Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika

Sri Rizki Nanda (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Diyah Hoiriyah (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Sebagian besar siswa saat ini masih kesulitan ketika dihadapkan dengan soal-soal berbentuk cerita atau teks, siswa kesulitan untuk menerapkan konsep matematika dalam menyelesaikan soal dan siswa belum bisa mengaitkan masalah matematika dalam konteks kehidupan nyata. Hal ini menandakan bahwa tingkat kemampuan literasi matematika siswa di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan melalui model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan literasi matematika pada materi balok kelas VII SMPN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 352 Orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 Orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model contextual teaching and learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi matematika pada materi balok kelas VII SMPN 2 Padangsidimpuan yang terbukti dari nilai F hitung > F tabel dengan nilai signifikan kecil dari 0,05.

Keywords


Kemampuan Literasi Matematika, Model Contextual Teaching and Learning (CTL).

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Indah. “Pengaruh Blendid Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa.” Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, (2021): 736.

Astuti, Puji. “Kemampuan Literasi Matematika Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, “Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika.” Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/, 2018.

D. Mardiyana dan M.Fakhriyana. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assesment (PISA) Pada Konten Perubahan.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2018.

Darmanah, Garaika. Metodologi Pendidikan. Lampung: Hira Tech, 2019.

Dina Fakhriana, Mardiyana, dan Dyah Ratri Aryuna. “Analisis Kemampuan Literasi Dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment Kelas IX SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi Volume. II (2018): 42.

Fidiyanti. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat.” Pembelajaran Matematika Inovatif, 2021, 224.

Hamzah, Ali. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta, 2020.

Hamzi B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Bumi Aksara, 2008.

Kausar, Andrian Duratun. Metode Hafalan Di Luar Kepala Rumus Matematika SMP Kelas 7,8, 9. ARC Media, 2015.

Limbong, Syah Suranta Putri. Model Pembelajaran CTL Dan RME Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,. Guepedia. Padang, 2019.

Masita, Fitriani Nur. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PT. Nasmedia Indonesia, 2022.

Mirna Wati, Sugiyanti, dan Muhtarom. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Volume. 1, (2019): 98.

Octavia, Shilphy A. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

OECD. “PISA 2018 Mathematics Framework.” OECD Publishing, 2019.

Rangkuti, Ahmad Nizar. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Dan Penelitian Pengembangan. Cita Pustaka Media, 2016.

Rusydiyah, Evi Fatimatur. Inovasi Literasi Madrasah Ibtidaiah. PT Lontar. Surabaya, 2020.

Simangunsong, Alfauzan Ramadhanny. Strategi Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi. Yogyakarta, 2022.

Sunaria. “Guru Kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.” Wawancara 05 Oktober (2023): pukul 10.00 WIB.

Toybah. Buku Ajar Geometri Dan Pengukuran Berbasis Pendekatan Saintifik. palembang: Bening media Publishing, 2020.

{Bibliography




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i2.14234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Rizki Nanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0