PENDIDIKAN AGAMA DAN MULTIKUTULARISME (Pendidikan Agama dan Pendidikan Nasional, Pendidikan Agama Islam Pada Masa Keemasan)

Nursyaidah Simbolon* - 
Abstrak
Multikultural diartikan sebagai gejala pada seseorang atau suatu masyarakat yang ditandai oleh suatu kebiasaan menggunakan lebih dari satu kebudayaan.pendidikan multicultural adalah pendidikan untuk/tentang keragaman budaya dalam merespon perubahan demografi dan kultur lingkungan masyarakat tertentu atau bahkan dunia keseluruhan.pendidikan multicultural adalah pendidikan untuk/tentang keragaman budaya dalam merespon perubahan demografi dan kultur lingkungan masyarakat tertentu atau bahkan dunia keseluruhan.pendidikan di lingkungan Departemen Agama sering dianggap sebagai sumber-sumber terjadinya dualisme pendidikan di Indonesia. Hal tersebut disadari sebagai akibat politik pendidikan dimasa penjajahan Belanda yang mendikotomikan antara system pendidikan barat (yang umum, bersifat duniawi dan sekuler) dengan pendidikan Agama (yang eksklusif, bersifat ukhrawi dan pastoral).
Kata Kunci: Pendidikan Agama, Multikultural
  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Atha’, M. Mudzhar, Tantangan Kontribusi Agama dalam Mewujudkan Multikultural di Indonesia dalam Harmoni, JurnaL Multikultural dan Multureligius, vol.III. No II
  3. Aidah asnil Ritonga (edtr), Pendidikan Islam Dalam Buaian Arus Sejarah. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2008
  4. Departemen Pendidikan dan Kebudayan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi 3. Jakarta, Balai Pustak, 2001
  5. Haidar Putra daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung : Cita PustakaMedia, 2001
  6. Fauzan, Suwito. Ed, Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta, Kencana, 2005
  7. Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhandan Perkembangannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995
  8. Husein Syed Sajjad dan Syed Ali Ashraf, krisis dalam Pendidikan Islam, terj. Drs. Fadhlan Mudhafir. Jakarta: almawardi Prima, 2000
  9. Machali, Imam, Ed. Pendidikan Islam danTantangan Globasasi: Buah pikiran Seputar Filsfat, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaysa. Yogyakarta, Ar-ruzz, 2004
  10. Majid Nurkholis, Islam Doktrin dan Petadaban: Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, Kemodrenan. Jakarta, Paramadina, 2000
  11. Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Perspektif Baru Rekonstruksi Bahaya Abad XX. Bandung, Cita Pustaka Media, 2005
  12. saleh Abdul Racnhman, Madrasah dan Pendidikan anak Bangsa, Visi, Misi dan aks. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
  13. Thalhah, Hasan, Muhammad, Islam dalam Persepektif Sosio Kultural, Jakarta, Lantabora Press, 2005
  14. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.2 Th.1989) dan Peraturan Pelaksanaanya, Jakarta: Sinar Grafika, 1992.

Open Access Copyright (c) 2015 Nursyaidah Simbolon
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats