Analisis Pemanfaatan Alef Education dengan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik

Anggi Fadillah Nasution (Universitas Negeri Islam Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar peserta didik kelas VII MTsN 1 Tapanuli Selatan menggunakan aplikasi Alef Education dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian mengenai penggunaan Alef Education dengan pembelajaran kooperatif terhadap minat belajar pada proses pembelajaran dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner (angket), wawancara langsung dengan guru dan peserta didik, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian terbukti bahwa penggunaan media aplikasi Alef Education dengan pembelajaran kooperatif memberikan hasil positif terhadap minat belajar peserta didik kelas VII.1 yang menujukan hasil sebesar 82,33% dengan kategori sangat tinggi. Pembelajaran matematika dengan aplikasi Alef Education dengan pembelajaran kooperatif, baik dan dapat mendukung aktivitas pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Keywords


Minat Belajar, Alef Education, Pembelajaran Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Jannah, A. N. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN Mlajah 2. Jurnal Edukasi, 1(3), 299–306. https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.163

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Azza, B. D., Ulfah, M., Hayat, M. S., & Rahayu, S. (2023). Analisis Penggunaan Game Edukasi Wordwall Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Materi Ruminansia. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 300–307. https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/15551

Bauk, P., Mamoh, O., & Simarmata, J. E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menggunakan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 28–39. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i1.2478

Cahyani Hidayah, N., Fajriyah, K., & Kartinah. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Media Gambar Siswa Kelas 2 Sdn Sawah Besar 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3966–3976. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1239

Damopolii, I. P., Tilaar, A. L. F., & Sumarauw, S. J. A. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI ALEF EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA di MTs AL-MUJAHIDIN TOMOHON. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(1), 211–218. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Fahril, F., Nurbiah, N., & Syafi’i, A. S. (2024). IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING’S MODEL HELP ALEF EDUCATION IN MTs AS’ADIYAH ULOE. An-Nahdlah: Journal of Islamic Studies, 1(1), 54–70. https://doi.org/10.62261/annahdlah.v1i1.4

Hanipa, A. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MTs KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI GEOGEBRA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322

Lidu, M., Simarmata, J. E., Beo, E., Delvion, S., Minat, A., Siswa, B., Pembelajaran, P., Berbantuan, M., & Geogebra, A. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(JP2MS), 395–402. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.395-402

Nasution, Abdul Fattah. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.

Nurbiah, N., Syafi’i, A., & Fahril, F. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALEF EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA HIMPUNAN DI MTs AS’ADIYAH ULOE. Educandum, 9(1), 126–134. https://doi.org/10.31969/educandum.v9i1.1060

Sucipto, maulanny F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808.

Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.13349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggi Fadillah Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0