, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Matematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 38-47.
Irfan, A., & Nisa, P. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 39-46.
Irma, A., & Raka, D. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Metode PBL untuk Meningkatkan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(4), 24-32.
Jannah, U., & Hamzah, M. (2023). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 10(1), 88-96.
Jaya, D., & Sari, N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 65-72.
Jihan, N., & Ria, A. (2022). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(4), 62-69.
Joko, N., & Puri, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 44-51.
Julianto, A., & Susanti, M. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 13(1), 99-108.
Kalis, R., & Fajar, A. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 30-37.
Kamila, R., & Budi, R. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 65-72.
Khaerunnisa, A., & Suryani, D. (2020). Analisis Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(4), 100-107.
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1980). Problem Solving in Mathematics: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.
Kurniawan, I., & Nugroho, H. (2021). Problem Based Learning dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 89-95.
Larasati, F., & Wibowo, B. (2022). Efektivitas Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(3), 45-53.
Lestari, H., & Arif, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(4), 89-96.
Lestari, N., & Arjuna, F. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(2), 54-61.
Lestari, R., & Hasanah, U. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(3), 110-118.
Linda, A., & Faisal, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 39-46.
Mardiah, S., & Indri, P. (2023). Pembelajaran Matematika dengan Metode PBL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 15(1), 52-59.
Mardiana, E., & Sari, I. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 29-38.
Mela, R., & Vina, S. (2021). Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dengan Model PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(2), 28-36.
Mustika, N., & Trisna, A. (2021). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 90-97.
Mutiara, H., & Bunga, D. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 32-39.
Mz, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. 4(1), 95–105.
Nirmala, D., & Tia, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 77-84.
Novi, R., & Tono, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 15(4), 75-82.
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Nugroho, A., & Hartono, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori dan Praktek Pendidikan, 4(3), 112-119.
Nur, L., & Rani, A. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(3), 88-95.
Nurjanah, D., & Sari, Y. (2023). Implementasi Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(2), 60-68.
Ocha, M., & Rani, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(3), 19-26.
Oka, H., & Rika, D. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 13(3), 64-71.
Oki, F., & Sari, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Statistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 19-26.
Oktavia, R., & Hartono, H. (2020). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 80-88.
Prabowo, S., & Rahmawati, N. (2022). Pengaruh Metode PBL terhadap Keterampilan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 11(2), 72-79.
Puji, M., & Riza, K. (2021). Strategi Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(4), 78-85.
Putra, B., & Sari, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(1), 55-63.
Putri, H., & Nuri, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 40-48.
Putri, R., & Yani, A. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 64-71.
Qori, D., & Dhea, N. (2022). Penggunaan Metode PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(2), 54-62.
Qory, S., & Wulan, D. (2023). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 90-98.
Qudrat, M., & Laili, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 15(3), 53-61.
Rachmawati, L., & Rini, S. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 17(2), 35-42.
Rahmadani, R., & Salwa, S. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(3), 90-98.
Rahman, F., & Subandi, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(2), 145-152.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. 09(2), 175–187.
Rani, I., & Sari, A. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(1), 47-55.
Rini, D., & Kiki, A. (2020). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 20-27.
Sari, D., & Nasution, R. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 5(1), 23-30.
Sari, F., & Rani, A. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(3), 87-94.
Sari, N., & Dani, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(4), 70-77.
Setiawan, E., & Lestari, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 145-153.
Setiawati, D., Agus Setiawan, Choirudin, C., & Muniri, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 183–190. https://doi. org/10.61650/dpjpm.v1i2.67
Sinaga, M. E., Destiniar, & Fuadiah, N. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika. 4(2019), 5373–5379.
Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. 1(2), 235–248. https://doi. org/10.31980/plusminus.v1i2.1259
Siti, A., & Rudi, M. (2023). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 55-62.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Suriani, L., Rahmi, A., & Firdaus, M. (2023). Metode Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Metode Penelitian, 12(1), 25-35.
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian
Susanto, H., & Jailani, J. (2023). Analisis Triangulasi Sumber dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 45-60.
Syafira, R., & Zulfa, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 78-85.
Tania, I., & Dani, H. (2022). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(1), 28-35.
Tanjung, F., & Asri, N. (2020). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(4), 67-75.
Tika, A., & Riani, F. (2022). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 67-74.
Tika, N., & Ilham, D. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(3), 61-68.
Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. 14(2), 375–383. https://doi.org/10.29333/ iejme/5721.
Ulfah, S., & Kurniawan, D. (2023). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 39-46.
Ulya, R., & Puspita, D. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 12(1), 32-40.
Umi, K., & Rizki, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(4), 55-62.
Umi, S., & Alif, R. (2022). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan PBL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 39-46.
Vina, A., & Agustin, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 15(2), 48-55.
Vina, D., & Indah, R. (2020). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 78-85.
Vina, R., & Adi, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(4), 87-94.
Vira, S., & Alfi, R. (2021). Penerapan Model PBL untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(4), 85-93.
Wahyuni, I., & Fitri, N. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 13(4), 40-48.
Widia, S., & Fitria, H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 38-45.
Widiastuti, A., & Purwanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 150-157.
Wijaya, Y., & Fitria, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 89-95.
Wina, A., & Damar, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 50-58.
Wulandari, S., & Fadli, R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Statistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 100-107.
Xena, D., & Farhan, A. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 16(2), 25-33.
Xenia, A., & Dini, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 90-97.
Xenia, F., & Nadia, R. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 13(1), 60-67.
Yanti, A., & Lila, R. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 15(2), 20-28.
Yuli, R., & Ika, P. (2022). Pengaruh Metode PBL terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 55-62.
Yulianti, D., & Pratiwi, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 82-89.
Yuni, R., & Rini, A. (2023). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 40-47.
Yusri, E., & Nasution, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(4), 50-58.
Zainab, R., & Arif, M. (2023). Pembelajaran Matematika dengan Metode PBL. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 73-80.
Zainal, M., & Fitrah, L. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 72-80.
Zaki, A., & Hani, D. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(4), 72-80.
Zina, N., & Taufik, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Model PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(3), 72-79.
DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.13011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fahrul Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id
Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0