Determinan Minat Muzakki Menyalurkan Zakat Perdagangan Melalui BAZNAS Paluta

Hawanisa Harahap (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Darwis Harahap (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Ihdi Aini (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


BAZNAS mempunyai tujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan menimbulkan sikap kemandirian bagi para mustahik sehingga pemberdayaan masyarakat melalui penyaluran dana bantuan yang dilakukan oleh BAZNAS semakin gencar untuk dikembangkan. Religiusitas masyarakat akan hal zakat perdagangan kurang dominan diketahui masyarakat, selanjutnya didukung kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap BAZNAS dalam menyalurkan zakat perdagangan serta masyarakat Padang Lawas Utara kurang mengetahui tentang zakat perdagangan dikarenkan kurangnya promosi oleh pihak BAZNAS Padang Lawas Utara sehingga terjadi  kurangnya minat muzakki menyalurkan zakat perdagangan melalui BAZNAS Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan uji t  diketahui bahwa variabel religiusitas (X1) berpengaruh terhadap minat muzakki menyalurkan  dana zakat perdagangan sedangkan variabel kepercayaan (X2)  dan variabel promosi (X3) tidak berpengaruh terhadap minat muzakki menyalurkan  dana zakat perdagangan. Kemudian berdasarkan  hasil uji F  diketahui bahwa variabel religiusitas, kepercayaan, dan promosi berpengaruh terhadap minat muzakki menyalurkan  dana zakat perdagangan di BAZNAS Padang Lawas Utara.


Keywords


Religiusitas, Kepercayaan, Promosi, Minat Muzakki

Full Text:

PDF

References


Abdul Nasser Hasibuan, Ali Hardana, Erlina. (2022). Effect Of Operating Constonal Operating Income (BOPO) and Non Perfoming Financing NPF On Return On Assets ROA in PT. Rakyat Indonesia Syariah Tbk For Priod 2009-2007. Journal Of Sharia Banking , 1 (2).

Ahmad Rodoni. (2015). Asuransi Dan Pegadaian Syariah. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ali Ridho. (2014). Zakat Dalam Persektif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Anik Farida. (2016). Zakat Fitrah Dan Beberapa Permasalahannya. Jakarta: Media Pers.

Damri Batubara, Windari, Abdul Nasser, Annida Karima Sovia. (2021). Potential And Oftimization Of Waqf Land Empowermand In South Tapanuli Regerency. Journal Of Shariah Banking , 6 (2).

Darwis Harahap, Tukma, Ihdi Aini, Ida Royani. (2021). Analysis Of Public Interest In Banking Products. Journal Of Sharia Banking , 2.

Darwis Harahap, Sunnita, Husni, Sulaiman Efendi. (2022). Strategies For Handling Problematic Atm Complaints In Increasing Customer Satisfactions At Pt Bank Muamalat Indonesia Tbk KC. Padangsidimpuan. Journal Of Sharia Banking , 1 (2).

Delima Sari Lubis, Dewi Purnama Sari, Nofinawati. (2019). Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan. Jurnal Of Syaria Banking , 2 (2).

Didin Fatihuddin. (2017). Panduan Praktis Merencanakan Untuk Investasi Pasar Modal. Surabaya: UM Surabaya.

Elidawati Purba. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Enksiklopedia Indonesia. (2017). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Phaki Pamungkas.

Errie Tisnawati . (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Farida Akbarina. (2018). Pengantar Bisnis. Jakarta: Polinema Pres: Hak Cipta.

Irawidya, Arbanur Rasyid, Muhammad Wadinsyah, M. Fauzan. (2021). Determnation Of Employe Job Satisfaction PT. Bank Syariah Mandiri. Journal Of Shariah Banking , 2 (1).

M. Ali Hasan. (2017). Berbagi Macam Transaksi Dalam Islam . Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

M. Quraish Shihab. (2012). Tafsir Al Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al quran. Jakarta: Pusat Lentera Hati.

Mardani. (2015). Fiqh Ekonomi Syariah : Fiqh Muamalah. Jakarta: Prenada Media.

Mardia. (2022). Pengantar Bisnis. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Muh Ruslan. (2013). Pengantar Islamic Ekonomi. Makasar: Lambung Informasi.

Muhaimin. (2002). aradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Sekolah. Bandung: PT. Rodakarya.

Muhammad Ramadhan. (2021). Metode Penelitian . Jakarta: Cipta Media Nusantara.

Rahayu. (2020). Kinerja Keuangan Perusahaan . Jakarta: Program Pasca Sarjana.

Sutaryo. (2012). Dasar Dasar Sosialisasi. Jakarta: PT. Grafindo.

Tika Widiastuti. (2016). Hand Book Zakat . Jakarta: Airlangga Univercity.

Umrotul Khasanah. (2010). Manajemen Zakat Moderent. Malang: UIN Maliki Press.

Wawancara Bapak Hincat. Kepala BAZNAS Padang Lawas Utara.

Yoiz Shofwa. (2013). Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah. Purwokerto: Media Press.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v4i2.10301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129