Determinan Minat Menggunakan Pembiayaan oleh Pelaku UMKM
Abstract
Abstrak
Mayoritas pelaku UMKM yang ada di kota Rantauprapat mayoritas beragama Islam, namun minat rata-rata pelaku UMKM untuk melakukan pembiayaan masih kurang, hanya sebagian kecil pelaku usaha yang melakukan pembiayaan di bank syariah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi, pengetahuan, motivasi secara parsial dan simultan terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, sumber data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah pelaku UMKM yang ada di kota Rantauprapat, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Incidental sampling, dengan 84 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial persepsi berpengaruh terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah, dan juga pengetahuan berpengaruh terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Sedangkan motivasi tidak berpengaruh terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah. Dan secara simultan (uji F) persepsi, pengetahuan, dan motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pelaku UMKM melakukan pembiayaan di bank syariah sebesar 78,8 persen dan sisanya 21,2 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata kunci: Minat, Persepsi, Pengetahuan, Motivasi
Abstract
The majority of MSME actors in the city of Rantauprapat are Muslim, but the average interest of MSME actors in carrying out financing is still lacking, only a small number of business actors carry out financing at sharia banks. The aim of the research is to determine the partial and simultaneous influence of perception, knowledge, motivation on the interest of MSMEs in financing at sharia banks. This research is quantitative research with multiple linear regression analysis, the data source used is primary data through questionnaires. The population of this research is MSMEs in the city of Rantauprapat. The sample in this research used incidental sampling technique, with 84 respondents. The results of this research show that perception partially influences the interest of MSME actors in financing at sharia banks, and knowledge also influences the interest of MSME actors in financing at sharia banks. Meanwhile, motivation has no effect on the interest of MSME players in financing at sharia banks. And simultaneously (F test) perception, knowledge and motivation have a significant influence on the interest of MSME players in financing at Islamic banks amounting to 78.8 percent and the remaining 21.2 percent is influenced by other variables not included in this research.
Keywords : Interest, Perception, Knowledge, MotivationKeywords
Full Text:
PDFReferences
Anang Firmansyah. (2019). Manajemen. Jakarta: Penerbiat Qiara Media.
Bakhtiar Amsal. (2013). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. Grafindo Parsada.
Beni Ahmad Saebani. (2018). Metode Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia.
Budi Gautama Siregar, Hamni Fadlillah Nasution, Siti Aisyah. (2017). Pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB) Terhadap Pembiayaan Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) Tahun 2010-2014 (Penerapan Analisis Regresi Data Pooling). Jurnal Of Sharia Banking , 5 (2).
Danang Sunyoto. (2015). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi dan Kasus. Jakarta: PT.Buku Seru.
Danang Sunyoto. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.
Darwis Harahap, Muhammad Yafiz. (2017). Determinan Dana Pihak Ketiga Bank Syariah di Indonesia: Model Vector Autoregresif. Jurnal Of Sharia Banking , 10 (1).
Delima Sari Lubis, Dewi Purnama Sari, Nofinawati. (2019). Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan. Jurnal Of Syaria Banking , 2 (2).
Donni Juni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Dudih Sutrisman. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa. Bogor: Guepedia.
Eva Indah, Abdul Nasser, Ali Hardana, Rahmat Anam. (2021). Determinats Of Customer loyalty. Jurnal Of Syariah Banking , 2.
Haryu Islamuddin. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irham Fahmi. (2016). Manajemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aplikasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Ismail. (2021). Perbankan Syariah. Jakarta: Prenada Media Group.
Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.
Nofinawati. (2020). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.
Nofinawati, Nurul Izzah Lubis. (2016). Perkembangan Perbankan Syariah Indonesia. Jurnal Of Syariah Banking , 14 (2).
Onan Marakali Siregar. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah. Medan: Puspantara.
Philip Kotler. (2014). Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT.Tema Baru.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukatin. (2021). Psikologi manajemen. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Trygu. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan hubungannya dengan minat belajar matematika. Bogor: Guepedia.
Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wawancara Darman. Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.
Wiwien Dinar. (2018). Psikologi Eksperimen. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v5i1.12002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani
Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.
jisfimcontact@gmail.com
jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129