Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Statistika

Fahrul Rozi (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan model Krulik dan Rudnick pada materi Statistika, dengan memperhatikan kemampuan awal yang tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak enam siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dari kelas VIII SMP Negeri 1 Natal. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan wawancara. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal tinggi (KAT-1 dan KAT-2), sedang (KAS-1 dan KAS-2), dan rendah (KAR-1 dan KAR-2) mampu memenuhi indikator langkah-langkah Krulik dan Rudnick melalui wawancara. Namun, subjek dengan kemampuan rendah (KAR-1) tidak dapat memenuhi semua indikator melalui tes tertulis, sedangkan subjek lainnya mampu memenuhi indikator tersebut.

Keywords


Kemampuan, Problem Based Learning, Materi Statistika

Full Text:

PDF

References


Alhamid, T., & Anufi, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. 1–20.

Abdurrahman, A., & Mardiana, F. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 56-64.

Aini, R., & Rahma, T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 16(1), 19-27.

Aldi, R., & Tia, S. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 45-52.

Alfiani, F., & Haryanto, E. (2020). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 14(1), 52-59.

Alhamid, M., & Anufi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115-125.

Amira, F., & Dika, R. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(4), 29-36.

Arsyad, S., & Sihombing, S. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 60-70.

Azhar, S., & Luthfi, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 20-28.

Bagus, Y., & Pratiwi, R. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PBL untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 85-92.

Bintari, R., & Aisyah, I. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Metode PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 75-84.

Budi, S., & Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 38-45.

Budiarto, D., & Nurdiana, S. (2020). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 74-80.

Cahyadi, R., & Dian, T. (2023). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 12(1), 55-62.

Chasanah, U., & Alvi, S. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 13(4), 92-99.

Cinta, D., & Hani, R. (2021). Pengembangan Pemahaman Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(4), 66-73.

Citra, L., & Nurdiana, S. (2021). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 30-38.

Dani, R., & Dwi, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 95-102.

Danial, Azmy, N., Syarifuddin, & Fitriani. (2022). Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika Terhadap Pembelajaran Matematika. 1(1), 15–19.

Darmawan, I., & Hidayati, N. (2023). Implementasi Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 19(2), 31-39.

Dhiya, N., & Wida, S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(3), 83-90.

Ekaputra, R., & Dewi, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Statistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 50-58.

Elina, S., & Wati, N. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 41-48.

Elvira, R., & Hidayah, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 70-78.

Farah, D., & Ika, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(4), 61-68.

Farhan, A., & Nisa, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(3), 76-84.

Fatmawati, Y., Pramesti, C., Suryanti;, & Sari, A. S. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick pada Siswa SMK. 26.

Fira, M., & Andi, S. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 11(1), 41-48.

Fitriana, A., & Anggraini, S. (2023). Pengaruh Penerapan Metode PBL terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan, 9(2), 101-109.

Galih, Y., & Lestari, A. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(3), 75-82.

Ginting, E., & Saputra, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 14(3), 80-87.

Gita, R., & Diki, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 50-57.

Gita, S., & Rani, D. (2023). Pengaruh Metode PBL terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 12(2), 88-95.

Hani, D., & Laila, S. (2020). Penerapan Model PBL untuk Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 66-73.

Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1264

Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/ aksara.7.2.327-338.2021

Hesti, S., & Aditya, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 47-54.

Hidayati, L., & Yusuf, A. (2022). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 12(2), 40-48.

Hidayati, W. S., Pamiluwati, & Nurwiani. (2021). Deskripsi Kemampuan Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori John Dewey pada Penerapan Pendekatan PMRI. September, 179–186.

Hikmah, A., & Rizki, M. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 73-80.

Husna, N. R., Veronica, R. B., & Kurniasih, A. W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Problem Based Learning ( PBL ) Berdasarkan Self Regulation Siswa. 2, 556–562.

Husna, R., Zainal, M., & Rahman, A. (2019). Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 67-75.

Ilmiah. 1(1), 53–61.

Indah, A., & Hasan, R. (2022). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 13(3), 55-62.

Indrawati, S., & Riza, R. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 66-74.

Irawan, D., & Wahyu, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Matematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 38-47.

Irfan, A., & Nisa, P. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 39-46.

Irma, A., & Raka, D. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Metode PBL untuk Meningkatkan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(4), 24-32.

Jannah, U., & Hamzah, M. (2023). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 10(1), 88-96.

Jaya, D., & Sari, N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 65-72.

Jihan, N., & Ria, A. (2022). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(4), 62-69.

Joko, N., & Puri, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 44-51.

Julianto, A., & Susanti, M. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 13(1), 99-108.

Kalis, R., & Fajar, A. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 30-37.

Kamila, R., & Budi, R. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 65-72.

Khaerunnisa, A., & Suryani, D. (2020). Analisis Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(4), 100-107.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1980). Problem Solving in Mathematics: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.

Kurniawan, I., & Nugroho, H. (2021). Problem Based Learning dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 89-95.

Larasati, F., & Wibowo, B. (2022). Efektivitas Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(3), 45-53.

Lestari, H., & Arif, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(4), 89-96.

Lestari, N., & Arjuna, F. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(2), 54-61.

Lestari, R., & Hasanah, U. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(3), 110-118.

Linda, A., & Faisal, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 39-46.

Mardiah, S., & Indri, P. (2023). Pembelajaran Matematika dengan Metode PBL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 15(1), 52-59.

Mardiana, E., & Sari, I. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 29-38.

Mela, R., & Vina, S. (2021). Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dengan Model PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(2), 28-36.

Mustika, N., & Trisna, A. (2021). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 90-97.

Mutiara, H., & Bunga, D. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 32-39.

Mz, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. 4(1), 95–105.

Nirmala, D., & Tia, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 77-84.

Novi, R., & Tono, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 15(4), 75-82.

Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Nugroho, A., & Hartono, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori dan Praktek Pendidikan, 4(3), 112-119.

Nur, L., & Rani, A. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(3), 88-95.

Nurjanah, D., & Sari, Y. (2023). Implementasi Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(2), 60-68.

Ocha, M., & Rani, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 11(3), 19-26.

Oka, H., & Rika, D. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 13(3), 64-71.

Oki, F., & Sari, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Statistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 19-26.

Oktavia, R., & Hartono, H. (2020). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 80-88.

Prabowo, S., & Rahmawati, N. (2022). Pengaruh Metode PBL terhadap Keterampilan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 11(2), 72-79.

Puji, M., & Riza, K. (2021). Strategi Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(4), 78-85.

Putra, B., & Sari, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(1), 55-63.

Putri, H., & Nuri, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 40-48.

Putri, R., & Yani, A. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 64-71.

Qori, D., & Dhea, N. (2022). Penggunaan Metode PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(2), 54-62.

Qory, S., & Wulan, D. (2023). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 90-98.

Qudrat, M., & Laili, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 15(3), 53-61.

Rachmawati, L., & Rini, S. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 17(2), 35-42.

Rahmadani, R., & Salwa, S. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(3), 90-98.

Rahman, F., & Subandi, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(2), 145-152.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. 09(2), 175–187.

Rani, I., & Sari, A. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(1), 47-55.

Rini, D., & Kiki, A. (2020). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 20-27.

Sari, D., & Nasution, R. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 5(1), 23-30.

Sari, F., & Rani, A. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(3), 87-94.

Sari, N., & Dani, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(4), 70-77.

Setiawan, E., & Lestari, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 145-153.

Setiawati, D., Agus Setiawan, Choirudin, C., & Muniri, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 183–190. https://doi. org/10.61650/dpjpm.v1i2.67

Sinaga, M. E., Destiniar, & Fuadiah, N. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika. 4(2019), 5373–5379.

Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. 1(2), 235–248. https://doi. org/10.31980/plusminus.v1i2.1259

Siti, A., & Rudi, M. (2023). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 55-62.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279

Suriani, L., Rahmi, A., & Firdaus, M. (2023). Metode Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Metode Penelitian, 12(1), 25-35.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian

Susanto, H., & Jailani, J. (2023). Analisis Triangulasi Sumber dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 45-60.

Syafira, R., & Zulfa, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 78-85.

Tania, I., & Dani, H. (2022). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui PBL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(1), 28-35.

Tanjung, F., & Asri, N. (2020). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(4), 67-75.

Tika, A., & Riani, F. (2022). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 67-74.

Tika, N., & Ilham, D. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(3), 61-68.

Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. 14(2), 375–383. https://doi.org/10.29333/ iejme/5721.

Ulfah, S., & Kurniawan, D. (2023). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 39-46.

Ulya, R., & Puspita, D. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 12(1), 32-40.

Umi, K., & Rizki, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(4), 55-62.

Umi, S., & Alif, R. (2022). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan PBL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 39-46.

Vina, A., & Agustin, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 15(2), 48-55.

Vina, D., & Indah, R. (2020). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 78-85.

Vina, R., & Adi, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(4), 87-94.

Vira, S., & Alfi, R. (2021). Penerapan Model PBL untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(4), 85-93.

Wahyuni, I., & Fitri, N. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 13(4), 40-48.

Widia, S., & Fitria, H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 38-45.

Widiastuti, A., & Purwanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 150-157.

Wijaya, Y., & Fitria, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 89-95.

Wina, A., & Damar, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 50-58.

Wulandari, S., & Fadli, R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Statistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 100-107.

Xena, D., & Farhan, A. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Model PBL di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 16(2), 25-33.

Xenia, A., & Dini, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 90-97.

Xenia, F., & Nadia, R. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 13(1), 60-67.

Yanti, A., & Lila, R. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 15(2), 20-28.

Yuli, R., & Ika, P. (2022). Pengaruh Metode PBL terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 55-62.

Yulianti, D., & Pratiwi, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 82-89.

Yuni, R., & Rini, A. (2023). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 40-47.

Yusri, E., & Nasution, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(4), 50-58.

Zainab, R., & Arif, M. (2023). Pembelajaran Matematika dengan Metode PBL. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 73-80.

Zainal, M., & Fitrah, L. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 72-80.

Zaki, A., & Hani, D. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(4), 72-80.

Zina, N., & Taufik, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Model PBL. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(3), 72-79.




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.13011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fahrul Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0