Islamic Math Character: Paradigma Baru untuk Pembelajaran Matematika yang Holistik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
. (2007). Masalah kontekstual sebagai batu sendi matematika sekolah.
Abdurrahman, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 66-64.
Ahmad, F., & Usman, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 76-92.
Aida, L., & Fikri, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Karakter untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 46-62.
Al-Ghazali, A. (2015). Islamic Math Character: A New Approach to Mathematics Education. Jakarta: Penerbit Kencana.
Ali, I. (2012). Mathematics Education: A Study on Islamic Perspective. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Amir, S. (2013). Pendekatan Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 99-107.
Andini, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 99-109.
Ansari, A. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 47-66.
Arsyad, S. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Asyhar, A. H. (2016). Diktat mata kuliah Kalkulus II: Implementasi Islamic Math Character. Surabaya: UIN Syahada Padangsidimpuan.
Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Basuki, H. (2019). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(2), 46-63.
Bima, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 90-97.
Budi, R. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Kencana.
Budi, S. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 22-30.
Budiarto, A. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 3(1), 60-60.
Cahyani, R., & Hani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalkulus. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 116-124.
Cahyo, P. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika yang Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 30-39.
Chandra, R., & Fadila, I. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 30-39.
Citra, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 16-26.
Darmawan, D. (2020). Pendidikan Matematika: Pengantar untuk Dosen dan Mahasiswa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Departemen Agama RI, al-Quran (2004). Terjemahan Departemen Agama RI. Diperoleh 17 Februari 2016, dari http://www.alquran-digital.com.
Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dera, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21-29.
Dian, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 43-60.
Dian, P. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 72-90.
Dicky, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 60-69.
Eko, M. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika yang Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 90-99.
Eko, R., & Rahma, T. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 47-66.
Elita, R., & Rahmat, S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 32-40.
Ermawati, N., & Sulaiman, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-nilai Islam. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 12-20.
Fajar, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 60-69.
Fani, S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 60-69.
Fanny, S., & Rahmad, T. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika yang Efektif untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 46-62.
Farhan, M., & Saleh, S. (2017). Strategi Pembelajaran Matematika yang Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 96-92.
Farid, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-96.
Fatmawati, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 30-39.
Galuh, P., & Aulia, N. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan STEAM di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 100-109.
Gandi, M. (2017). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Teknologi dalam Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 99-107.
Ghazali, M., & Hamzah, R. (2019). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(1), 16-30.
Gita, D. (2017). Evaluasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 46-62.
Gita, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 16-23.
Gusti, R., & Anggun, F. (2017). Model Pembelajaran Matematika yang Inovatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 21-30.
Hanan, M. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-nilai Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 90-97.
Handoko, P. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 40-49.
Hani, R. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(3), 99-96.
Haris, M. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(1), 99-96.
Hendra, A. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika yang Efektif untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 99-107.
Hidayat, A. (2020). Matematika dan Karakter Bangsa: Suatu Pendekatan Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta.
Ika, M., & Lala, R. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 66-74.
Indah, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 44-62.
Indah, S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Matematika: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.
Indira, P. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 12-20.
Intan, P. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 20-29.
Iskandar, A. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual dan Karakter. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-172.
Jamilah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 19-26.
Jati, P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 60-69.
Jaya, H. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 66-73.
Joko, W. (2019). Metodologi Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 20-27.
Junaidi, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 23-30.
Kamil, R., & Pratiwi, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika yang Berbasis Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 100-109.
Karima, N. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 30-37.
Kartika, L., & Anisa, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 16-23.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Balitbang Kemendiknas.
Kesuma, D., dkk. (2012). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah.
Kiki, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 70-79.
Kurnia, T. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 33-40.
Kurniawan, A., & Irawan, R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 112-120.
Kusuma, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Karakter untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 77-94.
Laila, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 46-63.
Laila, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Aktif dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 76-93.
Lestari, W., & Yulianti, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Karakter dalam Pembelajaran Matematika terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(2), 46-62.
Lestari, Y. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(3), 33-40.
Lia, R. (2021). Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 90-97.
Lila, D. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 46-63.
Mardiana, A., & Rizki, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inquiry. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 70-79.
Mardiana, R. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif dalam Pendidikan Karakter Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(3), 16-24.
Mela, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 90-99.
Mia, S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 16-22.
Muhammad, F., & Rahmawati, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 99-96.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutiara, S., & Hendra, P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(3), 99-96.
Nadia, R. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 36-46.
Nanda, A. (2020). Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 90-99.
Nasution, S. (2010). Didaktik dan Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nia, A., & Hafiz, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 46-63.
Nisa, A., & Aulia, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Digital untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 77-96.
Nisa’, T. F. (2015). Pembelajaran matematika dengan setting model Treffinger. Jurnal Pedagogia, 1(1), 36-60.
Nuraini, A. (2019). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 76-93.
Nurdin, A. (2014). Model Pembelajaran Matematika yang Inovatif: Pengantar untuk Dosen dan Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.
Oka, S. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 60-67.
Oktavia, D. (2019). Karakteristik Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 30-37.
Oktavia, D., & Sari, P. (2021). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(2), 22-29.
Ovi, D., & Tia, R. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 21-30.
Ovi, P. (2019). Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Media Digital di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 14-22.
Pandiangan, E. (2016). Evaluasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Pasha, F. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 66-63.
Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pradana, R. A., Asyhar, A. H., & Riza, M. D. (2014). Proses berpikir siswa quitter dalam pemecahan masalah matematika pada sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 249-266.
Prasetyo, D., & Asmara, M. (2017). Penerapan Pembelajaran Matematika yang Inovatif untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39-47.
Purnama, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi untuk Kelas XI. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 64-61.
Purnamasari, A., & Utami, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 66-62.
Qiana, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 90-97.
Qodri, M., & Habibi, I. (2020). Pendidikan Matematika dalam Perspektif Islam: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Qori, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 22-30.
Qori, I. (2016). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 77-94.
Rachmawati, D. (2016). Evaluasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 46-62.
Rahardjo, H. (2019). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 26-33.
Rahman, A., & Idris, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Studi Kasus pada Mata Pelajaran Kalkulus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 76-93.
Rani, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Aktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 37-46.
Rika, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivis terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 99-96.
Rizal, M. (2016). Strategi Pembelajaran Matematika: Teori dan Praktik untuk Dosen dan Mahasiswa. Jakarta: Penerbit Kencana.
Rosyidi, M. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(3), 76-94.
Rudi, H. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 60-69.
Santi, Y. (2014). Inovasi Pembelajaran Matematika yang Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 46-62.
Santosa, H. B. (2017). Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Sari, D. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 10-17.
Sari, R., & Budi, K. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 12-20.
Setiawan, A., & Hidayah, U. (2021). Penerapan Pembelajaran Matematika yang Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 99-106.
Siakad UIN Syahada Padangsidimpuan. (2014). Skala Nilai UIN Syahada Padangsidimpuan. Diperoleh 2 Juli 2014, dari http://siakad.uinsby.ac.id/akademik/siakad/index.php?page=ms_skalanilai.
Sinta, R. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 46-63.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan matematika di Indonesia, konstatasi menuju harapan yang lebih baik. Jakarta: Dirjen Dikti. Depdiknas.
Sudrajat, A. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 2(1), 60-60.
Sulistyowati, I. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Berbasis Nilai-nilai Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 110-120.
Surabaya: PSMS Unesa.
Suyanto, & Riani, E. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 101-110.
Syukri, M., & Rahman, F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-nilai Islam. Jurnal Al-Muqaddimah, 9(2), 66-67.
Tania, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 19-27.
Tanjung, M. (2016). Strategi Pembelajaran Matematika: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Hikma.
Taufik, M. (2021). Metodologi Pembelajaran Matematika yang Efektif: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tika, A. (2020). Analisis Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 20-29.
Tika, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 12-20.
Ulya, F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 23-30.
Umi, D. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 34-42.
Umi, R. (2017). Metode Pembelajaran Matematika yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 99-96.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2010. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 9 Juli 2010. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 4301. Jakarta.
Utami, D. (2019). Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 46-62.
Utomo, A. (2019). Inovasi Pembelajaran Matematika: Konsep dan Implementasi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 23-30.
Vina, A., & Aris, S. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Berbasis Nilai-nilai Islam. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 66-62.
Vina, N. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Digital untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 76-92.
Vira, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 76-94.
Wahyu, P. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 30-39.
Wahyu, T. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(3), 60-69.
Wahyudi, D. (2019). Pendidikan Matematika: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Wibowo, A. (2016). Metode Pembelajaran Matematika yang Efektif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wira, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(3), 29-37.
Wulan, F. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IX. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 29-36.
Xenia, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 66-74.
Xenia, P., & Dhania, A. (2017). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 100-110.
Yani, L. (2021). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan STEAM di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 99-96.
Yuli, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 67-76.
Yuli, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 30-39.
Yuliana, S. (2019). Metodologi Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 66-76.
Yulianti, S., & Nanda, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 70-77.
Zainab, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Pendidikan Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 12-20.
Zainal, H. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika yang Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(3), 22-31.
Zainuddin, A. (2014). Matematika dalam Perspektif Islam: Sebuah Pendekatan Pendidikan. Yogyakarta: Laksana.
Zaki, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 22-30.
Zaki, H. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(3), 99-109.
Zuhdi, M., & Susanto, A. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 99-109.
DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.13097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Liza Annisa, Mutia Zamzahira Ritonga, Elcih Ardhini Panggabean, Mifta Khoiria Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id
Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0