Digital Charity: Menelusuri Faktor Keputusan Berdonasi Melalui Mobile Banking
Abstract
Masyarakat Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara telah familiar dengan penggunaan aplikasi mobile banking yang menyediakan fitur donasi. Namun, mayoritas masyarakat masih memilih untuk berdonasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan religiusitas terhadap keputusan berdonasi secara online melalui mobile banking, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel insidental dan jumlah responden sebanyak 80 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi online, sedangkan religiusitas tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial. Namun, ketiga variabel tersebut secara simultan berpengaruh terhadap keputusan berdonasi online. Temuan ini memberikan implikasi bagi lembaga keuangan, khususnya bank syariah, dalam mengembangkan strategi untuk mendorong perilaku donasi digital di masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Amrin. (2013). Meraih Berkah Melalui Asuransi Syariah. Jakarta: IKAP.
Abdullah Amrin. (2012). Meraih Berkah Melalui Asuransi Syariah Edisi 1. Jakarta: IKAP.
Ahmad Syaekhu. (2021). Teori Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Zahir Phublishing.
Bamabng Suryadi. (2021). Religiusitas Konsep, Pengukuran, dan Implementasi Di Indonesia. Jakarta: Blibio Karya Indonesia.
Bambang Sugeng . (2020). Fundamental Metodologi. Yogyakarta: Deepublish.
Budi Gautama Siregar, Hamni Fadlilah Nasution, Siti Aisyah. (2017). Pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB) Terhadap Pembiayaan Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) Tahun 2010-2014 (Penerapan Analisis Regresi Data Pooling). Jurnal Of Sharia Banking , 5 (2).
Damri Batubara, Windari, Abdul Nasser, Annida Karima Sovia. (2021). Potential And Oftimization Of Waqf Land Empowermand In South Tapanuli Regerency. Journal Of Shariah Banking , 6 (2).
Damsat. (2016). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Prenada Media Group.
Darwis Harahap, Tukma, Ihdi Aini, Ida Royani. (2021). Analysis Of Public Interest In Banking Products. Journal Of Sharia Banking , 2.
Darwis Harahap, Muhammad Yafiz. (2017). Determinan Dana Pihak Ketiga Bank Syariah di Indonesia: Model Vector Autoregresif. Jurnal Of Sharia Banking , 10 (1).
Departemen Agama. (2012). Al Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV. Diponegoro.
Dhiraj Kelly. (2021). Keputusan Pembelian Online. Surabaya: Scopindo.
Elidawati Purba. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Enni Soerjati. (2021). Terminologi Ekonomi dan Teknologi Informai Dalam Hukum Ekonomi Pada Era Ekonomi Digital. Yogyakarta: Bintang Pustaka.
Errie Tisnawati . (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Febrina Sari. (2018). Metode dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Irawidya, Arbanur Rasyid, Muhammad Wadinsyah, M. Fauzan. (2021). Determnation Of Employe Job Satisfaction PT. Bank Syariah Mandiri. Journal Of Shariah Banking , 2 (1).
Ismail. (2021). Perbankan Syariah. Jakarta: Prenada Media Group.
Iyad Kamil. (2017). Fikih Tadarruj Tahap-tahap dalam Membumikan Syariat Islam. Jakarta: Pustaka At-Kausar.
Jurnal Ahmad. (2020). Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan . Yogyakarta: Deepublish.
Lendy Zelviena. (2021). Kepuasan Pelanggan dan Pencapaian Brand Trust. Pasuruan: Qiara Media.
Marohombang Rambe, Abdul Nasser, Muhammad Wadinsyah, Idris Saleh. (2020). The Effect Of Third Party Funds On Financing In PT. Victoria Sharia Bank. Jurnal Sharia Of Banking , 1.
Muhammad Teguh. (2012). Metode Penelitian Ekonomi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Murhada. (2011). Pengantar Teknologi Informasi . Jakarta: Mitra Wacana.
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ni Luh Wiwik. (2020). Teknologi Financial: Sistem Financial Berbasis Teknology di Era Digital. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
Nofinawati, Nurul Izzah Lubis. (2016). Perkembangan Perbankan Syariah Indonesia. Jurnal Of Syariah Banking , 14 (2).
Nyoman Wara. (2019). Promosi Penjualan Membangun Electronic Word Of Mauth dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. Klaten : Lakeish.
Raden A. Purba. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi Teori Informasi. Bandung: Yayasan Kita Menulis.
Rudy Haryanto. (2020). Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teory dan Praktis) . Yogyakarta: Duta Media Publishing.
Sabaruddin Chaniago. (2022). Keputusan Pembelian Pengguna OVO Ditinjau Dari Kemudahan, Price Discount dan Kepuasan. Jakarta: CV. Global Aksara Pers.
Shonanar Rohman. (2021). Diorama Akal. Suka Bumi: Haura.
Unggul Basoeky. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Bandung : Media Sains Indonesia.
Wawancara Malan Sari Hutasuhut.
Wawancara Nur Indah Nasution.
Widia Permana. (2012). Layanan Perpustakaan Via Mobile Data. Yogyakarta: Brawijaya Pers.
Wiji Nurastuti. (2011). Teknologi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v6i1.16461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani
Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.
jisfimcontact@gmail.com
jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129