Permainan Monopoli sebagai Media Latihan Soal Interaktif bagi Siswa SMP

Yenny Suzana (Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia)
Novi Rahayu (Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia)
Raudhatul Husna (Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia)
Iyana Maulida (Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan model Krulik dan Rudnick pada materi Statistika, dengan memperhatikan kemampuan awal yang tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak enam siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dari kelas VIII SMP Negeri 1 Natal. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan wawancara. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal tinggi (KAT-1 dan KAT-2), sedang (KAS-1 dan KAS-2), dan rendah (KAR-1 dan KAR-2) mampu memenuhi indikator langkah-langkah Krulik dan Rudnick melalui wawancara. Namun, subjek dengan kemampuan rendah (KAR-1) tidak dapat memenuhi semua indikator melalui tes tertulis, sedangkan subjek lainnya mampu memenuhi indikator tersebut.

Keywords


Interaktif, Latihan soal, Permainan, Monopoli

Full Text:

PDF

References


Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131

Fajriati, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Siswa Smp Pab 9 Klambir V T.P 2019/2020. 1–43.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Handican, R., Darwata, S. R., Arnawa, I. M., Fauzan, A., & Asmar, A. (2023). Pemanfaatan Game Edukatif dalam Pembelajaran Matematika: Bagaimana Persepsi Siswa? RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 77–92. https://doi.org/10.32938/jpm.v5i1.4691

Jamaluddin. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2012, 1042–1045.

Listiana, A., Turmuzi, M., Kurniawan, E., & Prayitno, S. (2022). Pengembangan Modifikasi Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran pada Materi Peluang Kelas VIII SMPN 1 Narmada Tahun Ajaran 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 972–987. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.273

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMat, 2(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1977

Rahmawati, Nurlaili, & Intan Widiyowati, I. (2018). Kemampuan kognitif siswa SMA yang diajar menggunakan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.278

Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2032

Sihotang, N. (2022). Penerapan Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Prosiding SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 60–67.

Tang, S., & Hanneghan, M. (n.d.). Introduction to Games-Based Learning.

The Directorate of Senior High School Development. (2017). Problem Compilation Modul of Higher Ordher Thinking Skill (HOTS). Journal of Chemical Information and Modeling.

Turap, T., Merupakan, T. B., Lebih, T. B., & Turap, T. D. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1–17.

Yuniastuti et al. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Vol. 000, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.13044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yenny Yenny Suzana, Novi Novi Rahayu, Raudhatul Raudah Husna, Iyana Yana Maulida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0