Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Transparansi dan Reputasi Lembaga Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengetahuan, religiusitas, transparansi dan reputasi lembaga terhadap keputusan membayar zakat pada BAZNAS kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriftif dan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner yang dibagikan kepada responden. Metode penentuan sampel dengan menggunakan rumus slovin didapat 100 responden penelitian. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Warp PLS versi 7. Penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan, transparansi dan reputasi lembaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS kota Yogyakarta. Kemudian untuk religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzaki membayar zakat di BAZNAS kota Yogyakarta. BAZNAS diharapkan dapat meningkatkan dan mempertahankan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan muzaki membayar zakat. Kemudian memperhatikan faktor yang menjadi penghambat dalam pengumpulan dana zakat di kota Yogyakarta.
Full Text:
PDFReferences
BAPPEDA Yogyakarta. (2021). Jumlah Pemeluk Agama. http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/314-jumlah-pemeluk-agama
BAZNAS Kota Yogyakarta. (2020). Pengajian Tasyakuran Pengelolaan ZIS dan BAZNAS AWARD Tahun 2020/1441. BAZNAS.JOGJAKOTA.GO.ID. https://baznas.jogjakota.go.id/detail/index/11054
BAZNAS RI. (2022). Badan Amil Zakat Nasional. https://baznas.go.id/
Daniati, T. (2021). Pengaruh Religiusitas Muzaki, Akuntabilitas Dan Kredibilitas Lembaga Amil Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat. Skripsi: Universitas Islam Indonesia.
Departeman Agama RI. (2008). Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam,Panduan Organisasi Pengelola Zakat. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat.
Fitriani, A. (2016). Annisa Fitriani, Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being. Jurnal Al-Adyan, XI(1).
Ghofur, R. A., & Suhendar. (2021). Analisis akuntabilitas dan transparansi pada organisasi pengelola zakat dalam memaksimalkan potensi zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1866–1879.
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jitmau, F., Kalangi, L., & Lambey, L. (2017). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Di Kabupaten Sorong). Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 8(1), 276–285. https://doi.org/10.35800/jjs.v8i1.16036
Kambali, M., & Rahman, F. (2021). Pengaruh Aplikasi Muzaki Corner Terhadap Minat Masyarakat Berzakat. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 10(2), 175–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v10i2.413
Karin, A. (2022). Mudahkan Muzakki, Baznas Kota Jogja Manfaatkan Dompet Digital. Radarjogja.Jawapos.Com. https://radarjogja.jawapos.com/ekonomi/2022/01/26/mudahkan-muzakki-baznas-kota-jogja-manfaatkan-dompet-digital/
Maman. (2006). Metodologi Penelitian Agama: Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI.
Mintarti, N. (2016). Membangun Kepercayaan Publik Dan Kapasitas Pengelolaan Zakat Di Indonesia. https://imz.or.id/membangun-kepercayaan-publik-dan-kapasitas-pengelolaan-zakat-di-indonesia/
Nugroho, A. S., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Melalui Baznas dengan Faktor Usia Se- bagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 955–966. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35723
Pramudia, R. A., & Syarief, M. E. (2020). Pengaruh Persepsi Pengetahuan, Informasi, Dan Religiusitas Terhadap Minat Berwakaf Uang. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 4(2). https://doi.org/10.30651/justeko.v4i2.6482
Purbasari, I. (2015). Pengelolaan Zakat Oleh Badan Dan Lembaga Amil Zakat di Surabaya Dan Gresik. Mimbar Hukum, 27(1).
Rahmat Syah, T. Y. (2013). Perbedaan Pengaruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kualitas Produk, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Pasar Bisnis. Jurnal Ekonomi, 4(2), 17911.
Rizkia, R., Arfan, M., & Shabri, M. (2014). Pengaruh Faktor Budaya, Motivasi, Regulasi dan Pemahaman Tentang zakat Terhadap Keputusan Muzakki Untuk Membayar Zakat Maal (Studi Para Muzakki di Kota Sabang). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, 7(1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/TRA/article/view/10132/8004
Safutra, I. (2021). Potensi Dana Zakat Rp 327,6 T, Realisasi Baru Rp 71,4 T. https://www.jawapos.com/nasional/06/04/2021/potensi-dana-zakat-rp3276-t-realisasi-baru-rp-714-t/.
Sagala, R. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga, Reputasi Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Jasa Penerbangan Lion Air Pada Pt. Vina Tour & Travel Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 205–225. https://doi.org/10.54367/jmb.v17i2.415
Sagita, D. D., Fauzi, D. M., & Tuasikal, J. M. S. (2021). Analisis Tingkat Religiusitas Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi. Pedagogika, 12(2), 201–216. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.817
Salle, A. (2012). Makna Transparansi Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Daerah.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Setwapres. (2021). Tingkatkan Kepercayaan Umat, BAZNAS Harus Perbaiki. Wapresri.Go.Id. https://www.wapresri.go.id/tingkatkan-kepercayaan-umat-baznas-harus-perbaiki-tranparansi-penyaluran-zakat/
Siallagan, I., & Sutrisna, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Eria Bunda Pekanbaru. JOM FISIP, 6(1), 1–13.
Subantoro, V. (2018). Keputusan Membayar Zakat, Infak Dan Sedekah (ZIS) Di Lembaga Amil Zakat Daarut Tauhid Peduli Cabang Solo. Skripsi, IAIN Surakarta.
Utami, N. S., Muthohar, A. M., & Ridlo, M. (2021). Analisis Tingkat Pendapatan, Kepercayaan dan Reputasi terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. Iqtishoduna, 17(1), 1–16. https://doi.org/10.18860/iq.v17i1.10630
Yazid, A. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempenagruhi Minat Muzakki Dalam Menunaikan Zakat Di Nurul Hayat Cabang Jember. Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 8(2), 173–199. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/2991
DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani
Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.
jisfimcontact@gmail.com
jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129