COMMUNICATIVE COMPETENCE FOR TEACHING EIL (ENGLISH AS AN INTERNATIONAL LANGUAGE)
Abstract:
Roger Nunn berpendapat bahwa ada beberapa jenis kompetensi dalam pengajaran bahasa Inggis sebagai bahasa internasional. Pada tulisan ini, penulis membahas tentang kompetensi komunikatif dan kompetensi linguistik yang relevan bagi pengajaran bahasa Inggis sebagai bahasa internasional.
Disini, penulis menggambarkan demografis penggunaan bahasa Inggris berdasar kompetensi yang digunakan untuk memperkaya materi pembelajaran. Simpulan, bahwa pembahasan pada tulisan ini adalah kompetensi pada pengajaran bahasa Inggis sebagai bahasa internasional.
Key Words: kompetensi linguistik, kompetensi komunikatif, , English as an International Language (EIL).
Roger Nunn berpendapat bahwa ada beberapa jenis kompetensi dalam pengajaran bahasa Inggis sebagai bahasa internasional. Pada tulisan ini, penulis membahas tentang kompetensi komunikatif dan kompetensi linguistik yang relevan bagi pengajaran bahasa Inggis sebagai bahasa internasional.
Disini, penulis menggambarkan demografis penggunaan bahasa Inggris berdasar kompetensi yang digunakan untuk memperkaya materi pembelajaran. Simpulan, bahwa pembahasan pada tulisan ini adalah kompetensi pada pengajaran bahasa Inggis sebagai bahasa internasional.
Key Words: kompetensi linguistik, kompetensi komunikatif, , English as an International Language (EIL).
- REFERENCES
- Acar, A. (2005). The ‚communicative competence‛ controversy. Asian EFL
- Bachman, L. (1990). Fundamental considerations in language testing. Oxford: Oxford University Press.
- Bachman, L. & Palmer, A. (1996). Language testing in practice. Oxford: Oxford University Press.
- Baker, C. (2000). The care and education of young bilinguals. Clevedon: Multilingual Matters.
- Baker, C. (2002). Bilingual education. In R. Kaplan., the Oxford hand book of applied linguistics. Oxford: Oxford University Press.
- Brumfit, C. & Johnson, K... (1979). the communicative approach to language teaching. London: Oxford University Press.
- Canale, M. & Swain, M. (1980). Theoretical basis of communicative approaches to second language teaching and testing. Applied Linguistics
- Canale, M. (1983). On some dimensions of language proficiency. In J.W. Oller, Issues in language testing research. Rowley, Mass.: Newbury House.
- Crystal, D. (2004). The language revolution. Cambridge: Polity.
- Crystal, D. (2003). A dictionary of linguistics and phonetics. Oxford: Basil Blackwell.
- Crystal, D. (1997). English as a global language. Cambridge: Cambridge University Press.
- Finster, G. (2004). What English do we teach our students? Canterbury: IATEFL.
- Graddol, D., McArthur, T., Flack, D. & Amey, J. (1999) English around the World.
- Guildford: Gupta, D. (2005). ELT in India: A brief historical and current overview. Pusan: The Asian EFL Press.
- Hymes, D. (1972). On communicative competence. The communicative approach to language teaching. Oxford: Oxford University Press.
- Hymes, D. (1980). Language & education: Ethnolinguistic essays. Washington, D.C.: Centre for Applied Linguistics.
- Jenkins, J. (2000). The phonology of English as an international language: New models, new norms, new goals. Oxford: Oxford University Press.
- Kachru, B. (1985). Standards, codification and sociolinguistic realism: The English language in the outer circle. Cambridge: Cambridge University Press.
- Kaplan, R. (2002). The Oxford handbook of applied linguistics. Oxford: Oxford University Press.
- Kasper, G. & Kellerman, E. (1997). Communication Strategies. Harlow: Longman.
- Kasper, G. (1997). Beyond reference. In G. Kasper & E. Keller man, Communication strategies. Harlow: Longman.
- Kennedy, G. (1999). An introduction to corpus linguistics. Harlow: Pearson Education.
- McArthur, T. (2002). Oxford guide to world English. Oxford: Oxford University Press.
- McCarthy, M. (2005). ELT news e-mail interview.
- McKay, S. (2002). Teaching English as an international language. Oxford: Oxford University Press.
- Melchers, G. & Shaw, P. (2003). World Englishes. London: Arnold.
- Mey, J. (1993). Pragmatics. An introduction. Oxford: Blackwell.
- Modiano, M. (1999). International English in the global village.
- Moeschler, J. (2004). Intercultural pragmatics: a cognitive approach. Intercultural Pragmatics,
- Nelson, G. (2005). International corpus of English homepage. Department of English Language & Literature, University College London.
- Nunan, D. (2005). Important tasks of English education: Asia-wide and beyond. Pusan: The Asian EFL Press.
Copyright (c) 2015 zainuddin Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.