TECHNIQUES OF REFLECTION TO ADDRESS THE INNER CHILD IN CLASS STUDENTS
Keywords : Accounting Techniques; Inner Child; Orphanage; Islamic Counseling
Adinda, & Netrawati. (2023). Analisis Perilaku Inner Child pada Anak Korban Keluarga Broken Home di SMP Kecamatan Padang Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 456–470. doi:10.31004/jptam.v8i1.13216
Aini, & Wulan. (2023). Pengalaman Trauma Masa Kecil dan Eksplorasi Inner Child pada Mahasiswa Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan: Studi Fenomenologi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(1), 33–40. doi:https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.684
Ali Daud Hasibuan, H. P. (2024). Tujuan Penciptaan Manusia: Perspektif Ilmu Kalam, Tasawuf, Filsafat, dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. ALACRITY: Journal of Education, 4(2), 330-341. doi:https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.349
Almousa, J. A. (2023). Inner Child, Self-Esteem, and Mental Health in Jordanian University Students. Information Sciences Letters, 12(9). Retrieved from https://digitalcommons.aaru.edu.jo/isl/vol12/iss9/30/
Amanda Afriza Putri, L. R. (2024). ANALISIS PERILAKU MAHASISWI SEBAGAI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP DAYA BELI PRODUK ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 27(2), 8-24. Retrieved from https://esensijournal.com/index.php/esensi/article/view/33
Anatasya. (2023). Inner Child Issue Akibat Hilangnya Peran Ayah Karena Perceraian. Jurnal Talenta Mahasiswa, 3(2), 45–52. doi:10.26858/jtm.v2i3.42694
Awwad. (2024). Mengatasi Trauma pada Anak Melalui Terapi Inner Child dan Terapi Dzikir: Studi Kasus Klien di Rumah Hijau Counsoulting. QAWWAM: Journal for Gender Mainstreaming, 15(2), 69–90. doi:10.20414/qawwam.v15i2.4298
Ayilzi Putri, B. H. (2025). Agama pada Masa Dewasa. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 246-258. doi:https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.590
Creswell, J. (2020). Desain Penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (edisi ke-4). Thousand Oaks: CA: Publikasi Sage.
Dwiardha, A. W. (2024). Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Tentang Inner Child Untuk Generasi Z. Jurnal Kemadha, 14(2), 45–56. doi:10.47942/ke.v14i2.1843
Farid, & Aminah. (2024). Revitalization of Islamic Psychotherapy: The Incorporation of Spiritual Values in Rehabilitation Center. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 6(1), 78-92. doi:10.35905/ijic.v6i2.10724
Habibie, & Cahyadi. (2024). Peranan Muhasabah sebagai Upaya dalam Menghadapi Krisis Kepercayaan Diri Remaja. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 4(2), 210–218. doi:10.59059/mutiara.v2i4.1485
Hendri Yahya Sahputra, S. W. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Keberhasilan Pendidikan Di SMP Bumi Qur’an Siantar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(4), 476-487. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i4.24509
Iskandar, T. (2022). PENDIDIKAN TAUHID TERHADAP MOTIVASI HIDUP DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN. Reflektika, 17(2), 397-412. doi:10.28944/reflektika.v17i2.986
Istiqomah, S. R. (2024). Pengaruh Muhasabah terhadap Self Control di Fase Dewasa Awal (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2017 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 3(1), 45–60. doi:10.15575/jpiu.19430
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitaif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mufidah, & Saloka. (2025). Inner Child: dalam Pandangan Konseling Analisis Transaksional. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling, 8(1), 76–83. doi:https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13216
Muslima, & Elviana. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1905–1914. doi:10.31316/gcouns.v8i3.5337
Muslima, & Elviana. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1905–1914. doi:10.31316/gcouns.v8i3.5337
Muttaqin, I. R. (2023). Inner Child pada Remaja Panti Asuhan: Peranan Pola Asuh dan Kematangan Beragama. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(3), 1234–1245. doi:10.31316/gcouns.v7i03.5054
Nabiilah Br Tarigan, A. C. (2024). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE ANAK PANTI ASUHAN. CONS-IEDU, 4(2), 168-183. doi:https://doi.org/10.51192/cons.v4i2.886
Nurhasanah, & Tasman. (2023). Peran Muhasabah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar: Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Cisauk Tangerang Banten. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 10(2), 4794–4810. doi:10.56799/jim.v2i10.2231
Nurlaila Sapitri, S. N. (2023). Textbook Analysis of Al-ʿArabiyyah Baina Yadai Aulādinā Vol 1 in The Rusydi Ahmad Thuaimah’s Perspective. Asalibuna, 7(01), 1-13. doi:https://doi.org/10.30762/asalibuna.v7i01.1053
Oktariani, & Ayu. (2024). Mengenal Inner Child, Menangani Luka Batin Untuk Hidup Produktif. Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 3(2), 61–75. doi:https://doi.org/10.51849/jp3km.v3i2.47
Purnama, H. (2023). Edukasi Peran Orang Tua dalam Pembentukan Inner Child Melalui Regulasi Emosi Anak di Gereja BACB. Jurnal PKM Setiadharma, 5(1), 60–70. doi:https://doi.org/10.47457/jps.v5i1.449
Raikhan. (2024). Pendekatan Muhasabah: Solusi Atasi Degradasi Moral Siswa Madrasah melalui Penilaian Sikap Sosial. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 8(1), 1–15. doi:10.30762/ed.v8i1.2069
Raniyah, & Nasution. (2024). The Inner Child Phenomenon: Parenting Style as a Predictor of the Inner Child. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 6(1), 1-15. doi:https://doi.org/10.3059/insis.v0i1.18622
Raniyah, Q., Nasution, M., & Yuris, E. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Tren Childfree dan Kaitannya dengan Inner Child. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(1), 15–25. Retrieved from https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/82
Salimah, & Mursalin. (2023). Pengaruh Inner Child terhadap Kepribadian Mahasiswi di STIBA Ar Raayah Sukabumi. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 4(2), 89–102. doi:10.37274/mauriduna.v4i2.839
Shafira, & Resmadi, S. (2024). Perancangan Buku Edukasi tentang Inner Child Remaja Usia 15-24 Tahun sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Orang Tua. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(2), 2816–2825. doi:10.31004/jptam.v8i1.13216
Syafri, Q., & Achmad. (2025). Muhasabah Diri sebagai Media Penanggulangan Perilaku Juvenile Delinquency. Khazanah Pendidikan Islam, 32(2), 126–138. doi:10.15575/kp.v2i3.9983
Wahhab, & Putra. (2023). Designing Educational Media about the Inner Child for Adolescents Using Digital Illustrated Books. IMAGIONARY, 2(1), 24–35. doi:DOI: 10.51353/jim.v2i1.815
Wulandri, & Fauziah. (2023). Pengalaman Remaja Korban Broken Home (Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal Psikologi, 8(1), 1–9. doi:10.31004/jptam.v8i1.13216
Yuni Dwi Kartika, A. S. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas X SMA di Kota Kisaran. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 348-358. doi:https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.2510


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.