Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika

Kholid Muda Hutasuhut (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat manfaat dan kerugian kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk penelitian, metode seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Kepala sekolah, guru, dan siswa di MAN 1 Tapanuli Selatan menjadi topik penelitian ini. Temuan penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang hambatan yang dihadapi dalam hal ini; dan langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan implementasi pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika kelas X di MAN 1 Tapanuli Selatan. Tantangan yang dihadapi guru meliputi kurangnya waktu untuk persiapan materi sesuai kurikulum baru dan beban administratif yang cukup berat. Sehingga sulit menguasi pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka. Upaya yang dilakukan MAN 1 Tapanuli Selatan adalah dengan memberikan pelatihan bagi guru dalam meningkatkan penguasannya dalam pembelajaran pada implementasi kurikulum merdeka.

Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka, Mutu Pembelajaran, Matematika.

Full Text:

PDF

References


Sulhatul Habibah. (2017) “Implikasi Filsafat Ilmu terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,” Dar el-Ilmi 4, no. 1, 166–80.

Fauzan dan Fatkhul Arifin. (2022). Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21, Jakarta: Kencana, 92-93.

Imas Kurnianingsih, A-Z Merdeka Belajar (Indonesia: Kata Pena, 5-8.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020

Mahmudah, (2023) “Ringkasan dari Pengembangan kurikulum,” 755.

Nurdin Usman, (2002) Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: Grasindo, 70.

Muhaimin, (2010) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1.

Samsul Nizar, (2009) Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah PendidikanEra Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana, 126.

Ana Widyastuti, (2022) Merdeka Belajar dan Implementasinya (Merdeka Guru-Siswa, Merdeka Dosen-Mahasiswa, Semua Bahagia), Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2.

Purwoto, (2003) Strategi Belajar Mengajar, Surakarta: UNS Press, 12.

Khasanah, (2022), Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran, Batam: Yayasan Cendekia Mulia Mandiri, 83.

Tatang Amirin, (1998), Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta: Raja GrafindoPersada, 136.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 330.

Burhan Bungin, (2015), Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, Cet.8, 264.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022.

Nana dan Sukirman, (2008), Perencanaan Pembelajaran, Bandung: UPI PRESS, 4.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022.

Muhammad Yaumi, (2017), Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, 313.

Yaredi Waruwu, (2021), Evaluasi Pembelajaran Teori dan Implementasi, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 54.

Nurzannah & Anita Catlina, (2021), Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur’an, Medan: UMSU Press, 28.

Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, Puji Rahayu, “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, (2022), Journal of Educational and Language Research, Vol.1 No.13, 2113.

Merfat Ayesh Alsubaie, (2016), “Curriculum Development: Teacher Involvement In Curriculum Development”, Journal of Educational and Practice, Vol.7 No.9, 107




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.13624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kholid Muda Hutasuhut

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0